Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Cara Cek Travel Umroh Resmi dari Pemerintah, Jangan Sampai Tertipu

Mengetahui cara cek travel umroh resmi dari pemerintah yang terdaftar di Kementerian Agama (Kemenag) terbilang cukup penting untuk dikuasai. Hal ini bertujuan untuk membantu Anda agar terhindar dari berbagai tindak penipuan. 
 
Bagi Anda yang hendak menjalankan ibadah umroh ada baiknya memilih agen travel perjalanan yang resmi dari pemerintah. Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengetahuinya adalah dengan cek agen travel tersebut terdaftar di Kemenag atau tidak. 
 
Setidaknya ada lebih dari 900 biro perjalanan umroh di Indonesia. Cara cek travel umroh resmi dari pemerintah terbilang cukup mudah. Agen perjalanan yang terdaftar di Kemenag sudah pasti memiliki izin operasional dari pemerintah yang bersifat sah secara hukum.
 
Hal mendasar semacam ini sudah sepatutnya dipahami bagi setiap muslim di Indonesia. Terlebih lagi mengingat besarnya animo umat muslim di Indonesia untuk bisa menunaikan ibadah ke tanah suci terbilang cukup besar.
 
Cara Cek Travel Umroh Resmi dari Pemerintah
 
Langkah paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk cek agen resmi dari pemerintah adalah melalui situs resmi Kemenag di simpu.kemenag.go.id. Anda hanya perlu memasukkan nama agen umroh yang akan dicek statusnya. 
 
Apabila nama agen tersebut tidak muncul maka artinya tidak terdaftar dan belum memiliki izin resmi dari pemerintah. Berikut cara cek travel umroh resmi dari pemerintah atau tidak melalui website resmi Kemenag.
 
1. Kunjungi website simpu.kemenag.go.id.
 
2. Pilih opsi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU). 
 
3. Nantinya akan terserah beberapa peralihan dan Anda hanya perlu memilih opsi 'Pencarian Mendetail Berdasarkan Provinsi".
 
4. Masukkan nama provinsi sesuai dengan domisili. 
 
 
5. Langkah selanjutnya Anda hanya perlu memilih "Semua / Kantor Cabang / Kantor Pusat" yang diinginkan. 
 
6. Tekan dan cari PPIU.
 
7. Secara otomatis website resmi Kemenag akan menunjukkan nama PPIU beserta dengan kontak, nomor SK, alamat dan berbagai informasi mendetail dari penyelenggara perjalanan tersebut.
 

Keuntungan Menggunakan Travel Umroh Resmi dari Pemerintah

 
Setelah mengetahui cara cek travel umroh, Anda juga perlu tahu apa saja keuntungan yang bisa didapat jika menggunakan jasa perjalanan resmi dari pemerintah. Harga paket yang tidak murah mengharuskan Anda untuk memilih biro perjalanan terpercaya.
 
Bukan hanya mempertimbangkan harga yang tidak terlalu mahal dan mengutamakan kualitas saja. Anda juga harus memperhatikan lama masa tunggu, jumlah jamaah dan banyak kuota. Berikut beberapa keuntungan menggunakan jasa perjalanan resmi dari pemerintah.
 
1. Kepastian Tentang Tanggal Keberangkatan
 
Setelah mengetahui cara cek travel umroh resmi dari pemerintah keuntungan pertama adalah kepastian tanggal keberangkatan. Setelah melakukan pendaftaran Anda akan diberitahu tanggal keberangkatan dengan jadwal manasik. 
 
Banyak biro perjalanan yang menawarkan paket murah namun tidak berani langsung menawarkan kapan tanggal keberangkatan pastinya. Hal ini tentu akan sangat merugikan sebab uang sudah masuk namun belum ada kepastian resminya.
 
2. Menunaikan Umroh dengan Panduan Lengkap
 
Ibadah umroh dan haji merupakan jenis ibadah yang membutuhkan tenaga. Bahkan bisa dikatakan menjadi ibadah fisik karena hampir setiap kegiatannya menguras tenaga. Bagi para calon jemaah yang baru pertama kali tentu butuh pengenalan secara langsung. 
 
Jika mendaftarkan diri pada agen perjalanan terbaik mereka umumnya akan menjadwalkan kapan harus melakukan manasik umroh. Bahkan pakaian yang akan digunakan ke tanah suci juga sudah diatur dan tidak akan melanggar aturan yang sudah ditetapkan.
 
3. Hotel Berkualitas dengan Lokasi Terdekat
 
Menjalankan ibadah umroh memang terbilang cukup menyenangkan karena hampir seperti ibadah haji plus. Jika memilih biro perjalanan terbaik maka Anda akan tinggal di hotel bintang 4 yang lokasinya sangat dekat dengan Masjidil Haram. 
 
Bahkan jaraknya hanya berkisar beberapa meter saja. Keuntungan ini tentu akan sangat memudahkan para jamaah. Pada sisi lain agen perjalanan resmi juga akan memberikan layanan serta fasilitas terbaik di kelasnya.
 
4. Biaya Perjalanan Sudah Jelas
 
Biro perjalanan terbaik pasti akan selalu transparan kepada setiap jamaahnya. Termasuk dalam hal total biaya umroh, pasti akan disebutkan sejak awal. 
 
Waktu pelunasannya juga akan dijelaskan beserta besaran sesungguhnya sehingga tidak akan menimbulkan kecurigaan. Pada dasarnya setiap waktu pelunasan akan terjadi 
selisih harga karena kurs rupiah terhadap dolar mengalami perubahan setiap harinya
 
Agar bisa menjalankan ibadah dengan nyaman, sebaiknya pilih agen perjalanan terbaik dari Mabruk Tour. Setelah mengetahui cara cek travel umroh resmi dari pemerintah Anda bisa mendapatkan kejelasan tentang berbagai hal terkait dengan ibadah umroh.