Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Begini Cara Menabung untuk Umroh Bagi Mahasiswa, Wajib Tahu !

Ibadah ke tanah suci merupakan impian bagi setiap muslim, oleh karenanya penting mengetahui cara menabung untuk umroh. Sebagai mahasiswa dengan uang saku terbatas Anda dapat menerapkan trik khusus, mengingat biaya umroh tidak murah.

Ibadah umroh merupakan salah satu ibadah yang menjadi impian bagi setiap muslim di berbagai penjuru dunia. Mulai dari orang tua hingga muda, tentu sangat mendambakan bisa menginjakkan kaki ke tanah suci Mekkah.

Dalam proses ibadah ini, setiap muslim harus memiliki keyakinan secara penuh serta mau mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk melaksanakannya. Oleh karena itu penting mengetahui cara menabung untuk umroh yang bisa dicoba, agar Anda bisa pergi secepat mungkin. 

Bagi para mahasiswa yang masih mengejar pendidikan, ibadah Umroh bukan tidak mungkin bisa untuk dilakukan. Namun diperlukan upaya secara tepat untuk mengumpulkan tabungan, meskipun uang saku dimiliki masih sangat terbatas dan minim.

Namun jangan khawatir, karena kini ada banyak penawaran biro perjalanan sebagai mitra menunaikan ibadah ke tanah suci. Mulai bentuk tunai maupun model tabungan, pada intinya terpenting menabung merupakan kegiatan yang membutuhkan konsistensi secara disiplin.

 

Terapkan Cara Menabung untuk Umroh Berikut Ini, Mahasiswa Pasti Bisa 

Sebagai langkah awal, Anda harus memiliki niatan baik dalam berumroh sebagai hal yang harus diperjuangkan meskipun kondisi keuangan pas-pasan. Konsisten mengalokasikan sebagian uang pada tabungan, namun tentu tetap memperhitungkan kemampuan ekonomi yang dimiliki.

Tentukan skala prioritas sekaligus jadikan ibadah umroh sebagai prioritas utama. Sehingga ketika menerima uang uang saku setiap bulannya, akan menyisihkan sebagian besar pendapatan sebagai tabungan umroh. 

Jika dirasa kurang, Anda dapat meluangkan waktu dengan bekerja part time untuk menambah pemasukan. Buatlah target jumlah dan waktu pelaksanaan ibadah, agar disiplin serta termotivasi saat mengumpulkan tabungan dan jangan sesekali menunda skala prioritas.

Selanjutnya pilih lembaga perbankan sebagai cara menabung untuk umroh. Manfaatkan layanan jasa bank baik umum maupun Syariah dan pilih tabungan berjangka atau gunakan tabungan berumroh dan haji, yang biasa ditawarkan Bank Syariah.

Selain itu kamu juga dapat mengumpulkan uang tabungan pada pihak perusahaan atau biro penyelenggara perjalanan ibadah. Namun pastikan untuk memilih biro terpercaya dan memiliki kredibilitas serta rekam jejak yang baik, sehingga tidak menyesal nantinya.

Jangan terjebak dengan penawaran hadiah dan cashback besar yang tidak masuk akal, karena rawan penipuan. Coba pastikan pada website resmi dan review para jamaah yang pernah menggunakan biro penyelenggara perjalanan ke tanah suci tersebut.

Konsisten dan kedisiplinan merupakan hal pamungkas sebagai cara menabung untuk umroh. Usahakan selalu menabung di awal bulan saat menerima uang saku atau memperoleh penghasilan. Buat target perencanaan agar dapat terkontrol dengan baik.

Menabung Umroh dengan Investasi ? Tentu Bisa

Indonesia pada kurun beberapa tahun terakhir ini, investasi menjadi salah satu hal yang cukup sering diperbincangkan oleh kebanyakan masyarakat. Karena investasi sendiri mampu menjaga nilai uang serta melindungi dari adanya gerusan inflasi yang saat ini cukup tinggi.

Investasi juga merupakan upaya untuk mendapatkan profit tertentu, untuk menambah pundi-pundi rupiah. Anda juga dapat menerapkan cara menabung untuk umroh, menggunakan metode satu ini.

Namun wajib diketahui untuk menekan risiko rugi dalam berinvestasi, adalah dengan tidak memilih produk yang nilai volatile atau fluktuatif. Karena ketika memilih produk investasi dengan nilai fluktuatif, dapat menyebabkan kerugian sebelum dana umroh mu terkumpul.

Sebaiknya kamu memilih produk investasi reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap ataupun emas. Meskipun menjanjikan imbalan hasil yang relatif kecil, namun risiko kerugian dari produk tersebut cukup rendah.

Bagi emas, fluktuasi harga per gram bisa dikatakan tidak terlalu besar sehingga nilainya cenderung stabil. Anda juga dapat mencoba melakukan pembelian emas secara digital agar lebih aman dibandingkan membeli dalam bentuk fisik.

Investasi emas juga saat ini sangat mudah untuk dilakukan bahkan dengan harga yang sangat terjangkau, serta dapat dilakukan oleh siapapun termasuk mahasiswa. Jadi tidak perlu khawatir dalam melakukan investasi. Dengan kemudahan cara menabung untuk umroh, tunggu apa lagi segera mulai sekarang juga agar keinginan ke Tanah Suci Mekkah segera terwujud.