Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Cara Menjadi Haji Mabrur yang Wajib Dijalankan

Cara menjadi Haji Mabrur bisa menjadi panduan bagi Anda sesuai dengan tujuan perintah haji. Seorang haji yang mabrur berarti sudah berhasil mencapai tujuan dari diperintahkannya ibadah haji, yakni kembali suci. 

Jadi haji mabrur ini termasuk seseorang yang beriman, serta patuh kepada Allah SWT. Bahkan diharapkan Anda berakhlak jauh lebih baik bila dibandingkan sebelum berhaji.

 

Cara Menjadi Haji Mabrur yang Wajib Dijalankan

Setiap orang yang hendak pergi untuk menunaikan ibadah haji pasti ingin mendapatkan haji mabrur. Berikut ini sudah ada beberapa cara menjadi Haji Mabrur, antara lain:

1. Meluruskan Niat untuk Mendapatkan Predikat Haji Mabrur

Segala sesuatu sebenarnya tergantung dari niatnya. Untuk bisa mencapai haji yang mabrur, Anda harus bisa meniatkan diri berangkat haji hanya beribadah pada Allah SWT. 

Ibadah haji yang dilakukan harus mencerminkan keikhlasan dan semata-mata untuk bisa memenuhi panggilan dan hanya mengharap ridho dari Allah SWT. Jadi jangan sampai Anda salah niat karena hanya ingin dipanggil sebagai “pak haji”.

2. Gunakanlah Harta Halal untuk Biaya Naik Haji

Anda harus bisa menggunakan harta yang halal pada saat naik haji. Allah tidak bisa menerima ibadah seseorang bila tidak menggunakan jalan yang halal. Oleh karena itu, pastikanlah harta yang digunakan untuk haji tidak berasal dari harta yang haram.

3. Beribadah dengan Sikap Ihsan

Beribadah dengan sikap ihsan berarti beribadah seperti melihat Allah. Oleh karena itu, Anda harus selalu berusaha untuk mengingat Allah setiap waktu. Hanya dengan mengingat Allah, niscaya Anda bisa beribadah dengan lebih khusyuk dan khidmat.

4. Jauhkanlah Diri dari Rafats, Fusuq, dan Jidal

Menjauhi larangan Allah, seperti rafats, fusuq, maupun jidal merupakan Cara menjadi Haji Mabrur yang wajib Anda lakukan. Rafats berarti berbicara mengenai hal-hal yang tidak berguna atau kata-kata kotor. 

Fasik termasuk perbuatan yang melanggar ketaatan kepada Allah. Sementara itu, jidal berarti sikap berbantah-bantahan, bertengkar, serta baku hantam. 

Ketika sifat tercela ini harus benar-benar Anda hindari. Hal ini agar saat pulang haji sifat Andalan semakin baik dibandingkan sebelumnya.

5. Memperbanyak Berbuat Baik Selama Perjalanan Ibadah Haji

Selama di perjalanan atau pelaksanaan ibadah haji, Anda harus bisa memperbanyak berbuat. Mulai dari sesama dengan bersedekah, dan menolong orang lain. 

Selain itu, juga bisa berbagi perbekalan bersama jamaah haji yang lain, dan mengalah demi kepentingan orang yang lebih membutuhkan. Hal ini juga bisa menjadi cara menjadi Haji Mabrur.

6. Berlaku Sabar dan Banyak Bersyukur

Ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang berat dan menguras emosi. Terkadang ada hal yang akan membuat para jamaah haji lebih merasa lelah. 

Cara menjadi Haji Mabrur, bisa usahakan selalu tetap berlaku sabar serta memperbanyak syukur. Dengan selalu abar dan syukur, Allah pasti akan selalu memudahkan urusan selama berada di Tanah Suci. Selain itu, rahmat Allah bisa datang bila hamba-Nya sabar dan bersyukur.

7. Tidak Berlebihan dalam Berinteraksi dengan Lawan Jenis

Saat Anda sudah berada di Mekkah untuk menunaikan ibadah haji, maka harus selalu membatasi diri. Hal ini tentunya agar tidak berlebihan bergaul dengan lawan jenis yang bukan mahram.

8. Rendahkan Diri di Hadapan Allah

Dalam menunaikan ibadah haji, Anda harus bisa berusaha menjaga keikhlasan dalam beribadah. Caranya cukup merendahkan diri di hadapan Allah SWT.

9. Hindarilah Pungutan Liar

Agar bisa menghindari sesuatu yang haram selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. Maka Anda harus bisa berusaha menghindari pungutan liar seperti ini 

Hal ini sebenarnya biasa terjadi pada penambahan ongkos kendaraan, maupun penambahan biaya hewan untuk dam atau qurban. Cara menjadi Haji Mabrur ini sebenarnya cukup mudah Anda lakukan.

10. Jalankan Seluruh Rangkaian Ibadah Haji Sesuai Tuntunan Rasulullah

Dalam menjalankan ibadah haji, Anda juga harus melaksanakannya sesuai dengan ilmu manasik yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Anda tidak boleh membuat sendiri atau hanya ikut-ikutan dalam menjalankan tata cara ibadah haji.

Beberapa cara yang ada diatas tentu saja bisa Anda terapkan dengan mudah. Cara menjadi Haji Mabrur ini bisa Anda lakukan ketika sedang ibadah di Tanah Suci.