Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Biaya Penyelenggaraan Haji dan Umroh Resmi Kemenag

Biaya penyelenggaraan haji dan umroh menjadi salah satu pertimbangan sebelum menjalankan ibadah yang mulia ini. Dalam rukun Islam dijelaskan bahwa pergi haji jika mampu. Dalam artian ini, Anda harus mampu secara finansial dan fisik untuk berkunjung ke tanah suci.
 
Dalam proses ibadah haji dan umroh, biasanya terdapat beberapa kategori dengan biaya variatif. Untuk itu, sangat penting dalam mengetahui beberapa kategori perjalanan ibadah ke tanah suci agar mengetahui batas kemampuan yang dimiliki.
 

Jenis-Jenis Paket yang Mempengaruhi Biaya Penyelenggaraan Haji dan Umroh

 
Pergi ibadah ke tanah suci biasanya akan lebih mudah melalui travel agen perjalanan khusus. Dari travel agen inilah biasanya menawarkan beberapa harga yang berbeda-
beda. Secara umum, mereka membagi dalam 3 kategori utama yang bisa dipilih.
 
1. Paket Haji Beserta Fasilitasnya
 
Perjalanan ibadah ke tanah suci merupakan sebuah impian besar bagi seluruh umat muslim di dunia. Di Indonesia sendiri, perjalanan ibadah jenis ini terbagi menjadi 3 kategori keberangkatan dengan biaya penyelenggaraan haji dan umroh bervariasi.
 
Jenis paket pertama untuk ibadah ini adalah “Haji Reguler”. Paket ini memiliki biaya yang paling terjangkau dibandingkan dengan jenis lainnya. Jika menggunakan paket ini, biasanya akan memiliki waktu beribadah paling lama di Arab sekitar 30 hingga 40 hari.
 
Paket perjalanan regular ini secara resmi dikelola oleh pemerintah sejak tahun 1971 dengan memasukan sistem antrian Bernama Siskohat. Cara perhitungan antrian ini berdasarkan total penduduk muslim setiap Kabupaten/Kota berdasarkan pembagian secara nasional.
 
Jenis yang kedua adalah “Haji Khusus”, sebelumnya dikenal sebagai ONH Plus. Paket ini memiliki biaya di atas Haji Reguler dengan waktu ibadah lebih singkat, yaitu sekitar 14 hingga 21 hari. Pendaftarannya masih terpusat di Kemenag, namun diorganisir oleh agen travel.
 
Biaya penyelenggaraan haji dan umroh untuk jenis ini dua kali lipat dibandingkan dengan jenis regular. Namun, fasilitas yang didapatkan pun cukup menarik. Biasanya manasik akan dilakukan di hotel khusus dan akan menginap di hotel berbintang di tanah suci.
 
Waktu tunggu yang diberikan juga tidak terlalu lama, karena memiliki kuota sekitar 17 ribu secara nasional. Pendaftarannya bukan lagi ke Kementerian Agama langsung, tetapi bisa melalui biro-biro perjalanan terdaftar.
 
Jenis perjalanan ibadah ke tanah suci yang terakhir adalah “Haji Khusus Non-Kuota”. Paket ini mengandalkan adanya pemberian visa haji dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Saudi Arabia. Kuota yang diberikan hampir setara dengan Haji Khusus tetapi resiko kegagalan berangkat cukup tinggi. 
 
2. Paket Umroh Beserta Fasilitasnya
 
Ibadah umroh juga memiliki beberapa paket perjalanan. Tidak jauh berbeda dengan haji, ibadah ke tanah suci jenis ini juga memiliki 3 jenis paket dengan fasilitas masing-masing. Biaya penyelenggaraan haji dan umroh dikategorikan berdasarkan fasilitas masing-masing. 
 
Pertama, Anda bisa memilih paket “Umroh Reguler” dengan rangkaian yang umum dan diperuntukan sebagai ibadah tunggal. Dalam paket ini, Anda akan menerima kegiatan umroh utama, yaitu tawaf, sa’i, dan tahallul. Setelah ziarah, Anda bisa langsung kembali pulang.
 
Kedua, terdapat paket “Umroh Plus Tour”. Jenis paket ini sangat cocok bagi yang menginginkan perjalanan ibadah sekaligus berlibur. Paket ini biasanya akan dimulai dengan perjalanan ibadah secara umum dan dilanjutkan dengan jalan-jalan setelahnya.
 
Ketiga, “Umroh VIP” menjadi pilihan untuk kelas nomor 1 dengan biaya penyelenggaraan haji dan umroh termahal. Dengan paket ini, Anda bisa menjalankan ibadah secara eksklusif dengan penerbangan kelas 1 dan menginap di hotel berbintang 5. 
 

Biaya Penyelenggaraan Haji dan Umroh Resmi dari Kementerian Agama

 
Biaya ibadah ke tanah suci ini biasanya bervariasi, khususnya untuk paket ibadah ke tanah suci non-reguler. Berdasarkan keputusan, pemerintah telah menetapkan biaya umroh minimal 28 juta rupiah di tahun 2022. Dari keputusan ini, bisa diperhitungkan untuk kelas lainnya.
 
Ditambah lagi dengan menurunkan kasus Covid dan pelonggaran peraturan dari pemerintah Arab Saudi, biaya penyelenggaraan haji serta umroh tersebut menurun dari tahun sebelumnya. Biaya karantina dan sejenisnya sudah terpotong.
 
Dalam menentukan paket perjalan ibadah, travel agen juga memiliki peranan yang penting. Agar ibadah lebih tenang dan nyaman, pilihlah agen perjalanan terdaftar dengan penawaran biaya penyelenggaraan haji dan umroh dengan fasilitas yang sesuai.