Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Berikut Tips Umroh Bersama Lansia Wajib Anda Perhatikan

Setiap perjalanan memiliki risiko sendiri seperti saat umroh bersama lansia yang membutuhkan banyak perhatian khusus. Banyak orang mengantri untuk bisa pergi ibadah haji maupun umroh. Lansia menjadi salah satu kalangan terbanyak untuk mendaftar ibadah ini. 

Memiliki usia lanjut memang menjadi hal penting untuk diperhatikan, khususnya tentang stamina badan. Perlu diketahui meskipun rangkaian ibadah haji tidak selama umroh, namun kegiatan umroh tetap membutuhkan banyak tenaga.

Bisa dibayangkan bagaimana orang tua sudah lanjut usia harus menjalani rangkaian ibadah umroh yang tidak bisa dikatakan sedikit. Ditambah akan bertemu banyak orang dari berbagai negara tentunya akan membuat suasana ramai.

Namun, Anda sebagai anak tidak perlu khawatir. Meski tidak dapat menemaninya secara langsung tetapi Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut agar selama perjalanan menuju tempat paling suci di dunia dapat berjalan dengan lancar dan aman.

 

Tips Umroh Bersama Lansia yang Harus Diketahui

Berikut beberapa hal perlu untuk diperhatikan saat orang-orang lanjut usia akan menjalankan ibadah ke tanah suci. Simak ulasan berikut agar orang tua Anda tetap merasa nyaman dan aman selama mengikuti umroh.

1. Persiapan yang Matang

Tips umroh bersama lansia pertama adalah mempersiapkan hal-hal penting dengan matang. Persiapan menjadi aspek penting ketika akan melakukan perjalanan, apalagi yang akan melakukan perjalanan jauh adalah lansia, tentunya jauh membutuhkan perhatian ekstra.

Sebelum waktu keberangkatan pastikan dulu semua kebutuhan lansia sudah terpenuhi, seperti misalnya popok dewasa bagi yang sekiranya membutuhkan. Serta paling penting adalah mengecek kondisi kesehatannya apakah cukup sehat untuk bisa pergi ibadah.

2. Membawa Kursi Roda

Di usia yang sudah tidak muda lagi, bahkan untuk berjalan dalam jarak dekat terkadang menjumpai rasa kecapean. Sebenarnya tips ini tidak hanya berlaku pada saat umroh bersama lansia saja, tetapi bagi orang yang sedang sakit.

Oleh karena itu menggunakan alat bantu jalan berupa kursi roda menjadi pilihan utama lansia yang dirasa sudah tidak bisa berjalan jauh. Perlu diketahui bahwa terdapat jalur khusus bagi pengguna kursi roda sehingga tidak perlu berdesak-desakan.

Jika memang tidak memiliki kursi roda sendiri, Anda dapat menyewanya ditempat persewaan. Biasanya travel perjalanan juga menyediakan kursi roda untuk bisa disewa oleh jamaah pengguna jasanya. Jadi Anda tidak harus membelinya tetapi bisa dengan menyewa.

3. Memilih Penerbangan Langsung

Tips umroh bersama lansia ketiga untuk diperhatikan yaitu memilih penerbangan langsung. Karena tidak sedikit agen perjalanan yang rute perjalanannya tidak langsung ke Mekah atau Madinah. Ada beberapa travel mengharuskan transit di negara lain terlebih dahulu.

Dengan memilih penerbangan langsung akan menghemat stamina jamaah di usia yang tidak muda lagi. Selain karena waktu perjalanan lebih cepat apabila memilih penerbangan langsung, jamaah juga tidak perlu kerepotan untuk naik dan turun pesawat.

4. Konsultasi dengan Pihak Travel

Hal ini penting untuk diperhatikan ketika umroh bersama lansia. Sebaiknya Anda memberi tahu pihak travel yang akan digunakan bahwa ada jamaah lanjut usia dalam perjalanannya. Harapannya pihak travel akan memberikan perhatian khusus kepada jamaah tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa bertanya kepada agen atau travel tersebut berkaitan dengan hal apa saja perlu dipersiapkan ketika membawa lansia. Biasanya pihak travel akan memberikan saran mengenai persiapan yang harus dilakukan sebelum waktu keberangkatan.

5. Ada Pendamping yang Dipercaya

Tips umroh bersama lansia terakhir adalah didampingi oleh seseorang yang Anda percaya. Meski nantinya dalam satu rombongan ibadah ke tanah suci akan bertemu banyak orang, tidak ada salahnya jika ada yang mendampingi dari pihak keluarga.

Diusahakan untuk pendampingnya adalah sesama jenis. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan dalam pendampingan misalnya jika sesama jenis bisa wudhu dan sholat berdampingan, karena tempat wudhu pria dan wanita berbeda begitu juga dengan sholat.

Karena pada dasarnya semua umat muslim berkeinginan untuk beribadah ke tanah suci, meski usia tidak muda lagi keinginan tersebut tetap ada. Beberapa tips di atas akan membantu persiapan Anda ketika akan umroh bersama lansia.