Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Cara Daftar dan Cek Nomor Porsi Haji Berikut Ini

Indonesia sebagai negara dengan mayoritas muslim tentu mengharuskan Anda mendapatkan waiting list serta secara berkala melakukan cek nomor porsi haji. Hal ini dilakukan karena tiap tahunnya keberangkatan melalui Indonesia hanya tersedia sekian kuota namun tidak sebanding dengan pendaftar.

Anda dapat melakukan pengecekan nomor porsi setelah mendaftar di Kementrian Agama. Di Indonesia sendiri perkiraan waktu berangkat tiap kota berbeda-beda tergantung banyak pendaftar di daerah tersebut.

 

Cara Daftar dan Cek Nomor Porsi Perkiraan Berangkat Haji

Untuk Anda yang belum daftar dan ingin mendaftar dapat dilakukan melalui Kementrian Agama. Cara mendaftar dengan pembayaran setoran awal sebesar 25 juta ke Bank BPS.

Setelah itu calon jamaah akan mendapatkan bukti setoran awal Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji dan di situ dicantumkan nomor porsi dan setelahnya Anda sudah dapat melakukan cek nomor porsi haji untuk mengetahui tahun keberangkatan.

1. Melalui Website

Nomor porsi perkiraan berangkat ini terdiri dari 10 digit angka. Anda dapat mengetahui perkiraan tahun keberangkatan dengan cek nomor porsi haji secara online melalui situs Kementrian Agama.

Anda dapat mengisi nomor porsi pada formulir cek porsi lalu menekan tombol Cari. Namun demikian, perkiraan keberangkatan ini dapat berubah sesuai perubahan kuota provinsi atau kabupaten atau kota atau haji khusus dan perubahan regulasi.

Perkiraan keberangkatan ini juga hanya dihitung untuk jamaah yang belum batal atau belum berangkat melaksanakannya. Selama masa operasional haji akan dilakukan perubahan tahun awal menjadi tahun berikutnya sebagai antisipasi jamaah yang akan berangkat. 

Selesai masa operasional maka perkiraan berangkat semua jamaah yang belum batal atau belum berangkat dimulai dari musim keberangkatan berikutnya. Jika nomor porsi Anda mundur pada saat masa operasional maka silakan cek nomor porsi haji kembali setelah masa operasional selesai.

2. Melalui Aplikasi Haji Pintar

Selain melakukan cek nomor porsi melalui website, Anda juga dapat melakukan cek nomor porsi haji melalui sebuah aplikasi bernama Haji Pintar. 

Ini merupakan sebuah aplikasi mobile resmi dari Kementrian Agama Republik Indonesia untuk memudahkan calon jamaah mendapatkan informasi terkait penyelenggaraan ibadah haji.

Selain mendapatkan informasi, dengan aplikasi ini Anda dapat melakukan pendaftaran, cek jadwal keberangkatan hingga pelaksanaannya.

Cara cek nomor porsi haji melalui aplikasi yang pertama tentunya mengunduhnya melalui Play Store ataupun App store. 

Setelah selesai melakukan pengunduhan, silakan buka aplikasi tersebut dan memilih Informasi Jemaah Haji pada menu Pelayanan. Anda tidak perlu membuat akun jika ingin menggunakan aplikasi tersebut.

Selanjutnya pilih estimasi keberangkatan dan masukkan sepuluh digit angka nomor porsi Anda pada kolom yang ada. Setelah itu klik tombol Search. Setelah itu akan muncul informasi terkait keberangkatan berupa Nomor Porsi, Nama Calon jamaah, Kuota Provinsi atau Kabupaten atau Kota atau Khusus, serta estimasi keberangkatan.

Informasi Berangkat Haji dalam Fitur Haji Pintar

Di aplikasi ini juga terdapat fitur Pembinaan Haji seperti informasi manasik, doa-doa manasik, serta jadwal untuk melempar jumrah.

Selain fitur untuk cek nomor porsi haji terdapat pula Layanan Dalam Negeri berupa informasi pendaftaran, pembatalan, pelunasan, dokumen-dokumen, pelimpahan porsi, 
transportasi udara, rencana perjalanan, asuransi, serta asrama haji.

Terdapat pula fitur Layanan Luar Negeri berupa informasi akomodasi, konsumsi, peta akomodasi, transportasi, peta transportasi, serta peta Arofah dan Mina selama berada di Arab Saudi.

Selain itu di aplikasi ini juga ada Umroh dan Haji Khusus sehingga Anda dapat mengetahui mana saja daftar penyelenggara umroh atau PPIU serta travel haji dan umroh khusus yang memiliki izin resmi dari pemerintah sampai prosedur pelaksanaannya.

Dalam mendaftar, Anda dapat melakukannya sendiri ke Kementrian Agama sebagai calon jamaah reguler atau dapat melalui travel yang ada. 

Jika Anda mendaftar melalui travel maka bisa juga meminta tolong kepada travel tersebut untuk melakukan cek nomor porsi haji Anda. Anda dapat melakukan pendaftaran 
melalui Mabruk Tour Travel yang telah terbukti amanah.

Di Mabruk Tour Anda akan mendapatkan segala fasilitas terbaik. Selain itu terdapat beberapa pilihan yang dapat dipilih jika tidak ingin menunggu lama dalam keberangkatan serta dapat menyesuaikan budget Anda.

Anda dapat mencari informasi lebih lanjut melalui website kami. Tentu saja Mabruk Tour akan membantu segala kebutuhan Anda salah satunya dalam cek nomor porsi haji.