Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

5 Tips Memilih Travel Haji Plus yang Amanah dan Berkualitas

Belakangan banyak orang yang menanyakan cara memilih travel haji plus yang berkualitas. Untuk memenuhi rukun Islam yang kelima, menunaikan ibadah haji merupakan peristiwa penting bagi umat Islam.
 
Jika Anda mendaftar Haji Plus, Anda harus memahami cara memilih biro perjalanan Haji Plus yang bereputasi baik dan berkualitas tinggi untuk mencegah pengalaman yang tidak menyenangkan.
 
Setiap tahun, jamaah melangsungkan ibadah haji di tanah suci, sehingga memang tidak pernah sepi. Akibatnya, sering terdengar contoh penipuan yang dilakukan oleh orang-orang yang menyamar sebagai jasa biro perjalanan.
 

5 Cara Memilih Travel Haji Plus yang Bereputasi Baik

 
Berangkat dari hal ini, kami akan mengulas beberapa cara memilih biro perjalanan haji plus yang tepat untuk Anda. Di antaranya adalah:
 
1. Telah Berstatus Terdaftar di Kementerian Agama
 
Pastinya diperlukan izin dari Kementerian Agama RI untuk sebuah travel haji plus terpercaya.
 
Karena penyedia perlu mempersiapkan banyak hal sebelum mendirikan biro perjalanan, terutama yang berkaitan dengan surat dan dokumen penting. seperti NPWP korporasi, tanda daftar perusahaan, dan lain-lain.
 
2. Memiliki Reputasi yang Baik
 
Bersamaan dengan saran tersebut, Anda diharuskan untuk meneliti reputasi perusahaan penyedia perjalanan haji plus/khusus yang ingin dipilih. Anda dapat berbicara dengan teman, tetangga, atau anggota keluarga yang telah menggunakan jasa biro perjalanan potensial.
 
3. Harus Memiliki Jadwal Keberangkatan yang Jelas
 
Travel haji plus yang bisa menjadi pilihan terbaik harus jelas mengenai jadwal pemberangkatan haji. Jika agen perjalanan haji plus/khusus menjamin keberangkatan dalam waktu satu tahun ke depan atau bahkan lebih lama dari itu, Anda sebagai customer patut waspada.
 
4. Menawarkan Harga yang Masuk Akal
 
Anda harus menyadari bahwa banyak konsumen menganggap harga yang terjangkau cukup memikat. Seperti yang kita tahu, biaya haji plus seringkali tiga kali lipat dari biaya haji standar. Anda harus waspada jika ada yang menawarkan harga lebih rendah dari itu.
 
5. Perhatikan Fasilitas yang Ditawarkan
 
Fasilitas adalah sesuatu yang harus diperhatikan karena mempengaruhi seberapa nyaman Anda dalam perjalanan panjang. Fasilitas utama yang sebenarnya Anda butuhkan adalah perjalanan udara, penginapan, transportasi lokal, makan tiga kali sehari, ritual, muthawif, air zam-zam, dan banyak lagi.
 
Lima komponen penting yang tercantum di atas harus ada di agen perjalanan haji + yang memiliki reputasi dan kualitas tinggi.
 
Sebelum memilih travel haji plus, sebaiknya Anda mempertimbangkan kembali jika salah satu atau lebih syarat tersebut belum terpenuhi. Anda bisa mendapatkan rekomendasi perjalanan haji plus ternama dan berkualitas dengan mengunjungi Mabruk Tour.
 

Syarat Wajib Haji dan Umroh

 
Terlepas dari cara memilih travel haji plus, menunaikan ibadah haji dan umrah juga memiliki sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Ketika sesuatu digambarkan sebagai kewajiban, itu menandakan bahwa harus dilakukan.
 
Alangkah baiknya jika Anda mulai mempelajari dan memahami syarat-syarat haji dan umrah yang sesuai dengan syariat Islam sebelum benar-benar melaksanakannya. Penjelasan berikut mencantumkan beberapa syarat untuk melakukan ibadah haji dan umrah yang harus dipenuhi sesuai dengan hukum Islam. Diantaranya:
 
1. Beragama Islam
 
Menjadi seorang Muslim adalah kriteria pertama untuk melakukan haji. Oleh karena itu, ibadah haji hanya dapat dilakukan oleh umat Islam. Seperti yang kita tahu, haji adalah salah satu dari lima rukun Islam.
 
2. Baligh atau Sudah Dewasa
 
Baligh atau sudah dewasa adalah prasyarat berikutnya untuk melakukan ibadah haji. Pria mengalami pubertas ketika mereka mulai mengalami mimpi basah. Sedangkan ketika wanita mengalami menstruasi, itu dianggap dewasa atau baligh.
 
3. Memiliki Akal Sehat
 
Akal sehat adalah prasyarat kedua yang harus dipenuhi. Artinya, ibadah haji hanya bisa dilakukan oleh umat Islam yang berakal sehat. Seorang Muslim tidak wajib melakukan ibadah ini jika dia kehilangan ingatan, gila, atau tidak waras.
 
4. Merdeka atau Bukan Budak
 
Tidak menjadi budak adalah salah satu syarat untuk menunaikan ibadah haji. Ibadah haji tidak dituntut dari seorang budak. Hal ini disebabkan karena budak masih menjalankan tugas yang diberikan oleh pemiliknya.
 
5. Mampu Secara Fisik, Mental Maupun Finansial
 
Sebelumnya juga telah dijelaskan jika syarat wajib haji adalah mampu. Di sini, mampu melibatkan mampu melakukan hal-hal secara fisik, emosional, dan finansial.
Hal ini disebabkan karena perjalanan tersebut menuntut ketahanan fisik dan mental, serta biaya perjalanan dan penginapan yang mahal.
 
Terlepas dari hal itu, gunakan biro perjalanan seperti Mabruk Tour karena telah memenuhi semua persyaratan yang ada. Dengan begitu, harapannya Anda dapat melangsungkan ibadah dengan aman dan nyaman. Itu dia beberapa tips memilih travel haji plus yang amanah dan berkualitas.