Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Apa Itu Miqat Haji? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Pertanyaan mengenai apa itu miqat haji banyak dibicarakan. Itu karena, miqat ini adalah istilah yang sangat umum dalam haji namun tidak banyak orang yang memahami maknanya. Berbicara tentang haji sendiri sebenarnya sangat menarik.
 
Ini adalah salah satu ibadah wajib bagi setiap muslim yang mampu. Namun keberadaannya berbeda dengan rukun Islam lain yang nampak begitu dipahami. Ada banyak orang di luar sana yang bahkan tidak mengetahui tentang seluk beluk haji.
 
Jika Anda memiliki keinginan atau akan berangkat haji, pastikan pemahaman mengenai proses ibadahnya dimatangkan terlebih dahulu. Jangan sampai malah merasa kebingungan setelah pergi ke tanah suci.
 
Hal tersebut jelas merupakan sesuatu yang tidak bisa dibiarkan. Itu karena, proses ibadah bisa saja terganggu oleh kebingungan tersebut.
 
Mengenal Apa itu Miqat Haji?
 
Pembahasan mengenai apa itu miqat haji sebenarnya cukup sederhana. Miqat ini membahas tentang waktu dan tempat yang menjadi awal pelaksanaan ibadah haji. Tentu ini merujuk pada pengaturan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.
 
Namun untuk memahami miqat secara lebih mudah, penting untuk mengetahui dulu kalau miqat terbagi menjadi dua jenis. Berikut kedua jenis tersebut.
 
1. Miqat Zamani
 
Miqat tipe pertama adalah miqat zamani. Miqat zamani ini membahas batas waktu dalam pelaksanaan haji. Ini dimulai sejak 1 syawat dan berakhir pada bulan dzulhijjah. 
Waktu terakhir dari penutupnya sendiri adalah ketika terbit fajar di tanggal 10 Dzulhijjah.
 
Perlu diingat, pembahasan mengenai apa itu miqat haji ini hanya berlaku untuk ibadah haji. Jika yang akan dilaksanakan adalah umroh, miqat zamaninya berlangsung sepanjang tahun.
 
2. Miqat Makani
 
Setelah membahas tentang miqat zamani, penting juga untuk membahas tentang miqat makani. Miqat makani ini tidak mengulas tentang waktu. Yang dibahas disini justru adalah tempat untuk melaksanakan umroh.
 
Inti dari miqat makani adalah tempat untuk memulai niat haji dan umroh. Oleh karena itu, jamaah wajib menggunakan pakaian ihram dan melafadzkan niat setelah masuk ke miqat makani.
 

5 Lokasi dari Miqat Makani

 
Dalam pembahasan mengenai apa itu miqat haji, penting juga untuk mengetahui lokasi-lokasi dari miqat makani. Perlu diketahui, ada lima lokasi yang menjadi tempat miqat makani. Berikut pembahasan lengkap dari kelima lokasi tersebut.
 
1. Zulhulaifah (Bir Ali)
 
Miqat makani pertama yang akan dibahas kali ini adalah Bir Ali. Ini adalah tempat miqat yang dikhususkan untuk penduduk Madinah dan yang melewatinya.
 
Biasanya jamaah haji asal Indonesia sendiri berada di miqat ini. Lokasi Bir Ali sendiri adalah sekitar 9 kilometer dari Madinah.
 
2. Juhfah
 
Tempat selanjutnya yang harus ditambahkan dalam ulasan mengenai apa itu miqat haji adalah Juhfah. Juhfah ini berjarak sekitar 183 km dari barat laut Mekkah. Lokasinya sendiri biasanya digunakan oleh jamaah dari Syria.
 
Tetapi ada juga jamaah dari Yordania dan Mesir yang sering menggunakan Juhfah. Bahkan sangat mungkin juga Anda menemukan jamaah dari Lebanon di Miqat ini.
 
3. Qarnul Manazil (as-Sail)
 
Qarnul Manazil juga menjadi lokasi miqat berikutnya. Qarnul Manazil ini terletak di dekat pegunungan Taif. Untuk Anda yang tidak mengetahui, pegunungan tersebut berada sekitar 90-100 km di timur Mekah.
 
Ketika berada di sini, Anda akan melihat banyak jamaah dari Dubai. Itu karena, kebanyakan jamaah dari Dubai memang sering menggunakan tempat ini.
 
4. Yalamlam
 
Yalamlam sendiri berada di tenggara Mekah. Sama seperti Qarnul Manazil, jaraknya dari Mekah berada di kisaran 90-100 km. DI sini Anda akan menemukan jamaah dari Yaman, India, China, Pakistan, hingga Jepang.
 
5. Zatu Irqin
 
Jangan lupakan Miqat Zatu Irqin. Lokasinya berada di arah timur laut Mekah. Lokasi Miqat ini biasanya digunakan oleh Jamaah Iran dan Irak.
 

Untuk Haji Pilihlah Agen Travel Terbaik

 
Setelah memahami apa itu miqat haji, beberapa dari Anda pasti merasa kebingungan. Itu karena, pemilihan lokasi Miqat ini nampak sebagai hal yang sedikit menyulitkan.
 
Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih travel haji terbaik. Dengan memilih travel haji terbaik, bimbingan akan sepenuhnya diberikan sehingga Anda tidak perlu 
kebingungan.
 
Jika Anda sedang mencari travel haji terbaik, langsung saja jatuhkan pilihan pada Mabruk Tour. Kami dari Mabruk Tour sudah eksis di bidang ini dalam waktu lama.
 
Dengan waktu eksis tersebut, Anda pasti tidak akan kecewa saat memilih Mabruk Tour. Terlebih lagi pembahasan mengenai apa itu miqat haji akan diberikan secara rinci oleh Mabruk Tour sebagai bagian dari edukasi.