Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Cara untuk Memulai Bisnis Travel Haji dan Umroh Bagi Pemula

Bisnis travel haji dan umroh merupakan salah satu bisnis yang masih layak serta pantas untuk Anda pertimbangkan. Pasalnya, potensi jemaah ingin menjalankan ibadah haji dan umroh sangat besar di Indonesia. 
 
Terlebih lagi, Indonesia merupakan salah satu Negara yang jemaahnya paling banyak dalam urusan menjalankan ibadah ke tanah suci. Sehingga, bisnis ini berkembang dengan sangat pesat. 
 
Anda bisa memulainya dengan mempelajari terlebih dahulu cara-cara untuk memulai bisnis ini. Dengan begitu, usaha untuk menjalankan bisnis ini menjadi lancar dan mudah.
 
Bagi yang sudah berkecimpung pada dunia travel tour, mungkin untuk menjalankan bisnis yang satu ini bisa dilakukan dengan mudah. Akan berbeda kalau Anda adalah pemula 
dalam menjalankan bisnis ini. 
 

Langkah-langkah Memulai Bisnis Travel Haji dan Umroh

 
Apabila benar-benar pemula dan ingin menjalankan bisnis ini, Anda bisa memulainya dengan menjadi agen dari suatu agent travel yang bergerak pada sektor haji dan umroh seperti Mabruk Tour. 
 
Sehingga, sebelum menjalankan bisnis travel haji dan umroh sendiri, Anda sudah memiliki pengalaman dalam menjalankan bisnis biro perjalanan tersebut. Berikut beberapa langkah yang perlu diketahui, ketika Anda ingin memulai bisnis travel haji dan umroh. 
 
1. Menyiapkan Modal
 
Bisnis travel haji dan umroh terbilang cukup besar bagi pemula. Karena, kisaran modal yang dibutuhkan ratusan juta bahkan milyaran. 
 
Dengan modal besar ini, akan dialokasikan pada beberapa keperluan dasar dari sebuah biro perjalanan. Seperti:
 
Deposit minimal yang sudah ditetapkan oleh Kementrian Agama. Besarannya bisa langsung dicari tahu di laman resmi Kemenag RI
 
Menyewa tempat usaha di tempat strategis. Biasanya, biro perjalanan menyewa ruko sebagai kantor pelayanan. 
 
Pengadaan berbagai macam perlengkapan kantor
 
Deposit ke beberapa mitra. Seperti, maskapai penerbangan, katering, penginapan, dan lain sebagainya. 
 
Perizinan. Pada suatu agent travel, perizinan menjadi hal yang sangat penting. Guna membangun reputasi biro perjalanan itu sendiri.
 
Perlengkapan untuk promosi, mulai dari brosur, spanduk, dan lain sebagainya. 
 
Dan lain-lain
 
2. Mempersiapkan Tempat Usaha
 
Tempat usaha menjadi bagian penting untuk menjalankan bisnis travel haji dan umroh. Bagi Anda yang baru ingin memulai bisnis ini, ada baiknya untuk menahan diri terlebih dahulu. 
 
Hal ini dikarenakan, investasi di tempat usaha terbilang cukup menguras biaya. Alih-alih ingin bisnis berjalan dengan baik, malah merugi. Anda bisa menyewa tempat usaha sebagai langkah awal, sebelum nantinya sudah mampu untuk membeli satu tempat usaha sesuai keinginan Anda. 
 
Perlu diingat, tempat usaha yang dipersiapkan mesi di tempat yang strategis. Sehingga, calon konsumen bisa dengan mudah menyambanginya. 
 
3. Mengurus Legalitas Usaha
 
Legalitas usaha sangat diperlukan dalam menjalankan bisnis travel haji dan umroh. Hal ini berkaitan dengan calon konsumen serta aparat pemerintah yang mengurus biro perjalanan. 
 
Legalitas untuk biro perjalanan ini bisa Anda urus di Kementrian Agama. Selain itu, Anda juga harus mengurus izin usaha lainnya. Seperti, mendirikan PT, lokasi usaha, NPWP, juga lain sebagainya. 
 
Dengan memiliki legalitas usaha yang lengkap, kredibilitas perusahaan Anda tentunya semakin terjamin. Sehingga, orang-orang yakin dengan perusahaan Anda. 
 
4. Melakukan Promosi
 
Bagian penting lainnya dalam menjalankan bisnis travel haji dan umroh adalah promosi. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, Anda bisa melakukan promosi diberbagai macam media.
 
Anda bisa melakukan promosi di sosial media sebagai langkah awal. Ada banyak medium yang bisa digunakan. 
 
Pada saat promosi, perlu untuk memberikan kelebihan yang ditawarkan. Sehingga, calon konsumen Anda tertarik dan menggunakan biro perjalanan Anda untuk menjalankan ibadah haji dan umroh. 
 
5. Membuat Website Perusahaan
 
Keperluan untuk mengetahui perusahaan Anda bergerak pada sektor apa, maka perusahaan memerlukan sebuah website profesional.
 
Selain sebagai sarana promosi, website juga bisa dijadikan rekam jejak perusahaan. Sehingga, orang yang ingin menggunakan biro perjalanan Anda merasa aman. 
 
Kecepatan pencarian informasi, menjadi latar belakang kenapa suatu perusahaan membutuhkan sebuah website. Hanya dengan menggunakan gadget saya, semua informasi bisa didapatkan. Anda bisa bergabung dan berkerja sama dengan Mabruk Tour. 
 
Maka dari itu membuat sebuah website yang profesional, menjadi langkah yang harus dilakukan dalam menjalankan bisnis travel haji dan umroh.