Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Cara Cek dan Memilih Biro Haji dan Umroh Resmi

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan biro haji dan umroh, maka pastikan tidak terburu-buru. Hal ini karena, dikhawatirkan perjalanan ibadah yang akan Anda gunakan adalah penipu.
 
Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara cek biro haji umroh resmi yang telah terdaftar di Kementerian Agama. Informasi kali ini akan membahas cara cek dan memilih biro haji umroh yang tepat.
 

Cara Cek Biro Haji dan Umroh Resmi

 
Anda dapat langsung cek PPIU di website resmi Kementerian Agama. Pastikan travel haji dan umroh yang ingin Anda pilih memiliki pengalaman yang baik, izin resmi dan telah terdaftar di Kementerian Agama.
 
Ada beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan untuk mengecek biro yang digunakan sudah terdaftar secara resmi atau belum. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait cara cek biro, antara lain:
 
1. Pilih Travel yang Memiliki Legalitas Jelas
 
Perjalanan ibadah ke tanah suci resmi, tentunya akan mendaftarkan perusahaan di Kementerian Agama. Untuk dapat melakukan hal tersebut, ada beberapa syarat yang harus dilengkapi. Berikut sudah ada beberapa hal yang harus dipenuhi oleh biro travel umroh, antara lain:
 
Surat izin usaha pariwisata tetap
 
NPWP sebuah perusahaan
 
Surat keterangan domisili dari perusahaan
 
Tanda daftar perusahaan biro
 
Surat Keterangan dari Depag (Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh)
 
Surat Keterangan dari Menteri Kehakiman seperti Akta Pendirian Perusahaan
 
Sertifikat Lembaga Bisnis Syariah yang asalnya dari Dewan Syariah MUI
 
Sertifikat dari Anggota Amphuri
 
2. Cek PPIU untuk Legalitas 
 
Cara selanjutnya Anda harus memastikan legalitasnya. Anda bisa mengeceknya melalui PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh) secara online menggunakan website resmi Kementerian Agama. Di bawah ini sudah ada cara cek biro umroh resmi, yaitu:
 
Pertama, Anda harus mengunjungi alamat website Kementerian Agama di https://simpu.kemenag.go.id/. Setelah itu, nantinya akan muncul pencarian PPIU di halaman utama pada website tersebut. Berikutnya, ketik langsung nama perusahaan biro haji dan umroh yang akan Anda gunakan di kolom pencarian. 
 
Setelah itu, bisa pastikan ejaan namanya sudah benar karena hal tersebut akan berpengaruh pada hasil pencarian. Kemudian, akan muncul informasi mengenai keterangan izin dan akreditasi dari travel haji dan umroh tersebut.

Cara Memilih Travel Haji Umroh

 
Anda harus mempertimbangkan beberapa hal untuk mendapatkan jasa travel perjalanan terbaik dan terpercaya. Berikut ini sudah ada beberapa cara untuk memilih biro haji dan umroh terpercaya.
 
1. Pilih Travel yang Terdaftar di Kementerian Agama
 
Hal pertama, mengecek daftar travel yang telah terdaftar oleh Kementerian Agama. Hanya dengan mengecek travel mana saja yang telah terdaftar di Kementerian Agama.
 
Maka hal tersebut bisa menumbuhkan kepercayaan tersendiri pada travel tersebut. Anda bisa langsung mengecek travel umroh di website PPIU Kemenag.
 
2. Cek Alamat Kantor Travel dan Rekam Jejaknya 
 
Agar bisa memastikan travel tersebut ada atau tidak, maka bisa melakukan survei untuk membuktikan keberadaan travel yang nantinya akan dipilih. Anda juga bisa menilai biro haji dan umroh tersebut terpercaya dan berkualitas dengan cara melihat rekam jejaknya. 
 
Apabila travel tersebut resmi pasti akan ada website untuk keperluan promosi dan membagikan dokumentasi. Hal ini berkaitan dengan perjalanan para jamaah yang sudah menggunakan jasa travel tersebut. 
 
Anda juga bisa melihat tanggal didirikan travel tersebut kapan atau sesering apa menyelenggarakan ibadah umrah. Hanya dengan melihatnya maka bisa diketahui apakah travel tersebut berkualitas atau tidak.
 
3. Cek Harga Paket Perjalanan
 
Jangan terlalu tergiur dengan harga yang murah, karena Kementerian Agama sudah menetapkan harga pasti untuk seluruh perjalanan umrah. Jadi, bila ada travel yang mempromosikan harga dibawah yang ditetapkan oleh Kementerian Agama, maka travel tersebut sangat mencurigakan.
 
4. Cek Keberadaan Pembimbing
 
Setiap biro haji dan umroh terbaik dan terpercaya pasti sudah menyediakan pembimbing untuk menemani Anda saat menjalankan ibadah umroh. Kehadiran pembimbing sangat membantu Anda apabila merasa kebingungan atau kurang mengerti tentang rukun ibadah. 
 
Sehingga pembimbing akan langsung mengarahkan. Beberapa cara memilih travel umroh terbaik dan terpercaya di atas bisa menjadi panduan untuk Anda.
Pertimbangan yang tepat untuk bisa mendapatkan jasa travel terbaik dan berkualitas. Sehingga biro haji dan umroh bisa membuat perjalanan berjalan dengan lancar.