Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Buah Tangan Sepulang Haji yang Tidak Boleh Dilewatkan

Buah tangan sepulang haji adalah oleh-oleh yang biasanya diharapkan oleh para jamaah untuk keluarga yang menunggu kepulangan di tanah air. Buah tangan ini menjadi pemanis yang tidak boleh dilewatkan sepulang berhaji.
 
Dengan adanya buah tangan yang dibawa oleh jamaah, biasanya menjadi salah satu bukti bahwa seseorang tersebut telah melakukan ibadah di tanah suci. 
 
Buah tangan atau oleh-oleh ini tersedia di beberapa toko yang ada di Mekkah dan sekitarnya. Hampir sebagian besar seluruh jamaah selalu mendatangi toko-toko tersebut 
untuk membeli berbagai jenis oleh-oleh.
 
Bahkan ada beberapa buah tangan sepulang haji khas yang wajib dibawa sepulang dari tanah suci. Lalu apa saja oleh-oleh yang menjadi buah tangan sepulang dari Baitullah 
? Simak informasi berikutnya.
 

Buah Tangan Sepulang Haji yang Tidak Boleh Dilewatkan

 
Para jamaah haji biasanya akan membeli berbagai oleh-oleh di tanah suci setelah ibadah yang dilaksanakan selesai. Oleh-oleh ini akan dibawa ke tanah air untuk dibagikan ke keluarga dan sanak saudara, dan tetangga dekat.
 
Berikut beberapa buah tangan sepulang haji yang tidak boleh dilupakan untuk dibawa sepulang haji, berikut pembahasan lengkapnya.
 
1. Air Zam-Zam
 
Air Zam-Zam selalu menjadi buah tangan utama yang harus dibawa. Biasanya para jamaah tidak perlu menambah biaya lagi untuk mendapatkan air suci ini. Karena biasanya, 
uang yang telah digunakan untuk berhaji dialokasikan juga untuk buah tangan yang satu ini.
 
Atau jamaah mengeluarkan 10-15 real untuk mengganti botol yang digunakan untuk air ini. Biasanya ini berlaku di tempat lainnya. Air Zam-Zam juga memiliki beberapa keistimewaan, seperti dapat menyembuhkan penyakit bagi yang meminumnya.
 
2. Kurma
 
Buah tangan sepulang haji yang tidak boleh dilewatkan sepulang haji adalah kurma, makanan khas Arab yang banyak disukai di seluruh penjuru dunia.
 
Kurma memiliki bermacam jenis dengan keunggulannya masing-masing, namun kurma Ajwa cukup populer dikalangan jamaah, karena merupakan kurma Nabi SAW. Harganya juga lebih mahal dibandingkan kurma yang lain, karena memiliki ukuran yang lebih besar.
 
3. Kacang Arab
 
Kacang Arab biasanya sepaket dengan kurma, yang selalu menjadi buah tangan yang tak pernah ditinggalkan untuk dibawa sepulang dari tanah suci.
 
Camilan ini cukup digemari, karena dijual dengan harga yang terjangkau. Kacang yang sering dibeli oleh jamaah adalah kacang berwarna putih dengan ukuran kecil. Namun, ada beberapa jenis kacang lainnya, seperti Almond.
 
4. Kismis Arab
 
Kismis Arab tak pernah dilewatkan oleh jamaah haji, yaitu buah anggur yang dikeringkan. Sehingga membuat ukurannya menyusut kecil dan kering. 
 
Kismis memiliki serat, zat besi, mineral, pottasium, dan antioksidan yang menutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kismis dijual dengan harga yang cukup terjangkau, biasanya 1 kilonya dijual seharga puluhan ribu, tergantung jenisnya.
 
5. Parfum
 
Parfum khas Arab memiliki wangi yang khas, yang biasa dijadikan buah tangan sepulang haji dari tanah suci. Bahkan sebagian besar orang telah mengenal parfum Arab, karena keberadaannya cukup populer dan hampir selalu dijadikan buah tangan yang tak dilewatkan.
 
Aroma minyak wanginya disebut minyak Oud yang banyak digemari. Ada beberapa tempat yang cukup populer yang menyediakan parfum ini, seperti Abdul Samad Alqurashi yang memiliki parfum dengan kualitas yang bagus.
 
6. Kosmetik Khas Arab
 
Kosmetik Arab juga menjadi salah satu buah tangan sepulang haji yang jarang dilewatkan. Biasanya para jamaah membeli lipstik khas Arab dengan tutupnya yang berwarna hijau. Lipstik ini cukup digemari.
 
Meskipun warnanya merah, namun warna yang dihasilkan tidak terlalu mencolok, sehingga aman digunakan.
 
7. Tasbih
 
Tasbih adalah salah satu buah tangan yang sering dibawa oleh jamaah sepulangnya berhaji. Tasbih menjadi salah satu oleh-oleh yang jarang dilewatkan. Karena merupakan salah satu alat ibadah yang digunakan umat muslim untuk berdzikir mengingat Allah SWT.
 
Tasbih yang dijual di Arab ini memiliki warna dan manik-manik yang cukup beragam, yang menjadi salah satu kekayaan jamaah, sesuai dengan manik-manik yang dipilih, misalnya yang terbuat dari batu permata.
 
8. Sajadah
 
Sajadah juga merupakan salah satu buah tangan yang biasanya dibawa oleh jamaah sepulang berhaji, yang juga merupakan alat yang biasa digunakan saat melakukan ibadah shalat.
 
Sajadah ini biasanya terbuat dari kain yang memiliki motif khas Islam dengan warna dan coraknya yang beragam. Oleh-oleh ini menjadi buah tangan yang sangat bermanfaat, karena akan digunakan untuk ibadah.
 
9. Maamoul
 
Buah tangan yang satu ini mungkin belum dikenal oleh sebagian besar orang, namun Mamoul ini menjadi salah satu buah tangan yang menarik untuk dibawa, yang berupa roti khas Arab tentunya.
 
Roti ini berisikan kurma dengan rasanya yang manis, yang dijual dalam kemasan kotak dengan isi 12 biji roti.
 
Masih banyak oleh-oleh yang bisa dibeli oleh jamaah untuk dikonsumsi dan dibagikan ke keluarga dan sanak saudara di tanah air. Nantinya Anda misal memilih sendiri buah tangan sepulang haji yang tersedia di sana.