Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

5 Manfaat Umroh Bersama Keluarga Besar

Pergi ke Umrah adalah sesuatu yang diinginkan semua Muslim, sehingga punya banyak manfaat umroh Bersama keluarga. Selain karena pergi umrah memiliki banyak sekali pahala, bahkan juga merupakan kegiatan yang mengasyikkan. 

Tapi bagaimana jika melakukan umrah bersama yang Tentunya lebih seru, juga lebih meriah. Selain haji, hampir semua umat Islam di dunia ingin pergi umrah. 

Pergi ke Tanah Suci dan kemudian mengunjungi Rumah Allah adalah sesuatu yang luar biasa. Pengalaman yang sangat berharga yang tidak bisa diungkapkan dengan kalimat. 
Anda juga dapat melakukan umrah setiap bulan. 

Tapi saat sedang pergi umrah sendirian, ada perasaan yang hilang. Jika Anda akan umrah dengan keluarga Anda. Anda bisa memilih antara liburan sekolah atau umroh Desember, tepat di Tahun Baru. 

 

Manfaat Umroh Bersama Keluarga Besar

Ibadah di tanah suci bersama istri dan anak-anakmu adalah momen berharga yang tidak bisa dilupakan. Jadi, bagi yang ingin menunaikan ibadah umroh bersama keluarga. Simak manfaat penting umroh berikut. 

1. Dapat Meningkatkan Pengetahuan Agama 

Manfaat pertama yang akan Anda dan keluarga rasakan selama umroh adalah peningkatan pemahaman agama. Pengetahuan ini tidak lagi hanya teori, tetapi Anda dan keluarga telah mempraktikkannya secara langsung. 

Dan tentunya, insya Allah ilmu praktis lebih merasuk ke dalam hati daripada teori belaka. Manfaat umroh Bersama keluarga besar secara bertahap akan memahami makna umrah. 

Dimulai dengan memakai ihram dari saat miqat, Tawaf di sekitar Ka'bah, bolak-balik dari Sai Shafa ke Marwah tujuh kali dan Tahallul (mencukur rambut). 

Manfaat umroh Bersama keluarga besar yaitu mengetahui banyak pemahaman Termasuk juga larangan saat ihram dan hikmah dibalik prosesi umrah tersebut. 

2. Memperdalam Sejarah Pada Islam 

Umrah tidak hanya menyenangkan, tetapi pengetahuan lain yang dapat Anda dan keluarga peroleh adalah tentang sejarah Islam. Terutama terkait umroh itu sendiri dan peristiwa penting dalam berbagai episode khutbah Nabi. 

Misalnya, dari sejarah Tarekat Sai, yang erat kaitannya dengan kisah Ibu Hagar dan Nabi Ismail. Tanpa menyebutkan pembangunan Ka'bah, kelahiran air Zamzam dan bayi Nabi digendong oleh kakeknya di Ka'bah. 

Manfaat umroh Bersama sekeluarga besar lainnya yaitu Anda serta keluarga akan mendapatkan lebih banyak cerita. Tentunya dengan memperdalam kisah-kisah tersebut, kita juga berharap adanya peningkatan keimanan juga ketakwaan kita. 

3. Kecepatan Kemampuan dalam Membesarkan Anak 

Ilmu yang dipelajari selama umrah dapat Anda manfaatkan untuk membesarkan anak. Untuk mengajari mereka pentingnya pengorbanan dalam beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. 

Juga, bagaimana Nabi maupun para sahabat berjuang untuk mempertahankan iman mereka. Sama seperti Anda, anak-anak dapat memperoleh informasi secara langsung dengan mengunjungi pusat tersebut. 

Tunjukkan pada mereka Hajar Aswad, Hijr Ismail, Sumur Zamzam maupun benda-benda menarik lainnya. Membuat mereka kagum juga berkeinginan untuk berada di Masjidil Haram. 

Maka bisa menanamkan nilai-nilai Islam pada anak-anak. Perkuat iman juga perbanyak ibadah kepada Tuhan dimanapun berada. Tidak hanya di Masjid Agung. 

4. Wisata Serta Edukasi 

Manfaat umroh Bersama keluarga besar yaitu Jadikan perjalanan yang penuh dengan nilai-nilai pendidikan. Tetap belajar, tapi tetap bersenang-senang. 

Selama di Mekah, Anda bisa mengunjungi Padang Arafah, Muzdalifah, Gua Mina dan Hira yang indah yang terletak di atas Jabal Nur. 

Pastikan Anda juga mampir ke Masjid Nabawi selama di Madinah. Mohon sertakan ibadah, zikir serta doa. 

Selain itu, Anda akan berkesempatan mengunjungi makam Nabi Abu Bakar serta makam Umar bin Khattab. Dekat Masjid Nabawi, juga berziarah ke makam beberapa sahabat di Pemakaman Baq. 

Jangan lewatkan, masih ada tempat spesial lainnya yang bisa Anda maupun sekeluarga kunjungi. Sebut saja Masjid Quba, Masjid Qiblatain, Kompleks Masjid Sab'ah hingga Jabal Uhud. 

5. Perkuat Iman Dengan Cara Pererat Hubungan Keluarga 

Yang terpenting di antaranya manfaat umroh Bersama keluarga besar adalah memperkuat iman Anda dan keluarga. Karena dengan umroh kita dipaksa untuk meninggalkan kesombongan. 

Cukup kenakan secarik kain di hadapan-Nya dan kemudian sadarilah bahwa kita benar-benar tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan-Nya. Iman yang kuat, insya Allah, juga membawa kepada amal saleh yang kuat.

Jadi kami berharap kesalehan ini menyebar ke seluruh anggota keluarga. Dengan bantuan ketakwaan ini, hubungan yang harmonis tercipta. 

Karena setiap anggota memiliki pemahaman yang baik tentang hak dan kewajibannya untuk menunaikan kewajibannya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Jadi, itulah beberapa 
manfaat umroh Bersama keluarga besar.