Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Cara Umroh Sesuai Sunnah Sebelum Anda Berangkat ke Tanah Suci

Cara umroh sesuai sunnah hendaknya dipahami dan juga diketahui oleh setiap muslim. Baik yang ingin melaksanakan ibadah tersebut ataupun yang sedang belajar untuk memahami tata urutan umroh yang tidak bertentangan dengan sunnah.
 
Bagi setiap muslim memahami ilmu terlebih dahulu sebelum mengamalkan suatu ibadah adalah hal yang wajib. Karena syarat diterimanya amalan seseorang adalah dengan tertib terhadap rukun dan caranya.
 
Pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan jika Anda hendak berangkat untuk ibadah umroh ataupun sedang mempelajari ilmunya. Apa saja cara umroh sesuai sunnah yang tepat? Simak ulasan ini.
 

Persiapan untuk Berangkat ke Baitullah

 
Mempersiapkan diri adalah bagian dari Cara umroh sesuai sunnah telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Berbagai hadist dan panduan telah banyak tersebar untuk dipelajari dan di amalkan oleh umatnya. Sehingga tata cara tersebut tidaklah sulit untuk dicari.
 
1. Persiapan secara Batin
 
Persiapan secara batin meliputi banyak hal termasuk didalamnya hanya Anda dan Allah SWT saja yang mengetahui. Tetapi hendaknya melakukan persiapan cara umroh sesuai sunnah berikut ini.
 
Niat yang lurus dan ikhlas karena Allah, karena tidak akan diterima suatu amalan tanpa adanya niat yang ikhlas karena Allah semata.
 
Menjaga lisan dari ucapan kotor, hal ini sangat berguna untuk kebersihan hati. Karena semakin banyak berkata kasar hati akan semakin kotor.
 
Memaafkan orang lain dan meminta maaf atas kesalahan diri sendiri. Hal ini menjadi penting karena untuk melepaskan beban yang akan dibawa menuju tanah suci.
 
Mendekatkan diri dengan ibadah-ibadah sunnah seperti shalat sunnah, puasa sunnah dan juga sedekah.
 
Cara umroh sesuai sunnah lainnya adalah dengan mempersiapkan hati yang mantap ketika berangkat ke tanah suci dengan menanamkan keyakinan yang kuat.
 
2. Persiapan secara Lahir
 
Persiapan lain untuk cara umroh sesuai sunnah ialah dengan menyiapkan keperluan lahir ataupun hal yang bersifat materil. Diantaranya sebagai berikut.
 
Mempersiapkan bekal dana yang cukup, hal ini sangatlah penting karena umroh membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk bisa berangkat ke tanah suci.
 
Menyiapkan kesehatan tubuh seperti rajin berolahraga dan juga memakan makanan yang bernutrisi.
 
Melunasi hutang yang dimiliki, karena lebih baik membayar hutang terlebih dahulu daripada berangkat untuk beribadah umroh.
 
Jadi, hendaknya Anda mempersiapkan kedua hal tersebut baik secara lahir maupun batin agar dapat beribadah ditanah suci dengan tenang serta dapat melaksanakan cara umroh sesuai sunnah.

Cara Umroh Sesuai Sunnah yang di Anjurkan

 
Terdapat beberapa tata cara umroh sesuai sunnah yang di anjurkan di antaranya adalah membersihkan diri sebelum melaksanakan ibadah tersebut.
 
1. Sebelum menggunakan pakaian ihram hendaknya Anda memotong kuku, rambut, jenggot, kumis dan bulu lainnya yang terdapat pada tubuh.
 
2. Mandi dengan sempurna dengan membasahi seluruh celah tubuh seperti sela jari, kuku, ketiak dan sela lainnya yang terdapat kotoran-kotoran.
 
3. Setelah mandi gunakan wewangian terbaik yang Anda miliki. Gunakan sunscreen, pengharum dan lainnya. Namun yang harus diperhatikan adalah hal ini tidak dapat dilakukan setelah ihram.
 
4. Gunakan pakaian ihram dengan sempurna bagi laki-laki dan perempuan. Pakaian perempuan lebih banyak daripada laki-laki seperti menggunakan kain untuk shalat fardhu dan menutup rapat kaki.

Rukun Umroh yang Wajib Diketahui

 
Sebagaimana ibadah lain, umroh juga memiliki rukun atau urutan yang harus Anda ketahui. Jika terlewat salah satunya maka ibadah akan tertolak dan tidak sempurna.
 
1. Ihram
 
Ihram dimulai dengan menggunakan pakaian ihram dan juga menentukan niat untuk beribadah umroh. Jika niat sudah dilakukan maka terdapat berbagai macam larangan yang tidak boleh dilanggar.
 
2. Tawaf
 
Mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali adalah hal yang wajib dalam rukun umroh. Hendaknya Anda memanjatkan banyak doa pada saat ini.
 
3. Sa’i
 
Berlari kecil antara bukit shafa dan marwah merupakan rukun selanjutnya dari ibadah umroh. Tidak ada doa khusus pada bagian ini tetapi dianjurkan memperbanyak doa.
 
4. Tertib Rukun
 
Menjalani rukun dari awal hingga akhir merupakan syarat sah nya ibadah umroh yang Anda lakukan. Jadi, sebaiknya Anda memahami apa saja rukun ibadah ini dari awal sampai dengan akhir.
 
Cara umroh sesuai sunnah di antaranya adalah menyempurnakan persiapan, melakukan tata cara sebelum melakukan ibadah dan juga melaksanakan rukun yang ditentukan.