Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

10 Tips Memilih Travel Umroh Terbaik di Masa Kini

Belakangan banyak orang yang menanyakan cara memilih travel umroh terbaik di masa kini. Kita perlu jeli dalam memilih jasa travel umrah. Pasalnya, belakangan ini banyak pelaku bisnis yang menipu calon jamaah atau mencuri uang yang diperuntukkan untuk ibadah umroh.
 
Seperti yang kita tahu, umrah adalah ritual wajib dalam urutan haji dan berubah menjadi ibadah sunnah ketika dilakukan sendiri, di luar dari ibadah haji. Diketahui dengan baik bahwa Umrah dan Haji tidak sama secara hukum.
 

10 Tips Memilih Travel Umroh Terbaik Saat Ini

 
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa cara untuk memilih travel umroh dan haji. Diantaranya adalah:
 
1. Pilih Travel Resmi yang Terdaftar di Kementerian Agama
 
Sebuah biro perjalanan umroh harus memenuhi persyaratan yang diperlukan dan memiliki izin, seperti izin tetap perusahaan, NPWP perusahaan, dan lain-lain, agar resmi terdaftar di Kementerian Agama.
 
2. Periksa Alamat Kantor Travel
 
Pastikan untuk melakukan survey atau meneliti biro perjalanan yang akan kita pilih dan gunakan sebelum memutuskan travel umroh terbaik. Jangan lupa untuk konfirmasi apakah formulir kantor tersebut valid dan juga ada.
 
3. Jangan Tergiur Harga Travel Murah
 
Jika ini adalah pertama kalinya Anda bepergian untuk umrah, Anda harus berhati-hati terhadap perusahaan yang mengiklankan paket perjalanan dengan biaya yang sangat murah. Tapi saat bepergian, itu hanya menyediakan fasilitas kelas satu.
 
4. Kumpulkan Informasi dari Kerabat 
 
Sebelum memilih dan menggunakan travel umroh terbaik, ada baiknya untuk bertanya kepada kerabat yang telah melakukan perjalanan atau yang mengetahui perjalanan umrah yang andal dan aman.
 
Ajukan pertanyaan sebanyak mungkin, seperti apakah fasilitas dan layanan perjalanan umroh memuaskan atau justru sebaliknya.
 
5. Pastikan Travel Menyediakan Pembimbing Ibadah Umrah
 
Pastikan biro perjalanan yang Anda pilih telah mengatur pemandu ibadah umrah untuk menemani Anda ketika melakukan perjalanan ke Tanah Suci. Karena memiliki seorang mentor dipandang penting bagi jamaah.
 
Dengan pembimbing yang selalu menemani, maka Anda tidak akan kesulitan ketika beribadah.
 
6. Hindari Travel Umroh yang Menggunakan Sistem MLM
 
Selanjutnya, hindari travel umroh terbaik yang menggunakan sistem MLM. Biasanya, calon jamaah diharuskan mengeluarkan sejumlah uang untuk bergabung dengan skema MLM.
 
Setelah bergabung, calon jamaah harus menyampaikan undangan kepada orang lain untuk menjadi downline. Mereka dapat melakukan perjalanan umrah setelah downline yang sesuai telah dikumpulkan.
 
7. Memiliki Rekam Jejak yang Baik
 
Rekam jejak yang baik tidak diragukan lagi merupakan ciri lain dari travel perjalanan umrah yang andal dan kompeten.
 
Anda bisa memperhatikan tanggal ditetapkannya perjalanan umroh guna melihat sejarah perjalanan umrah. Semakin banyak perjalanan yang dilakukan, maka semakin banyak pula pengalaman yang dimilikinya dalam mengurus jamaah.
 
Selanjutnya, pertimbangkan seberapa sering perjalanan umroh telah merencanakan ibadah umrah.
 
Semakin sering dan teraturnya mereka melakukan pemberangkatan haji, maka secara tidak langsung menunjukkan kehandalan perjalanan tersebut. Hal ini tentunya akan memberikan pelayanan prima bagi jamaah umrah maupun haji.
 
8. Cek Kembali Fasilitas yang Diberikan
 
Perjalanan umrah yang baik tentunya akan transparan mengenai fasilitas yang akan diterima dan yang harus dibayar oleh musafir secara terpisah karena bukan merupakan bagian dari fasilitas yang ditawarkan oleh travel umroh terbaik.
 
Anda pasti harus membayar uang yang diperlukan untuk ini. Maka dari itu, berhati-hatilah dalam memperhatikan fasilitas yang ditawarkan oleh travel umroh agar nantinya tidak merasa kecewa.
 
9. Cek Cara Pembayaran
 
Untuk semua operasional pembayaran, Travel Umrah Resmi biasanya hanya menggunakan layanan perbankan. Pastikan perjalanan umrah yang dipilih memiliki rekening bank atas nama perusahaan dan bukan atas nama orang/personal.
 
Maka dari itu, berhati-hatilah jika menemui jemaah umrah yang menginginkan uang dikirim ke rekening pribadinya. Agen perjalanan umrah yang baik pasti akan terbuka mengenai fasilitas yang akan dibeli dan yang harus dibayar klien secara terpisah karena itu bukan bagian dari paket umroh.
 
10. Jangan Pilih Travel Umroh yang Menjanjikan Keberangkatan
 
Apapun alasannya, jika Anda menemukan travel umrah yang berjanji akan memberangkatkan umrah dalam satu atau dua tahun, hal ini tidak bisa dibenarkan. Karena jemaah yang mendaftar dan dikenakan kuota haji setiap tahunnya banyak, maka umrah tidak membutuhkan antrean seperti haji.
 
Selama paket umroh telah lunas, umrah dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun. Karena sangat berisiko membatalkan keberangkatan, lebih baik hindari perjalanan umrah yang menjanjikan waktu terlalu lama.
 
Terlepas dari hal itu, pilihlah yang memiliki track record baik seperti Mabruk Tour yang terbukti memberangkatkan ribuan jamaah haji dan sudah terdaftar secara resmi di kemenag. Itu dia beberapa tips memilih travel umroh terbaik.