Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Alat Elektronik untuk Umroh yang Wajib Disiapkan

Alat elektronik untuk umroh merupakan suatu hal yang tidak boleh dilupakan bagi calon jamaah. Hal ini karena, adanya alat elektronik akan membuat proses umroh lebih lancar.

Selain itu, alat elektronik juga turut membantu Anda agar lebih khusyuk menjalani ibadah di tanah suci. Oleh karena itu, alat elektronik ini dapat dikatakan sebagai kebutuhan primer.

 

Alat Elektronik untuk Umroh yang Wajib Dibawa

Alat elektronik untuk umroh yang harus dibawa sebenarnya tidak terlalu banyak. Akan tetapi, Anda harus memastikan tidak ada yang terlewat. 

Jika ada yang terlewat, maka Anda pasti tidak akan nyaman saat berada di tanah suci. Oleh karena itu, Anda harus baca beberapa alat elektronik yang akan dijelaskan di 
bawah ini:

1. Charger dan Kabel data

Alat elektronik untuk umroh pertama yang wajib dibawa adalah charger. Charger ini sebenarnya dapat dikatakan sepaket dengan handphone. 

Anda pasti akan kesulitan apabila membawa handphone, namun lupa memasukkan charger. Memang ada banyak sekali jamaah haji lain yang membawa charger. 

Akan tetapi, akan menyulitkan diri sendiri jika harus meminjam charger dari jamaah lain. Nantinya pasti ada kondisi, dimana baterai ponsel habis dan charger jamaah lain sedang digunakan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda membawa charger handphone sendiri. Hal juga akan memudahkan Anda dan tidak perlu meminjam kepada orang lain.

Selain charger, jangan lupa untuk membawa kabel data. Ini karena tanpa adanya kabel data, charger tidak dapat digunakan pada handphone.

2. Handphone 

Alat elektronik untuk umroh berikutnya adalah handphone. Jadi dapat dikatakan, Handphone ini menjadi poin paling penting. Apabila dilihat dari fungsi dan kegunaan utama ponsel adalah untuk berkomunikasi.

Nantinya, Anda akan lebih mudah saat ingin berkomunikasi dengan Saudara di tanah air maupun menghubungi peserta ibadah umrah lainnya. Tanpa adanya handphone, maka proses komunikasi tidak dapat berjalan lancar.

Perlu Anda ketahui, kegunaan handphone tidak hanya untuk berkomunikasi. Nantinya, ada banyak sekali aplikasi di handphone yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya yaitu Quran Online. 

Jadi Anda hanya perlu membawa quran melalui handphone saja. Ada juga beberapa aplikasi yang dibuat sebagai panduan untuk melakukan ibadah umrah.

Bagi Anda yang belum hafal sepenuhnya mengenai tata cara ibadah umrah, sangat tepat bila menggunakan aplikasi tersebut. Namun, perlu diingat Anda juga harus memiliki ponsel yang ada peta onlinenya.

Peta ini tentunya akan berguna jika Anda bingung ketika berada di tanah suci. Nantinya, peta ini dapat Anda gunakan untuk kembali ke hotel maupun berangkat ke pusat perbelanjaan.

3. Powerbank

Alat elektronik untuk umroh selanjutnya, tidak lupa juga membawa powerbank. Dapat dikatakan, kehadiran powerbank juga sangat penting sebagai alat elektronik saat umroh. 

Perlu Anda ketahui, ada banyak sekali terminal listrik di tanah suci yang dapat digunakan. Hal ini akan terasa, apalagi saat Anda berada di hotel. 

Namun, perlu diketahui jika terminal listrik tersebut tidak akan selalu terlihat. Bahkan sebagian besar jamaah yang baterainya habis tidak menemukan terminal listrik.

Dengan membawa powerbank, setidaknya bisa menyelesaikan masalah tersebut. Ini karena, powerbank bisa membuat Anda mengisi daya dimana saja. 

Perlu diketahui juga, bahwa powerbank ini tidak hanya berguna untuk diri sendiri. Namun, pasti akan ada kondisi dimana baterai handphone dari jamaah lain akan habis. 

Dengan membawa powerbank, Anda juga dapat meminjamkannya. Sehingga bisa membantu jamaah lain dan mendapatkan pahala.

4. Kamera

Apabila tiga benda sebelumnya bersifat wajib, alat elektronik untuk umroh ini sifatnya opsional. Kamera sebenarnya tidak wajib dibawa ke tanah suci. 

Akan tetapi, keberadaannya dapat membuat Anda semakin nyaman. Hal ini karena, kamera bisa mempermudah Anda mengabadikan momen indah ketika berada di tanah suci. 

Memang handphone juga sudah mempunyai fitur kamera. Akan tetapi, untuk kualitas foto yang dihasilkan tidak terlalu bagus. Selain itu, apabila baterai handphone habis maka akan sia-sia hasilnya.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda membawa kamera khusus untuk mengabadikan momen. Pastikan juga Anda sudah menyiapkan segala hal dengan sebaik mungkin. 

Jangan sampai hanya kekecewaan yang didapat karena kurang persiapan. Sebagai catatan, jangan sampai Anda lupa membawa alat elektronik untuk umroh.