Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

10 Permasalahan Jemaah Haji Umrah dan Solusinya

Ada banyak sekali permasalahan jemaah haji umrah yang kerap terjadi baik di tanah suci, perjalanan maupun di tanah air. Tapi pemerintah beserta jasa travel haji umroh yang sudah memiliki legalitas senantiasa berusaha untuk memaksimalkan pelayanan demi meminimalisir permasalahan tersebut.

Masalah kontemporer ini biasa berkaitan dengan dokumen, finansial, layanan dan lain sebagainya. Inilah alasan kenapa Anda harus memilih layanan jasa travel haji profesional seperti Mabruk Tour untuk mendapatkan pengalaman haji umrah terbaik.

 

10 Permasalahan Jemaah Haji Umrah dan Solusinya

Setelah kami rangkum dari berbagai sumber, ternyata ada 10 permasalahan haji yang paling sering terjadi dan memberikan dampak besar terhadap kenyamanan beribadah para jamaah di tanah suci. 

Jika Anda mengalami beberapa permasalahan jemaah haji umrah di bawah ini, jangan panik karena kami juga sudah menyediakan solusinya.

1. Jemaah Haji Tersesat / Hilang

Permasalahan pertama yang seringkali terjadi adalah jemaah haji yang hilang atau tersesat di tanah suci. Ketika menghadapi kondisi seperti ini, sebaiknya ketua kloter mencatat identitas semua jamaah masing-masing secara detail. Lalu melaporkannya ke bagian Kepala Rombongan agar segera dilakukan pencarian di sektor-sektor yang sudah dilalui sebelumnya.

2. Kehilangan Uang

Permasalahan jemaah haji umrah selanjutnya adalah ketika jamaah kehilangan uang mereka di tanah suci. Jika kehilangan terjadi di bandara, Karom wajib membuat laporan tertulis ke bandara. Tapi jika uang hilang di perjalanan maka dilakukan koordinasi dengan pihak-pihak yang memiliki kaitan dengan perjalanan tersebut. Misalnya perusahaan layanan transportasi.

3. Jemaah Haji Wafat

Setiap tahunnya ada banyak sekali jemaah haji yang wafat di tanah suci. Jika jamaah mengalami kondisi seperti ini, ketua kloter harus segera membuat laporan ke sektor dan memberitahukannya pada majmuah atau maktab. Nantinya pihak dokter akan memberikan Certificate of Death (COD). 

4. Bus Angkutan Jemaah Haji Armina Tidak Cukup

Masalah lain yang seringkali muncul adalah ketika jamaah tidak kebagian bus karena terlalu penuh. Ketua kloter wajib menenangkan semua jamaah mereka dan memastikan kalau semua jamaah mendapatkan tempat pada kloter lain.

5. Jemaah Haji Kecelakaan

Permasalahan jemaah haji umrah lainnya adalah ketika jamaah mengalami kecelakaan. Jika berada dalam posisi seperti ini, Petugas kloter harus segera berkoordinasi dengan Sektor dan melaporkannya ke kantor polisi terdekat untuk meminta bantuan ambulance.

6. Kebakaran di Tempat Akomodasi/Perkemahan

Meskipun jarang, tapi kebakaran di tempat perkemahan adalah hal yang sangat lumrah di tanah suci. Untuk mengatasi permasalahan seperti ini, petugas rombongan harus melakukan tindakan preventif dengan mengingatkan jamaah agar tidak bersikap sembarangan.

7. Jemaah Haji Sakit dan Dievakuasi Ke Makkah Tanpa Ihram

Ada juga kasus dimana jemaah haji mengalami sakit dan harus di evakuasi ke Makkah tanpa ihram sama sekali. Untuk mengatasi permasalahan seperti ini, Ketua kloter harus 
terus memantau kondisi kesehatan jemaah dan melaporkannya secara berkala kepada Kasi Bimbingan Ibadah.

8. Jemaah Haji Tidak Cukup Waktu Arbain

Tidak cukup waktu arbain merupakan permasalahan jemaah haji umrah lainnya. Jika mengalami kondisi seperti ini, ketua kloter hatus melaporkan kondisi tersebut kepada Sektor Daker. Nantinya sektor daker akan memberi solusi terbaik terkait permasalahan tersebut.

9. Jemaah Haji Wanita Belum Thawaf Ifadhah Sampai Saat Kloternya Pulang Ke Tanah Air

Ada juga jemaah haji wanita yang belum melaksanakan thawaf ifadhah karena mendapatkan haid. Untuk mengatasi permasalahan seperti ini, karom harus membuat laporan tertulis kepada Petugas Sektor dan Daker. Nantinya mereka akan membantu pengurusan tanazul pada kloter selanjutnya.

10. Jemaah Haji Tidak Melontar Jamrah

Permasalahan lain yang juga sangat umum terjadi adalah jemaah haji tidak meontarkan jumrah. Penyebabnya banyak, salah satunya adalah sakit atau udzur lainnya. Untuk mengatasi permasalahan seperti ini, pihak keluarga bisa mewakili jemaah tersebut untuk melemparkan jumrah. Namun jauh lebih baik jika Anda berkonsultasi kepada Ketua Kloter terlebih dahulu.

Agar perjalanan haji Anda berjalan dengan lancar, pastikan untuk memilih layanan jasa travel dan tour umrah yang kredibel. Salah satunya adalah Mabruk Tour yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun dalam dunia haji umrah.

Cukup konsultasikan kebutuhan haji umrah Anda kepada tim Mabruk Tour jauh sebelum pelaksanaan haji umrah dilakukan. Hubungi tim kami untuk meminimalisir beberapa permasalahan jemaah haji umrah yang sudah kami jelaskan sebelumnya.