Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Alat Umroh untuk Anak yang Perlu Dipersiapkan dari Sekarang

Alat umroh untuk anak sejatinya hampir sama dengan alat umroh yang dipersiapkan untuk orang dewasa. Meskipun demikian, anak-anak memiliki persiapan alat lain yang lebih kompleks. Ini harus dipersiapkan oleh orang tua jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.
 
Bagi Anda yang memiliki perencanaan untuk umroh bersama dengan keluarga serta buah hati, perencanaan dengan matang. Tidak sedikit orang tua yang merasa panik ketika mengajak buah hatinya ke tanah suci. 
 
Alat Umroh untuk Anak yang Perlu Dibawa
 
Hal penting yang harus dipersiapkan ketika umroh saat membawa anak-anak sangat kompleks. Apa saja yang akan dibutuhkan di tanah suci harus dibawa dengan lengkap. 
Beberapa perlengkapan haji dan umroh untuk anak yang harus dibawa adalah:
 
1. Pakaian ihram
 
Alat umroh untuk anak berupa pakaian ihrom merupakan hal yang harus dibawa. Ini digunakan untuk melakukan ibadah sebagai penutup aurat. Bawalah baju cadangan apabila nanti pakaian tersebut terkena najis.
 
2. Pakaian harian
 
Selain pakaian ihram, pakaian sehari –hari juga merupakan hal penting yang harus Anda persiapkan. Usahakan untuk membawakan pakaian harian dengan bahan yang nyaman untuk si buah hati.
 
Bawalah 4 hingga 5 pasang sesuai dengan kebutuhan buah hati. Jika memang Anda takut kurang, bisa membawa baju lebih.
 
3. Baju tidur
 
Berbeda dengan orang dewasa yang mungkin dapat tidur dengan pakaian harian, anak harus tidur dengan pakaian yang lebih nyaman. Alat umroh untuk anak berupa baju tidur ini bisa digunakan untuk memberikan kenyamanan buah hati saat tidur di tanah suci.
 
4. Pakaian dalam
 
Anda bisa memperkirakan berapa jumlah pakaian dalam yang akan dikenakan si kecil. Minimal, pakaian dalam bisa dikenakan dalam waktu 3 hari tau diperkirakan sampai Anda memiliki jarak waktu untuk mencucinya.
 
5. Sandal, sepatu, jaket, dan kaos kaki
 
Perlengkapan lain tersebut juga sangat diperlukan untuk buah hati ketika akan melakukan ibadah umroh di tanah suci. Persiapan harus dilakukan mengingat kondisi yang tidak menentu disana.
 
Untuk kaos kaki, Anda bisa membawahnya 2 hingga 3 pasang. Untuk sandal, bawa yang sekiranya nyaman dikenakan buah hati. 
 
Peralatan lain yang bisa Anda bawa mencakup stroller, makanan atau camilan, hingga mainan untuk si kecil. Bagaimanapun juga, si kecil harus merasa lebih nyaman agar tidak rewel selama melakukan ibadah di tanah suci. 

Tips Melakukan Ibadah Umroh Bersama Anak

 
Selain mempersiapkan alat umroh untuk anak yang harus dibawa, penting bagi Anda untuk memperhatikan berbagai macam tips dalam melaksanakan ibadah umroh bersama anak. Hal ini dikarenakan kondisi anak kecil yang memang mudah berubah mood.
 
Sebagai orang tua, beberapa hal penting untuk Anda perhatikan ketika melaksanakan ibadah umroh bersama dengan anak adalah:
 
1. Memperhatikan kesehatan si kecil
 
Kesehatan si kecil harus diperhatikan dengan seoptimal mungkin. Keadaan fisik yang sehat saat berangkat umroh menjadi hal yang harus diutamakan. Lakukan pemeriksaan rutin untuk mendeteksi penyakit.
 
Selain itu, vaksinasi menjadi hal yang penting untuk setiap calon jamaah haji maupun umroh, termasuk untuk anak kecil. Konsultasikanlah kepada dokter dikarenakan kondisi kekebalan tubuh si kecil pastinya belum matang.
 
2. Memilih waktu umroh yang tepat
 
Alat umroh untuk anak sudah dipersiapkan, kini Anda juga harus memperhatikan waktu ibadah umroh yang tepat. Hal tersebut dikarenakan iklim di Indonesia sangat berbeda dengan iklim di Timur Tengah.
 
Si kecil bisa saja belum terbiasa dengan kondisi perubahan cuaca yang cukup ekstrem. Anda bisa melakukan ibadah umroh pada saat memasuki musim panas. Waktu umroh pada musim panas tersebut terjadi di antara bulan April hingga Agustus.
 
3. Cadangan makanan dari tanah suci
 
Menyesuaikan jenis makanan di tanah suci dengan di tanah air tentu saja cukup sulit. Apalagi bagi anak. Oleh karena itu, cadangan khusus makanan yang berasal dari tanah air merupakan hal yang tidak boleh disepelekan.
 
Tubuh anak tentunya masih dalam masa tumbuh kembang. Bisa saja belum terbiasa dalam mencicipi masakan atau makanan disana. Pastikan makanan seperti biscuit bayi, cereal, susu, maupun jenis makanan lain yang biasa dikonsumsi anak di rumah.
 
Melaksanakan ibada umroh bersama keluarga merupakan salah satu hal yang dinantikan banyak orang. Tidak sedikit orang yang merencanakan ibadah umroh bersama dengan anak-anak. Maka, alat umroh untuk anak juga harus dipersiapkan dengan optimal.