Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Apa Saja Doa yang Dibaca saat Sai?

Sai adalah salah satu ritual penting dalam ibadah umrah dan haji yang dilakukan dengan berlari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah. Saat melakukan Sai, membaca doa adalah kebiasaan yang dianjurkan untuk memperkuat keimanan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Mari kita jelajahi beberapa doa yang disunnahkan untuk dibaca saat melaksanakan Sai.

1. Doa Sa'i dari Hajar Aswad ke Shafa

Saat memulai Sai dari Hajar Aswad (batu hitam) menuju bukit Shafa, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa:

"اَللَّهُمَّ إِنِّىْ أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَرَحْمَتِكَ، فَأَعِذْنِى مِنْ عَذَابِكَ إِنَّهُ لاَ يُعَذِّبُ عَبْدَكَ إِلاَّ جَرَى عَلَيْهِ دَمًا أَوْ حَرَقًا أَوْ سَقَطَ مِنْ عَلَى جِبَالِ أَوْ قَتَلَ غَيْظًا"

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon karunia dan rahmat dari-Mu. Janganlah Engkau timpakan azab kepada diriku, karena sesungguhnya hamba-hamba-Mu tidak akan Kau azab kecuali telah dihujani darah, terbakar, atau terjatuh di pegunungan, atau ia dibunuh dalam kemarahan-Mu."

2. Doa Sa'i dari Bukit Shafa ke Marwah

Setelah mencapai bukit Shafa, jamaah akan turun menuju bukit Marwah. Saat melakukan perjalanan ini, disunnahkan untuk membaca doa:

"اَللَّهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُ أَكْبَرُ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ، أَنْجَزَ وَعْدَهُ، وَنَصَرَ عَبْدَهُ، وَهَزَمَ الأَحْزَابَ وَحْدَهُ"

Artinya: "Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan pujian. Dia-lah yang menghidupkan dan mematikan, dan Dia-lah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah yang Maha Esa, Dia telah menepati janji-Nya, memberikan pertolongan kepada hamba-Nya, dan Dia-lah yang menghinakan pasukan-pasukan yang lainnya sendirian."

3. Doa Sa'i Terakhir

Setelah menyelesaikan tujuh kali Sai antara Shafa dan Marwah, jamaah kemudian melakukan doa sa'i terakhir, yang berisi pujian dan permohonan ampunan kepada Allah SWT.

Sahabat, jika Anda merencanakan perjalanan umrah yang penuh makna dan keberkahan, bergabunglah dengan Mabruk Tour. Kami menyediakan paket perjalanan yang lengkap dan terpercaya untuk memastikan pengalaman ibadah Anda berjalan lancar dan berkesan. Hubungi kami sekarang juga untuk