Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

5 Cara Memilih Biro Travel Umroh Terbaik dan Terpercaya

Menemukan biro travel umroh terbaik dan terpercaya memang agak sulit, mengingat ada begitu banyak pilihan biro perjalanan dengan penawaran menarik. Umumnya, agen perjalanan akan memberikan penawaran harga spesial begitu mendekati musim haji atau umroh.
 
Hindari jebakan agen travel haji dan umroh bodong melalui pemberian harga khusus, semua bentuk harga penawaran perlu dicurigai. Jika harganya terlalu murah jauh di bawah harga pasaran, bisa jadi pelayanannya kurang baik atau jika terlalu mahal, hati-hati penipuan!
 
Ketika memilih biro travel umroh untuk pergi beribadah ke tanah suci bukan hanya memperhatikan harganya saja, Anda juga perlu memperhatikan faktor lainnya. Misalnya faktor keamanan dan kenyamanan menjadi hal utama yang perlu diperhatikan.
 
Beribadah dengan aman dan nyaman merupakan mimpi semua orang, fokus beribadah jadi tidak terpecah-pecah karena perihal dokumen atau fasilitas yang tidak sesuai sehingga membuat Anda khawatir. Hal-hal semacam ini akan membuat ibadah Anda tidak maksimal.
 
Kenyamanan pelayanan suatu agen perjalanan harus Anda dapatkan mulai dari masih di Indonesia hingga terbang ke tanah suci dan kembali lagi di tanah air dengan selamat. Semua ini bisa didapatkan jika Anda memilih biro terpercaya dan berpengalaman.
 
Mengingat, Anda akan mengeluarkan jumlah rupiah yang tidak sedikit untuk menunaikan ibadah umroh maka, wajib hukumnya untuk mengetahui cara memilih biro terpercaya. Jangan sampai hanya karena harganya menarik, Anda memilih agen travel penipu.
 

Memilih Biro Travel Umroh Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

 
Anda harus sangat berhati-hati ketika memilih agen perjalanan umroh atau haji, jangan sampai niatnya untung, malah buntung. Sudah keluar banyak uang, tetapi malah tidak jadi berangkat karena agen travel tidak bertanggung jawab membawa kabur uang Anda.
 
Kasus penipuan agen travel haji dan umroh di Indonesia bukan lagi hal baru, ini dikarenakan banyaknya jumlah warga muslim yang bercita-cita pergi haji atau umroh ke tanah suci. Peluang besar seperti ini banyak dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggungjawab.
 
1. Mengecek Track Record Biro Travel Umroh
 
Menelusuri track record biro travel sebelum akhirnya memutuskan mendaftar merupakan satu langkah cerdas. Jangan terburu-buru memutuskan mendaftar hanya karena penawaran harga khusus yang tidak masuk akal.
 
Cari tahu mengenai agen travel tersebut terlebih dahulu, bisa lewat internet atau secara langsung kepada jamaah yang pernah menggunakan jasa mereka. Ulik lebih dalam dari website resmi travel tersebut.
 
Perhatikan hasil testimony perjalanannya, respon asli dari para jamaah sebelumnya, legalitas biro, sampai dengan jumlah jamaah haji maupun umroh yang berhasil diberangkatkan.
 
2. Perusahaan Travel Resmi Tercatat di Kemenag
 
Setiap agen perjalanan ibadah ke tanah suci harus mengantongi izin resmi sebagai penyelenggara perjalanan umroh di Indonesia dari Kementerian Agama. Jika agen travel sudah tercatat secara resmi, ini artinya agen tersebut sudah diawasi oleh pemerintah.
 
Sangat disarankan untuk tidak mendaftarkan diri berangkat haji atau umroh ke tanah suci dengan menggunakan agen travel yang belum tercatat secara legal di Kementerian Agama.
 
3. Perhatikan Baik-baik Harga Penawaran beserta Fasilitasnya
 
Umumnya, biro travel umroh akan mencatumkan keseluruhan harga keberangkatan secara terperinci, fasilitas untuk para jamaah juga ikut dilampirkan. Anda harus bersikap kritis pada tahapan ini, perhitungkan segala kemungkinan yang ada.
 
Apakah harga penawaran tersebut sepadan dengan fasilitas. Contohnya, jika Anda diberi harga murah jauh dari harga pasaran, namun pihak agen berani memberi fasilitas mewah, ini sudah menjadi red flag yang perlu diwaspadai.
 
4. Mengecek Ulang Lokasi Hotel
 
Cara memilih biro travel umroh selanjutnya yaitu mengecek ulang lokasi hotel yang ditawarkan oleh pihak biro. Cek lokasi dan jaraknya dari Masjidil Haram, cek 
pelayanan hotel tersebut apakah sesuai dengan yang dijanjikan atau tidak.
 
5. Konfirmasi Ulang Visa Anda
 
Visa adalah dokumen terpenting sebelum terbang ke tanah suci. Pastikan visa Anda sudah terdaftar ke pihak Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh sebagai langkah antisipasi.
 
Mengkonfirmasi status visa yang akan didapatkan dari pihak pemerintah Arab Saudi dapat menghilangkan kekhawatiran Anda sebelum berangkat beribadah ke tanah suci.
 
Penting bagi setiap jamaah untuk memastikan agen travel yang dipilih bisa dipercaya, amanah, dan sudah berpengalaman. Cara memilih agen atau biro travel umroh yang 
bisa dipercaya dapat meminimalisir ketidaknyamanan perjalanan selama beribadah di tanah suci.