Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

5 Ketentuan Wajib Haji Bagi Muslim dan Muslimah, Apa Saja?

Membahas wajib haji bagi muslim hal menarik. Di mana Haji sendiri merupakan rukun Islam kelima yang tentu saja wajib untuk ditunaikan terutama bagi orang-orang yang mampu secara lahir maupun batin.
 
Artinya jika Anda merupakan seorang muslim yang mampu secara fisik, ilmu dan ekonomi maka segeralah untuk melaksanakan ibadah. Apalagi di era digital seperti sekarang ini untuk menunaikan ibadah sangat mudah.
 
Anda bisa melakukan pendaftaran pada salah satu travel haji secara online. Karena sudah banyak aplikasi yang membantu para calon jemaah agar bisa menunaikan ibadah dengan nyaman serta aman.
 
Untuk ada yang belum memahami ketentuan-ketentuan wajib haji bagi Muslim dan persyaratannya sebenarnya sudah diterangkan dalam surat Al Imron ayat 97 yang menjelaskan tentang kewajiban menunaikan ibadah sesegera mungkin.
 
Ibadah sendiri harus dilaksanakan pada bulan syawal, zulkaidah dan Dzulhijjah. Agar Anda bisa memahami atau mengerti lebih jauh tentang haji dan apa saja syarat untuk melaksanakannya maka simak ulasan berikut.
 

5 Ketentuan Wajib Haji Bagi Muslim

 
Perlu diingat bahwa ibadah memiliki serangkaian persyaratan yang wajib Anda penuhi. Syarat wajib tersebut bahkan memiliki banyak versi menurut para ulama namun poin-poinnya tetap sama hanya saja berbeda dalam hal penyampaian.
 
Berdasarkan keterangan dalam Alquran dan hadis maka persyaratan untuk menunaikan ibadah yaitu Islam, akal, merdeka, ada kendaraan dan bekal serta keamanan di jalan dan kondisi yang memungkinkan.
 
Para ulama juga menjelaskan bahwa syarat-syarat atau ketentuan mengikuti ibadah adalah beragama Islam, aqil baliq, merdeka, masuk waktu Haji dan mengetahui perbuatan Haji. Maka jika disimpulkan berikut syarat-syarat menunaikan wajib haji bagi muslim:
 
1. Beragama Islam
 
Ibadah merupakan rukun Islam kelima dan ini hukumnya wajib terutama bagi orang yang mampu seperti yang sudah dijelaskan di atas. Lalu bagaimana jika bukan seorang muslim lalu mampu melakukan ritual haji secara lengkap?
 
Tentu jika seseorang bukan muslim melakukan ritual Haji secara lengkap. Maka tahapan-tahapan tersebut masih dianggap belum sah dan belum masuk kategori ibadah sehingga harus seseorang yang menganut agama Islam.
 
2. Baligh
 
Sudah sering disebut bahwa ketentuan wajib haji bagi muslim yaitu baligh di mana baligh merupakan istilah dalam hukum Islam yang menunjukkan jika seseorang sudah mencapai kedewasaan.
 
Baligh sendiri diambil dari kata bahasa Arab yang artinya adalah sampai jadi bisa diterjemahkan dengan tujuan telah sampainya usia seseorang pada tahun kedewasaan.
 
Seseorang bisa dikatakan baligh jika mengetahui serta memahami mana yang baik dan mana yang buruk. Dalam Islam dikatakan dewasa jika mencapai usia 15 tahun ke atas atau sudah mengalami mimpi basah bagi laki-laki.
 
Sedangkan untuk perempuan yaitu mencapai usia 9 tahun ke atas atau sudah mengalami menstruasi barulah bisa masuk syarat dan ketentuan wajib haji bagi muslim.
 
3. Berakal
 
Calon jamaah haji juga harus berakal yang artinya berakal sehat secara jasmani maupun rohani jadi ketika seseorang mengalami gangguan atau kondisi hilang ingatan, gila, tidak waras maka tidak diwajibkan untuk haji.
 
4. Merdeka
 
Syarat atau ketentuan berikutnya adalah merdeka di sini Anda perlu memahami terlebih dahulu istilah dari merdeka tersebut yang artinya bebas dari keadaan terikat suatu hal atau penjajahan.
 
Artinya wajib haji bagi muslim tidak akan berlaku untuk orang-orang yang sedang dalam keadaan terkekang misalnya seperti para budak atau hamba sahaya yang beragama Islam.
 
5. Mampu
 
Syarat terakhir adalah mampu atau istitha’ah, mampu di sini artinya memiliki biaya yang cukup untuk berangkat haji sampai nantinya pulang kembali. Lalu calon jamaah juga harus mampu menyediakan kendaraan yang memadai selama perjalanan.
 
Para calon jamaah harus memastikan perjalanan berhaji nantinya aman khususnya untuk para wanita harus memiliki mahram atau pergi dengan sesama wanita yang dipercaya jika belum bersuami.
 
Wajib haji memang memiliki beberapa ketentuan dan persyaratan yang perlu dipahami bahkan Anda juga perlu memiliki pengetahuan tentang aturan haji agar ibadah lebih aman dan lancar.
 
Sebagai seorang muslim tentu Anda perlu mengetahui atau mengenali waktu pelaksanaan ibadah yang memang dilakukan setiap satu tahun sekali. Ketentuan wajib haji bagi muslim sangat jelas dan tentu tidak akan membebani Anda jika sesuai persyaratan.