Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

7 Persiapan Sebelum Umroh, Penting Dilakukan!

Melakukan persiapan sebelum umroh sangat penting diketahui, sebelum berangkat ke tanah suci dan melaksanakan ibadah tersebut. Terutama bagi yang pertama kali menjalankan ibadah ini harus mempersiapkan semuanya sematang mungkin.
 
Sebagian orang juga pasti bingung apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai perjalanan. Jika Anda kurang memperhatikan persiapan dengan matang, bisa saja hal penting justru terlewatkan dan membuat kegiatan ibadah menjadi tidak khusyu.
 
Agar tidak melewatkannya, silahkan Anda menyimak artikel ini sampai selesai. Kami akan memberikan penjelasan lengkap tentang apa saja persiapan sebelum umroh dan berangkat ke tanah suci.
 

Berikut Ini Persiapan Sebelum Umroh

 
Baik umroh maupun ibadah haji, sudah menjadi impian bagi setiap muslim untuk melaksanakannya. Maka sebisa mungkin persiapkan seluruh kebutuhan sebelum benar-benar berangkat ke tanah suci. Silahkan Anda persiapkan beberapa hal di bawah ini :
 
1. Mempersiapkan Kesehatan Tubuh
 
Sebelum memperhatikan yang lainnya, pastikan Anda mempersiapkan kesehatan tubuh terlebih dahulu. Ibadah akan terasa lebih nikmat juga khusyu jika badan dalam keadaan sehat walafiat.
 
Karena saat melaksanakan rukun-rukun haji, memerlukan kekuatan tubuh yang baik juga prima. Maka dari itu, jagalah kesehatan tubuh setidaknya sebulan sebelum keberangkatan ibadah agar setiap kegiatannya berjalan lancar. 
 
Dengan mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan minum suplemen, vitamin, madu, dan lainnya. Lakukan olahraga atau workout ringan agar tubuh lebih terlatih.
 
2. Mempersiapkan Rohani
 
Selain persiapan sebelum umroh dengan menjaga kesehatan tubuh, calon jemaah juga harus mempersiapkan rohani. Sebab dalam pelaksanaannya membutuhkan hati yang ikhlas juga niat benar-benar tulus hanya beribadah kepada Allah.
 
Karena saat melaksanakannya, harus mengesampingkan keluarga, pekerjaan, atau hal duniawi lain. Harus bisa fokus pada kegiatan ibadah dan menjalankan rukunnya dengan benar.
 
Jangan lupa untuk mempelajari tentang ibadah umroh. Meski nanti ada pemandunya, tapi Anda harus bisa memahami semua rukunnya dengan baik. Sehingga kegiatan ibadah benar-benar khusyu dilakukan.
 
3. Periksa Kelengkapan Data
 
Anda harus memperhatikan kelengkapan data sebagai langkah persiapan sebelum umroh penting untuk diperhatikan. Antara lainnya periksa kelengkapan dokumen seperti; KTP, paspor, visa, buku nikah, surat vaksin, tiket pesawat.
 
Kemudian juga bukti tanda terima pesanan hotel, bukti pembayaran tiket, dan dokumen penting lainnya. Jika Anda menggunakan agen travel profesional, biasanya hal tersebut bisa terurus dengan baik.
 
4. Mempersiapkan Barang Bawaan
 
Ada baiknya untuk mempersiapkan barang bawaan umroh, lebih cepat dan sebaiknya gunakan setidaknya tiga tas sebagai persiapan sebelum umroh. Tiga tas tersebut meliputi koper, tas jinjing dan satu lainnya tas dengan ukuran lebih kecil.
 
Masing-masing tas bisa Anda isi dengan barang bawaan penting. Misalnya di koper untuk baju-baju, tas jinjing berisi peralatan mandi, dan tas kecil untuk menyimpan dompet, tisu, kartu identitas atau barang berharga lainnya.
 
5. Bawa Obat-obatan Pribadi
 
Langkah lainnya, Anda disarankan untuk membawa obat-obatan pribadi jika memiliki riwayat penyakit tertentu. Misalnya mempunyai alergi spesifik, sehingga membutuhkan obat khusus dan tidak umum maka bawa obat tersebut.
 
Hal tersebut harus dilakukan sebagai persiapan sebelum umroh agar lebih matang. Selain memasukkan obat khusus, Anda juga dapat memasukan obat-obatan umum seperti minyak angin, minyak urut, dan lainnya.
 
6. Bawa Barang Spesifik
 
Untuk wanita ada cukup banyak barang spesifik yang perlu dibawa. Misalnya seperti pakaian khusus wanita umroh. mukena, baju tidur, jilbab, peniti, kaos kaki, dan yang terpenting pembalut jika memang memasuki hari haid.
 
Persiapan sebelum umroh untuk laki-laki; kain ihram tanpa jahitan, baju tidur, kain ihram cadangan, dan beberapa keperluan lainnya.
 
7. Persiapkan Suplemen Tambahan
 
Jangan lupa untuk mempersiapkan suplemen tambahan. Karena ketahanan fisik sangat diperlukan dalam pelaksanaannya. Bawalah vitamin atau obat penambah atau peningkat kekuatan fisik. 
 
Masukkan ke dalam tas kecil hingga Anda bisa dengan mudah mengonsumsi obat tersebut. Penambah suplemen ini harus Anda masukkan ke dalam daftar yang perlu dibawa.
 
Dengan mempersiapkan semuanya secara matang, bisa membuat kegiatan ibadah terasa lebih khusyu dan nyaman. Tapi persiapan sebelum umroh paling penting, adalah memilih travel umroh profesional, aman, juga sudah dipercayai oleh banyak orang.