Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

5 Negara dengan Kuota Haji Terbanyak di Dunia 2022

Perlu Anda ketahui bahwa ada negara yang memiliki jumlah kuota haji terbanyak di dunia dibandingkan dengan negara lainnya. Ketetapan tersebut diberlakukan oleh kerajaan Arab Saudi mengingat jumlah muslim yang banyak melakukan ibadah haji.

Terdapat kurang lebih 2,4 juta orang yang setiap tahun melakukan ibadah haji. Pada tahun 2019 lalu tercatat lebih dari 1.8 juta orang melakukan haji. Ada beberapa negara yang mendapat kuota haji paling banyak seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

 

Daftar Negara dengan Kuota Haji Terbanyak, Termasuk Indonesia?

Biasanya ketentuan untuk mendapatkan jumlah kuota ibadah haji terbanyak dari pemerintah Arab Saudi adalah dengan mempertimbangkan jumlah penduduk muslim yang ada di negara tersebut. Semakin banyak jumlahnya maka akan mendapat kuota yang banyak.

Hal ini dilakukan agar setiap orang dapat melakukan ibadah haji yang telah mereka rencanakan, agar tidak terlalu lama menunggu pemberangkatan maka diberikanlah setiap negara kuota haji terbanyak agar dapat memberangkatkan banyak jama'ah haji.

1. Indonesia

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia mendapatkan kuota jamaah haji sebanyak 100.051 ribu pada tahun 2022. Jumlah ini menurun cukup drastis mengingat pada tahun 2019 dapat mengirimkan 200 ribu lebih.

Kuota haji terbanyak inilah yang membuat banyak jama'ah haji asal Indonesia yang ada di Arab Saudi saat ini. Sebelumnya pada tahun 2020 dan 2021, pemerintah tidak mengirimkan jama'ah haji terkait kasus Covid-19 yang saat itu sedang melanda dunia.

2. Pakistan

Selain Indonesia, Pakistan juga merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar kedua di dunia. Pada tahun 2022 pemerintah Pakistan dapat mengirimkan jama'ah haji sebanyak 81 ribu orang. Jumlah ini juga menurun dari 100 ribu lebih di tahun 2019.

Dengan jumlah kuota haji sebanyak 81 ribu orang, pemerintah Pakistan membaginya kedalam dua kategori yakni pemerintah dan swasta, dengan perbandingan 60:40. Dengan jumlah kuota yang diberikan adalah 32 ribu lebih dan 48 ribu lebih.

3. India

India merupakan negara yang mayoritas beragam Hindu. Jumlah orang muslim yang ada di India kurang lebih terdapat 172 juta orang. Meskipun begitu, pemerintah Arab Saudi memberikan kuota haji terbanyak ketiga kepada negara India ini.

India mendapatkan jatah kuota haji sebanyak 79,2 ribu orang yang dapat berangkat ke tanah suci setiap tahunnya. Dengan jumlah tersebut India mengungguli kuota haji yang diberikan untuk Turki dan Iran yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

4. Bangladesh

Masih berada di kawasan Asia Selatan lebih tepatnya berada di Bangladesh. Negara ini merupakan negara tetangga dari India yang mayoritas pemeluk agamanya ada Islam. Bangladesh memiliki jumlah penduduk muslim sebanyak 153 Juta orang di negara ini.

Di tahun 2022 ini pemerintah kerajaan Arab Saudi memberikan jatah kuota haji kepada Bangladesh sebanyak 57,5 ribu orang untuk berangkat haji. Bahkan banyak orang yang menunggu keberangkatan haji hingga bertahun-tahun sama seperti di Indonesia.

5. Nigeria

Negara dengan jumlah kuota haji terbanyak berikutnya adalah Nigeria. Negara ini menjadi negara di benu Afrika yang memiliki jumlah kuota ibadah haji terbanyak daripada negara Afrika lainnya. Lebih dari 103 juta penduduk Nigeria merupakan pemeluk Islam.

Dengan banyaknya masyarakat muslim yang ada di Nigeria, pemerintah Arab Saudi memberikan kuota haji sebanyak 43 ribu orang Nigeria untuk bisa melaksanakan ibadah Haji. Jumlah ini bisa saja bertambah sewaktu-waktu terkait kebijakan dari pemerintah.

Dibawah lima daftar negara dengan jumlah penerimaan kuota haji paling banyak, ada beberapa negara lain yang juga menerima kuota haji banyak seperti Iran sebanyak 38,4 ribu jama'ah dan Turki yang menerima kuota haji sebanyak 37,7 ribu jama'ah haji.

Jika Anda memiliki niat untuk melaksanakan haji atau umroh, Anda harus memilih agen perjalanan ibadah haji atau umroh yang sudah berlegalitas. Sebab tingginya angka calon jemaah haji ini menjadi peluang terjadinya penipuan.

Dengan layanan yang profesional, membuat perjalanan ibadah haji dan umroh yang Anda lakukan menjadi lebih nyaman. Jadi di atas adalah beberapa negara dengan kuota haji terbanyak terbanyak di dunia