Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Cara Menghindari Travel Umroh Bermasalah yang Perlu Anda Tahu

Bagi para calon jemaah, menghindari travel umroh bermasalah merupakan satu hal yang harus dilakukan. Saat ini sendiri memang ada banyak penyedia layanan tour dan travel untuk umroh, namun tidak semuanya berkualitas.

Beberapa travel umroh justru bermasalah dan akhirnya menyebabkan banyak jamaah yang gagal berangkat ke tanah suci. Penipuan yang seringkali dilakukan ini nyatanya masih cukup sering memakan korban

 

Cara Menghindari Travel Umroh Bermasalah

Dari sekian banyak kasus travel umroh bermasalah ini, sebenarnya ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari hal ini. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Pastikan Travel Memiliki Izin Resmi

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk menghindari travel umroh bermasalah adalah memastikan travel tersebut memiliki izin resmi. Jika tidak ada izin resmi, maka jangan pernah menggunakan jasa penyelenggaraan perjalanan ibadah umroh tersebut.

Cara untuk mengecek masalah izin ini juga cukup mudah. Anda bisa melakukannya dengan mengecek data lewat website Kemenag ataupun menggunakan aplikasi Umrah Cerdas yang bisa didownload di perangkat mobile.

2. Pastikan Masalah Jadwal

Cara lainnya untuk menghindari travel umroh bermasalah adalah dengan memastikan masalah jadwal. Penyelenggara perjalanan ibadah umroh yang resmi pasti sudah memiliki 
kuota untuk jamaah.

Sehingga mereka akan mudah menentukan kapan Anda akan berangkat. Bahkan mereka juga bisa memastikan waktu dan maskapai penerbangan yang akan digunakan.

3. Harga yang Wajar

Banyak penyedia perjalanan ibadah umroh yang memberikan promo harga, sehingga Anda bisa berangkat dengan harga yang sangat umroh. Namun sebaiknya, Anda cek terlebih dahulu tentang reputasi dari tour travel tersebut.

Akan lebih baik jika Anda berangkat dengan harga yang normal namun pasti terpercaya. Yang terpenting adalah jangan mudah tergiur hanya karena harga murah yang diberikan untuk Anda.

Masalah harga ini memang akan menentukan banyak hal, salah satu ya fasilitas yang akan Anda dapatkan. Jangan sampai hanya karena harga murah maka Anda tidak mendapatkan fasilitas yang baik.

Tips untuk mendapatkan harga yang baik dari travel terpercaya adalah rajinlah melakukan survey, lalu bandingkan harga dari beberapa travel tersebut. Bandingkan juga fasilitas apa saja yang nantinya akan Anda dapatkan.

4. Pastikan Kejelasan Fasilitas yang Diberikan

Setelah mendapatkan rincian tentang fasilitas yang akan Anda dapatkan, maka sebaiknya lakukan pengecekan terhadap semua fasilitas tersebut. Ini juga merupakan salah satu cara untuk menghindari travel umroh bermasalah.

Paling mudah misalkan, Anda bisa mengecek apakah hotel tempat Anda menginap nantinya memang benar-benar berada di alamat yang tepat. Jangan sampai masalah ini mengganggu ibadah Anda nantinya.

Selain itu pastikan fasilitas apa saja yang nantinya menjadi hak bagi para jamaah. Anda bisa menanyakan apa saja yang akan Anda dapatkan dan tidak. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman di kemudian hari.

Biasanya, penyelenggara perjalanan ibadah umroh yang sudah berpengalaman dan berkualitas akan memberikan penjelasan ini dengan sangat detail. Penjelasan ini juga termasuk apa saja yang harus Anda bawa nantinya.

5. Kejelasan Dokumen Pendukung

Hal lainnya yang juga perlu Anda pastikan guna menghindari travel umroh bermasalah adalah tentang dokumen pendukung. Ketika akan berangkat ke luar negeri, setidaknya 
masalah paspor dan visa harus sudah jelas.

Mulai dari siapa yang bertanggung jawab untuk membuat dokumen ini, bagaimana prosesnya, sampai siapa yang akan mengurus semua dokumen penting ini nantinya. Beberapa biro perjalanan berpengalaman biasanya menyediakan layanan yang akan mengurus semua dokumen ini.

6. Sistem Antrian

Beberapa biro travel umroh yang cukup terkenal biasanya menerapkan antrian keberangkatan. Hal ini terjadi karena banyaknya jamaah yang ingin berangkat ke tanah suci.

Hal ini sebenarnya tidak menjadi masalah selama Anda bisa mendapatkan jadwal keberangkatan dengan jelas dan pasti. Selain itu, pastikan terus jadwal tersebut, jangan 
sampai ada perubahan tanpa sepengetahuan Anda dan tanpa alasan yang jelas.

Dengan memilih travel umroh yang berpengalaman, maka hal ini juga bisa menjadi salah satu cara agar ibadah Anda lancar. Jika Anda masih mencari travel resmi dan berpengalaman, maka pilihan tepat bisa jatuh ke Mabruk Tour.

Kami merupakan penyedia layanan umroh yang sudah sangat berpengalaman dan memiliki kualitas sangat baik. Untuk anda yang menghindari travel umroh bermasalah, maka Mabruk Tour adalah pilihan yang tepat.