Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Cara Mandi Sunnah Ihram, Salah Satu Rangkaian Ibadah Mulia

Cara mandi sunnah ihram untuk ibadah penting agar diketahui serta dipahami para jemaah sebelum tiba waktunya keberangkatan. Ini merupakan adab yang harus dilakukan jemaah haji ataupun umroh dengan membersihkan diri.
 
Apalagi ihram termasuk ke dalam bagian dari rukun haji dan menempati posisi terpenting untuk rangkaian ibadahnya. Hal tersebut dikarenakan puncaknya berada pada saat wukuf, namun diperlukan adanya adab.
 
Sebelum jemaah hendak berihram nantinya, ternyata dianjurkan untuk membersihkan diri terlebih dahulu. Ini dijadikan sebagai hal yang diniatkan sebagai awalan, simak informasi selengkapnya dari kami supaya Anda semakin mengerti.
 
Berikut Lafal Niat Cara Mandi Sunnah Ihram
 
Dalam pelaksanaannya, niat itu dilakukan sebelum jemaah mulai melangsungkan ihram dan dimulai dari membaca niat. Ketentuan ini berlaku untuk ibadah haji serta umroh, sehingga jemaah dianjurkan untuk membersihkan diri.
قوله (ويستحب للحاج الغسل في عشرة مواضع للإحرام) ولو بالعمرة والقصد به لعبادة والتنظيف
 
 
Artinya:
“Perkataan, (jemaah haji untuk dianjurkan mandi pada 10 titik, yakni ketika ihrom dan seterusnya) meskipun ihrom umrah. Tujuannya ialah ibadah dan kebersihan”. (Lihat Syekh Ibnu Hajar, Hasyiyah Ibni Hajar alal Idhah)
 
Anda juga harus mengetahui seperti apa bacaan niat yang harus dilafalkan sebelum memulai mandi. Niat ini perlu dilafalkan sebagai salah satu tata cara mandi sunnah ihram yang benar dan sesuai.
نَوَيْتُ غُسْلَ الِإحرَام سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى
 
 
Artinya: “Saya berniat mandi ihram sunnah karena Allah SWT”.
 
Harus Tahu Tujuan Melakukan Mandi Sebelum Berihram
 
Membahas tentang ini, sudahkah Anda mengerti sebenarnya itu merupakan ibadah seperti apa? Jadi ihram merupakan suatu keadaan ketika seseorang sedang menjalankan ibadah haji atau umrah dan berniat mengerjakannya sampai tahalul.
 
Oleh karena itu, para jemaah dilarang untuk melakukan beberapa perkara pada saat mengerjakan ihram. Sehingga terbilang sakral dan tidak boleh main-main ketika Anda melakukan cara mandi sunnah ihram.
 
Namun, apakah Anda tahu sebenarnya apa tujuan dari melakukan mandi sebelum berniat ihram? Sesungguhnya tujuan pelaksanaan ini adalah soal ibadah dan kebersihan, tidak seperti Anda mandi sehari-hari.
 
Karena ini menyangkut atas ibadah yang akan dijalankan oleh jemaah yakni berihram. Jadi juga perlu diniatkan untuk beribadah kepada Allah SWT lewat salah satu rangkaian kemuliaan ibadah haji atau umrah. 
 

Cara Mandi Sunnah Ihram Seperti Adab Junub

 
Cara mandi sunnah ihram sebenarnya tak jauh berbeda dengan adab untuk mandi janabat. Ketika Anda sudah masuk ke dalam ruang toilet, langkah selanjutnya adalah mengabil air dan membasuh kedua tangan.
 
Basuhlah kedua tangan sampai tiga kali secara berturut-turut juga bergiliran. Kemudian bilas seluruh kotoran atau najis yang terdapat di seluruh bagian tubuh manusia. Tidak lupa untuk melafalkan niat sebelum membersihkan.
 
Niatkan kalau memang yang dilakukan adalah untuk ibadah kepada Allah SWT dan tetap menjaga kebersihannya. Rangkaian ibadah ini tidak boleh terlewatkan karena akan bertemu sang khalik.
 
Oleh karena itu, sebaiknya pastikan dahulu cara mandi sunnah ihram yang dilakukan oleh Anda sudah benar. Maka proses pelaksanaan tata cara sunnah berikutnya juga bisa dijalankan sesuai syariat dan ketentuannya.
 

Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Ketika Akan Berihram

 
Kamu juga perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum melakukan amalan dan persiapan terakhir di Madinah sebelum kembali ke Mekah. Diantaranya adalah sebagai berikut, simak penjelasannya di bawah ini.
 
1. Setelah sarapan, Anda bisa berpisah dan pamit kepada Rasulullah dengan berdoa dengan harapan dapat kembali lagi untuk beribadah lalu dianugerahkan ampunan serta meraih banyak pahala.
 
2. Para jemaah harus mempersiapkan barang bawaannya agar tidak tertinggal.
 
3. Melakukan sunnah ihram seperti memotong kuku, mencukur atau merapikan jenggot, kumis, serta bulu kemaluan.
 
4. Kemudian, dilanjutkan dengan membersihkan, cara mandi sunnah ihram sama halnya seperti mandi junub.
 
5. Menggunakan pakaian ihram untuk pria dan wanita.
 
6. Singgah di Bir Ali dan menjalankan sholat sunnahnya.
 
7. Miqat untuk memulai niat dahulu.
 
8. Melanjutkan perjalanan ke Mekah dan membaca kalimat talbiyah serta berzikir.
 
9. Perhatikan larangan selama berihram contohnya menggunakan pakaian berjahit, sepatu atau sandal menutup kaki, berkaus tangan yang menutup telapak tangan, dan lainnya.
 
Beberapa persiapan di atas perlu Anda ikuti secara berurutan karena ini berkaitan tentang ibadah. Cara mandi sunnah ihram menjadi salah satu rangkaian ibadah dalam melaksanakan rukun islam kelima.