Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

9 Cara Memilih Travel Umroh Terbaik Demi Kenyamanan

Memilih travel umroh terbaik merupakan salah satu hal penting dan perlu Anda perhatikan ketika hendak mencarinya. Travel dapat membantu calon jemaah dalam mengurus berbagai keperluan untuk pergi ke Tanah Suci.

Memilih satu travel di antara banyaknya pilihan termasuk cukup sulit. Karena memilihnya tidak hanya berdasarkan izin saja, ada aspek-aspek lain untuk dipertimbangkan.

Bermunculannya penyelenggara umroh nakal membuat Anda harus ekstra hati-hati. Penyelenggara yang menyalahi aturan tersebut menawarkan fasilitas tidak masuk akal dengan 
harga murah. Akibatnya, banyak orang terpengaruh dengan janji mereka.

 

Aspek Penting dalam Memilih Travel Umroh Terbaik Bagi Jemaah

Untuk memantapkan hati ketika memilih penyelenggara travel, ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan. Hal yang harus diperhatikan calon jemaah antara lain:

1. Travel Umroh Terbaik Harus Terdaftar Resmi

Untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan, hal pertama yang harus Anda cari tahu adalah izin resmi dari travel. Travel harus telah terdaftar di Kementerian Agama (Kemenag).

Izin dari Kementerian Agama ini menunjukkan bahwa penyelenggara umroh telah mendapatkan semua perizinan dan legalitas sesuai aturan. Izin tersebut bisa dicek melalui simpu.kemenag.go.id

2. Cek Lokasi Kantor

Sebuah travel resmi dan memiliki kredibilitas wajib memiliki alamat dan kantor jelas. Alamat tersebut dapat dicantumkan di surat-surat milik travel, database dari Kemenag, hingga di website dan media sosial mereka.

Adanya alamat jelas dan pasti, dapat memudahkan calon jemaah untuk mengunjungi kantor. Apalagi jika ada hambatan atau ingin berkonsultasi secara langsung dengan pihak penyelenggara. 

3. Cek Rekam Jejak

Salah satu cara memastikan bahwa pilihan Anda merupakan travel umroh terbaik adalah dengan mengecek rekam jejak mereka selama ini. Rekam jejak baik dapat meningkatkan rasa percaya calon jemaah untuk mempercayakan uang mereka ke travel.

Untuk pengecekan, bisa dilakukan secara online dengan melihat aktivitas di media sosial dan testimoni. Melalui tag atau lainnya, Anda bisa mencari jemaah pengguna travel tersebut dan mencari informasi.

Selain itu, juga bisa mengecek berapa kali mereka mengadakan perjalanan umroh dalam beberapa waktu belakangan. Apabila sering dan rutin, dapat dianggap bahwa mereka memiliki kredibiltas bagus sehingga banyak dipercaya.

4. Pertimbangkan Harga

Salah satu modus penipuan paling umum adalah memberikan harga miring dan tidak masuk akal dengan fasilitas banyak. Meskipun menarik, Anda perlu membandingkan harga yang wajar dengan fasilitas yang diberikan.

Perhatikan secara rinci, harga penawaran paket dari setiap tempat pilihan Anda. Harga dari masing-masing penyelenggara tentu bervariasi, menyesuaikan dengan fasilitas pendukung.

Jika menemukan perbedaan harga cukup besar di antara beberapa perusahaan, cek lagi apa saja fasilitas yang diberikan. Saat ini ada travel yang memberikan fasilitas vip, sehingga harga paketnya otomatis lebih tinggi. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget. 

5. Fasilitas yang Ditawarkan Pada Jemaah

Travel umroh terbaik pasti akan transparan mengenai harga paket mereka kepada calon jemaah, agar tidak terjadi kesalahpahaman atau hal buruk lainnya. Harga penawaran juga sesuai dengan fasilitas yang akan Anda dapatkan.

Apabila Anda mengutamakan fasilitas, cek semuanya dengan teliti agar tidak muncul kecewa di kemudian hari. Anda bisa mengecek mengenai maskapai dan kapan booking seatnya.

Cek juga hotel yang ditawarkan, sudah sesuai atau tidaknya dengan spesifikasi dari brosur atau iklan. Anda juga perlu mengetahui siapa pembimbing selama perjalanan spiritual ini. Terakhir, cek juga kelengkapan dari fasilitas.

6. Metode Pembayaran

Banyak perusahaan memiliki agen atau rekanan lepas di beberapa daerah indonesia untuk memudahkan administrasi hingga memenuhi target jemaah. Sebagai calon jemaah, pastikan bahwa rekening untuk transaksi uang adalah milik perusahaan tersebut, bukan milik pribadi.

7. Waktu Keberangkatan dan Durasi Tunggu

Pastikan travel umroh terbaik yang menjadi pilihan Anda mengkonfirmasikan waktu keberangkatan yang jelas. Beberapa penyelenggara telah mencantumkan tanggal keberangkatan di iklan atau informasi mereka.

Selain itu masa tunggu yang maksimal bagi calon jemaah umroh adalah 6 bulan sejak mereka mendaftarkan diri. Masa tunggu ini tertera dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 8 Tahun 2018 yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI.

8. Visa 

Anda harus memastikan mengenai status visa yang didapatkan dari Kerajaan Arab Saudi. Visa yang dibuat oleh penyelenggara harus sesuai dengan keperluan Anda ke Tanah Suci, yaitu ibadah umroh. 

Pastikan juga bahwa sebelum keberangkatan, Anda mendapatkan bukti melalui foto atau lainnya bahwa visa telah selesai.

9. Kepastian Tiket

Tiket pulang PP Indonesia-Arab Saudi pastikan sudah Anda dapatkan dan dicetak sebelum perjalanan dilakukan. Hal tersebut demi kemananan dan kenyamanan Anda sebagai klien, sehingga terhindar dari masalah saat pulang.

Semua aspek di atas harus terpenuhi untuk mendapatkan pengalaman ibadah umroh yang aman dan nyaman bagi Anda. Mabruk Tour dapat menjadi pilihan utama Anda, karena semua aspek memilih travel umroh terbaik sudah terpenuhi oleh perusahaan ini.