Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

5 Syarat Haji dan Umrah yang Harus Diketahui

Setiap ibadah tentunya memiliki syarat wajibnya tersendiri. Begitupun syarat haji dan umrah harus dipenuhi secara sempurna. Adanya persyarat ini bertujuan agar segala ibadah yang dijalankan dapat diterima sepenuhnya oleh Allah SWT. Jadi, penting bagi muslim mengetahui.

Kedua ibadah ini sangat wajib dilaksanakan untuk semua umat muslim di dunia yang mampu. Keterangan tersebut terdapat dalam rukun islam ke-5. Dengan kata lain terdapat beberapa syarat menjalankan kedua ibadah ini yang wajib diketahui serta dilakukan oleh umat muslim.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai persyaratan wajib ibadah haji serta umrah, artikel ini akan membahas secara lebih rinci. Pembahasan ini tentunya sangat wajib untuk diketahui oleh semua kalangan muslim. Adanya syarat tersebut ibadah akan khusyuk.

 

Apa Saja Syarat Haji dan Umrah yang Wajib Dipenuhi?

Sebelum melaksanakan ibadah ini, sebaiknya Anda mengetahui apa saja syarat wajib harus dipenuhi. Pada dasarnya, syarat haji dan umrah ini tentunya memiliki perbedaan 
yang sama. Jadi, bagi umat muslim ini salah satu wajib untuk diketahui.

Umumnya haji dilaksanakan sekali dalam seumur hidup, sedangkan umrah dapat dilaksanakan kapan saja selagi memenuhi syarat. Lebih lanjut, berikut ini merupakan syarat lengkap dari ibadah haji dan umrah yang harus diketahui sebelum melaksanakannya.

1. Mempunyai Akal Sehat

Memiliki akal sehat menjadi salah satu syarat haji dan umrah utama. Dalam arti lain seorang muslim memiliki akal sehat yang boleh melaksanakan ibadah itu. Selain itu, hukumnya tidak sah jika seseorang tersebut tidak waras, gila, ataupun hilang ingatan.

2. Merdeka

Syarat haji dan umrah berikutnya yakni merdeka. Arti mereda sendiri yakni terlepas dari perbudakan. Hal ini menjadi salah satu syarat wajib untuk dipenuhi. Pada dasarnya seorang budak tidak memiliki kewajiban melakukan ibadah haji ataupun umrah. 

Alasan lain merdeka menjadi persyaratan wajib karena budak sedang menjalankan berbagai tugas yang diperintah tuannya. Jadi, dapat dipastikan seorang budak tidak sah jika melaksanakan umrah maupun haji.

3. Sudah Baligh

Tidak kalah penting dari syarat lainnya, baligh menjadi syarat haji dan umrah paling utama. Seperti yang diketahui, baligh merupakan salah satu ciri seseorang sudah menginjak usia dewasa. 

Ciri seorang laki-laki dan perempuan baligh tentunya sangat berbeda. Umumnya, pada laki-laki akan mengalami mimpi basah. Sedangkan perempuan akan keluar darah menstruasi. Setelah mengalami baligh, maka seseorang tersebut sudah memenuhi persyaratan wajib.

4. Bagi Wanita Wajib Memiliki Mahram

Sangat diwajibkan untuk seorang wanita memiliki mahram ketika ingin melaksanakan ibadah haji. Arti mahram sendiri mempunyai arti orang yang haram untuk dinikahkan karena masih satu darah, satu keluarga, dan satu persusuan. 

Akan tetapi, bagi seorang wanita yang tidak memiliki mahramnya, hukumnya boleh ditemani oleh sesama jenis kelamin. Namun, seiring perkembangan zaman, sejak tahun 2014 menyatakan bahwa calon haji wanita pada dasarnya tidak memiliki batasan mahram.

5. Beragama Islam

Pada syarat kedua ibadah ini tentunya harus dilaksanakan oleh umat muslim. dalam arti lain hanya seorang muslim saja yang boleh melaksanakan haji dan umrah. Selain itu, ibadah ini juga terdapat dalam rukun dalam islam, bukan agama lain.

6. Sudah Mampu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa rukun islam ke-5 berbunyi melaksanakan ibadah haji jika mampu. Arti mampu di sini bermakna sudah siap secara finansial, mental, maupun fisik jamaah.

Hal tersebut harus dipertimbangkan, pasalnya ibadah ini tidak melulu memikirkan fisik dan mental yang kuat. Namun, biaya keberangkatan juga terbilang cukup mahal. Jadi, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu semuanya sebelum melaksanakan ibadah ini.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa sebelum melaksanakan kedua ibadah tersebut, sangat penting mengetahui persyaratan yang harus dipenuhi. Adanya persyaratan itu bertujuan agar segala sesuatu yang dilakukan ketika pelaksanaan haji tiba akan sah.

Beberapa persyaratan tersebut berupa sudah mampu, beragama Islam, merdeka, sudah sudah baligh, memiliki akal yang sehat, hingga memiliki mahram bagi wanita. Pada dasarnya, Syarat haji dan umrah tersebut pastinya sangat penting diketahui semua umat muslim di dunia.