Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Cara Cek Daftar Tunggu Haji Via Online dengan Ponsel

Di era digital yang serba modern seperti sekarang bahkan calon jamaah bisa daftar haji secara online termasuk cek daftar tunggu haji menggunakan ponsel. Perlu diketahui bahwa menteri agama merilis inovasi baru untuk pelayanan kepada para jemaah.
 
Kementerian agama menyampaikan bahwa ada aplikasi untuk mendaftar haji secara online sehingga tidak perlu mendatangi kantor Kemenag kabupaten atau kota di mana hal ini membuat tahapan-tahapannya lebih singkat.
 
Sebaiknya para calon jamaah haji memang mengikuti perkembangan zaman. Di mana kini melakukan pendaftaran sangat simpel dan cukup menghemat waktu sekarang tidak perlu mendatangi tempat manapun.
 
Segala informasi mulai dari syarat hingga cek daftar tunggu haji pun bisa didapatkan secara online pula. Anda hanya perlu mengandalkan ponsel pintar berbasis iOS atau Android untuk menjalankan aplikasi tersebut.
 
Seperti yang diketahui bahwa ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam dan menjadi Ibadah wajib terutama untuk orang-orang yang mampu secara batin dan finansial. Jika dulunya banyak kendala yang dihadapi oleh para jemaah, kini sudah bisa diminimalisir.
 

Cara Cek Daftar Tunggu Haji Via Online

 
Seperti pembahasan di atas di mana Haji merupakan rukun Islam kelima dan merupakan salah satu yang wajib. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang mengirimkan jemaah terbanyak di dunia sehingga terkadang melalui banyak rintangan.
 
Banyaknya calon jemaah membuat ibadah mengalami banyak kendala terutama dalam hal menunggu waktu keberangkatan ke tanah suci yang pada akhirnya menjadi sangat lama karena kuota keberangkatan dengan orang-orang yang mendaftar tidak seimbang.
 
Tentu setiap orang yang sudah mendaftar haji baik itu online ataupun offline berharap bisa segera berangkat menunaikan rukun Islam tersebut. Sehingga sangat penting untuk melihat dan cek daftar tunggu haji dengan cara yang sebenarnya mudah yaitu:
 
1. Siapkan nomor porsi yang sudah didapatkan dari BPIH.
 
2. Kemudian buka situs website resmi Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umroh pada website haji.kemenag.go.id.
 
3. Kemudian buka halaman website dari Kemenag lalu masuk atau login dan daftar jika Anda pengguna baru.
 
4. Gulir terus ke bawah ketika Anda sudah masuk pada website tersebut untuk mencari kotak yang digunakan untuk menginput nomor porsi Anda.
 
5. Tahapan selanjutnya adalah menginput nomor porsi yang Anda miliki dan pada umumnya sebanyak 10 digit.
 
6. Kemudian klik cari dan nantinya Anda akan mendapatkan informasi mengenai perkiraan keberangkatan.
 
Perlu diingat bahwa sebaiknya Anda melakukan cek daftar tunggu haji secara berkala untuk memantau kapan Anda bisa segera menunaikan ibadah tersebut. Karena tentu lebih cepat lebih baik dan Anda menjadi lebih tenang.

Disclaimer dari Website Kemenag untuk Calon Jemaah

 
Cara-cara yang sudah disebutkan di atas sebenarnya sangat simpel apalagi jika Anda sudah memiliki ponsel pintar atau ponsel berbasis iOS dan Android. Sehingga mumpuni untuk mengakses situs yang sudah diberikan di atas yaitu situs Kemenag.
 
Anda tinggal ikuti saja step by step untuk melakukan pengecekan seperti yang sudah dibahas secara detail. Cek daftar tunggu haji bahkan bisa dilakukan kapanpun karena situs bisa diakses 24 jam nonstop.
 
Namun tetap saja ada beberapa disclaimer dari Kemenag mengenai aplikasi-aplikasi baru. Untuk melakukan pengecekan daftar tunggu haji yaitu perkiraan keberangkatan bisa saja berubah sesuai dengan perubahan kuota provinsi atau kabupaten.
 
Sehingga lebih baik melakukan pengecekan berkala agar terus update mengenai jadwal keberangkatan Anda. Karena biasanya perkiraan tersebut akan dihitung untuk jamaah yang belum batal atau belum berangkat.
 
Cek daftar tunggu haji setiap saat untuk memantau karena selama masa operasional biasanya dilakukan perubahan tahun awal menjadi tahun berikutnya. Untuk mengantisipasi keberangkatan jemaah yang melonjak.
 
Lalu jika seperti disclaimer ini, nomor porsi Anda mundur pada masa operasional. Maka Anda bisa cek kembali setelah masa operasional haji. Penting sekali memiliki nomor porsi karena bisa digunakan untuk melihat daftar tunggu.
 
Jadi ketika melakukan pendaftaran maka catatlah nomor porsi. Karena nomor tersebutlah yang nantinya bisa masuk atau login dalam kotak pada situs web haji.kemenag.co.id di mana nomor tersebut memiliki 10 angka.
 
Nomor porsi tersebut akan Anda dapatkan ketika melakukan pembayaran biaya haji, untuk setoran awal di bank yang akan dikeluarkan secara resmi oleh Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai penyelenggara agar calon jemaah bisa cek daftar tunggu haji dengan mudah.