Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Beberapa Tempat Wajib Dikunjungi Saat Umroh, Dimana Saja?

Melaksanakan ibadah ke tanah suci rasanya kurang lengkap jika tidak mengunjungi tempat-tempat wajib dikunjungi saat umroh. Mengunjungi tempat-tempat sebagai salah satu kegiatan wisata religi diharapkan dapat semakin meningkatkan iman dan taqwa kita. 

Biasanya untuk Anda yang melaksanakan ibadah umrah melalui travel, pihak agen akan menyediakan agenda untuk napak tilas pada beberapa tempat tersebut. Namun jika pergi tanpa travel tidak perlu khawatir karena justru dengan begitu Anda memiliki banyak waktu untuk mengunjungi satu dan lainnya.

 

Berikut Rekomendasi Tempat Wajib Dikunjungi Saat Umroh

Di bawah ini akan kami berikan beberapa rekomendasi tempat-tempat wajib dikunjungi saat ibadah umroh untuk Anda saat sedang beribadah di tanah suci.

1. Masjid Nabawi

Tempat wajib dikunjungi saat umroh yang pertama adalah Masjid Nabawi. Masjid ini selain merupakan masjid terbesar di Madinah namun juga menjadi satu terbesar di dunia dan menjadi pusat beribadah bagi jamaah selama berada di tanah suci. Masjid ini dapat menampung bahkan hingga 1 juta jamaah.

Setelah Ka’bah, Masjid Nabawi ini menjadi tempat suci kedua bagi umat muslim seluruh dunia. Lokasi yang berada pada pusat kota Madinah menjadikan Masjid Nabawi selalu ramai dikunjungi jamaah yang sedang menjalankan ibadah haji maupun umroh.

Sebelum semegah saat ini, Masjid Nabawi merupakan bekas rumah Nabi Muhammad saat beliau hijrah dari Makkah ke Madinah kurang lebih saat 622 Masehi.

Pada bagian dalam masjid ini Anda dapat melihat makam Nabi Muhammad beserta khalifah penerusnya yaitu Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

Anda juga dapat mengunjungi tempat bernama Raudhah atau taman surga yang menjadi bangunan masjid. Raudhah selalu ramai karena diyakini sebagai salah satu tempat mustajab saat berdoa.

Selain itu terdapat sesuatu paling ikonik dari Masjid Nabawi yaitu payung hidrolik yang mulai diterapkan masjid-masjid di dunia, salah satunya Indonesia. Payung hidrolik ini dapat terbuka dan tertutup saat waktu-waktu tertentu.

2. Masjid Quba

Masjid selanjutnya yang wajib dikunjungi saat umroh yaitu Masjid Quba. Quba merupakan masjid yang pertama kali dibangun oleh Nabi Muhammad yaitu pada 1 Hijriah atau 622 Masehi pada daerah bernama Quba sebelah tenggara kota Madinah.

Masjid yang dibangun Nabi saat hijrah ke Madinah ini memiliki tiga pintu untuk keluar masuk bagi jamaah yang datang. Di tengah ruangan terdapat sahn atau sumur yang menjadi sumber air untuk wudhu. Sedangkan di luar terdapat tempat untuk membeli berbagai jenis kurma.

3. Masjid Jawatha

Masjid terakhir yang wajib dikunjungi saat umroh yaitu Masjid Jawatha. Walaupun tidak semegah Masjid Nabawi dan Masjidil Haram namun Masjid Jawatha juga memiliki sejarah penting dan merupakan yang tertua di Arab Saudi.

Sebagian struktur bangunan aslinya memang telah hilang namun masih bisa digunakan sebagai tempat untuk ibadah.

4. Jannatul Baqi

Objek wisata religi yang cukup sentimental dan wajib dikunjungi saat umroh adalah Jannatul Baqi. Tempat ini merupakan pemakaman utama di Madinah. Keluarga, kerabat, hingga sahabat Nabi Muhammad banyak dimakamkan di sini.

Dulu, jamaah yang meninggal saat haji atau umroh sempat dikuburkan di tempat ini. Namun karena keterbatasan tempat maka kebijakan tersebut tidak lagi diberlakukan.

5. Jabal Tsur

Tempat selanjutnya yaitu Jabal Tsur yang berlokasi di salah satu bukit tertinggi di Makkah. Bukit ini pernah dijadikan lokasi persembunyian Nabi dan Abu Bakar dari kejaran kaum kafir Quraisy ketika akan hijrah ke Madinah.

6. Jabal Nur dan Gua Hira

Jabal Nur dan Gua Hira menjadi rekomendasi selanjutnya yang wajib dikunjungi saat umroh. Bukit ini memiliki tinggi lebih dari 600 meter dan harus mendaki bebatuan jika ingin sampai Puncak Jabal Nur. Di Jabal Nur juga terdapat Gua Hira sebagai tempat Nabi Muhammad menerima wahyu pertamanya yaitu QS Al-Alaq 1-5 dari Malaikat Jibril.

7. Jabal Magnet

Tempat unik selanjutnya yang cukup terkenal terletak di Madinah dan wajib dikunjungi saat umroh yaitu Jabal Magnet. Bukit ini memiliki daya magnet sangat kuat sehingga kendaraan dapat berjalan sendiri tanpa dikemudikan maka dari itu dinamakan Jabal Magnet.

Bukit ini oleh masyarakat sekitar dikenal dengan nama Manthiqa Baidha dan terletak 60 km dari pusat Madinah. Di tempat ini Anda dapat melihat pemandangan padang pasir, perkebunan kurma hingga danau.

Tentu masih banyak lagi tempat wajib dikunjungi saat umroh bagi Anda saat sedang berada di tanah suci.