Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

5 Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan yang Harus Anda Ketahui

Perlu Anda ketahui bahwa ada keutamaan jika umroh di bulan ramadhan bagi setiap muslim yang melaksanakannya. Ibadah umroh adalah salah satu ibadah yang mirip dengan ibadah haji tetapi memiliki tata cara pelaksanaan yang berbeda dengan haji.

Banyak orang yang memilih melaksanakan ibadah umroh karena beberapa alasan. Salah satu alasannya ialah waktu yang lebih singkat dan pemberangkatan yang lebih cepat. Tidak seperti haji yang membutuhkan waktu lama untuk berangkat ke tanah suci.

 

Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan yang Harus Diketahui

Bulan ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi setiap muslim di seluruh dunia ini. Di mana selama satu bulan penuh setiap muslim diwajibkan untuk melakukan ibadah wajib puasa. Dan tentu bukan ramadhan memiliki keberkahan yang sangat luar biasa.

Hal ini juga berpengaruh terhadap kegiatan ibadah umroh yang dilakukan seseorang pada bulan ramadhan ini. Karena umroh di bulan ramadhan memiliki beberapa keistimewaan dibandingkan umroh di bulan lainnya, apa saja keistimewaannya? Simak ulasan berikut ulasannya di bawah ini.

1. Pahala yang Berlimpah

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas bahwa bulan ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan bagi umat muslim. Di bulan ini pintu surga dibuka selebar-lebarnya dan setiap muslim yang taat akan mendapatkan banyak pahala jika melakukan kebajikan di bulan ini.

Tentu apabila Anda melakukan umroh di bulan ramadhan pastinya akan mendapatkan pahala yang berlimpah. Oleh karena itu apabila sedang melakukan umroh saat bulan ramadhan pastikan Anda banyak melakukan ibadah yang kebih khusyuk di tanah suci.

2. Perbanyak Amalan di Tanah Suci

Jika Anda ingin mendapatkan pahala yang setimpal seperti ketika melakukan haji, maka Anda harus memperbanyak amalan yang baik seperti melakukan sholat sunah, membaca Al-Qur'an, dan amalan lainnya pada saat sedang berada di Masjidil Haram.

Oleh karena itu apabila Anda sudah mampu untuk melaksanakan kegiatan ibadah haji dan umroh, ada baiknya melakukan umroh pada saat sedang bulan ramadhan, karena akan ada banyak pahala yang bisa Anda dapatkan apabila beribadah secara khusyuk.

3. Akan Termasuk dalam Fi Sabilillah

Perlu Anda ketahui bahwa melakukan ibadah umroh di bulan suci ramadhan memiliki biaya yang berkali-kali lipat dibandingkan biaya umroh reguler di bulan-bulan biasa. Namun Anda tidak usah khawatir karena usaha yang dilakukan ini akan mendapat ganti.

Yakni ganti yang setimpal karena pengorbanan biaya yang Anda lakukan ini akan dinilai sebagai Fi Sabilillah. Maka dari itu kegiatan umroh di bulan ramadhan tentu akan mendapatkan ganti yang bahkan lebih besar dari Allah SWT untuk setiap hambanya itu.

4. Mendatangkan Banyak Rezeki

Salah satu manfaat melaksanakan umroh adalah mendatangkan banyak rezeki. Seperti yang Anda ketahui bahwa tujuan umroh adalah untuk penghapusan kefakiran. Dengan melaksanakan umroh atas izin Allah maka kefakiran dalam diri Anda akan segera hilang.

Apalagi jika Anda melaksanakan umroh pada bulan ramadhan yang bisa mendatangkan banyak rezeki berkali-kali lipat. Rezeki itu bukan hanya dilihat dari materi saja melainkan juga rezeki kesehatan, kebahagiaan dan kesuksesan yang diberikan oleh Allah SWT.

5. Terkabulnya Doa-doa

Perlu Anda ingat bahwa tujuan melaksanakan umroh hanyalah untuk Allah SWT, jangan sampai terselip di benak Anda timbul perasaan bangga karena bisa melaksanakan umroh 
dengan uang banyak yang Anda miliki, karena ini adalah perilaku yang tidak baik.

Umroh di bulan ramadhan insyaallah akan dikabulkan doa-doa dan segala keinginan yang ingin Anda miliki akan dikabulkan oleh Allah SWT. Oleh karena itu perbanyak melakukan doa ketika Anda sedang melaksanakan ibadah umroh agar cepat terkabul.

Keutamaan ibadah umroh pada bulan ramadhan tersebut semoga bisa menjadi motivasi bagi Anda yang belum bisa berangkat ke tanah suci untuk melakukan umroh. Jika sewaktu saat Anda diberi kesempatan untuk umroh, maka wajib mengetahui yang sudah kami jelaskan.

Anda tidak perlu ragu ketika ingin melaksanakan ibadah haji dan umroh ke Tanah Suci Mekkah. Oleh karena itu jika ingin melakukan umroh di bulan ramadhan bersama orang terdekat Anda sudah paham mengenai keutamaannya.