Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Ciri-Ciri Agen Umrah Penipuanan, Hindari Modus Penipuannya

Momentum ini banyak dimanfaatkan oleh agen umrah penipuan untuk mencari korban jemaah yang akan melaksanakan ibadah umrah untuk mencari keuntungan dengan cara tidak baik. Jadi untuk mendukung ibadah umrah jemaah alangkah baiknya memilih perusahaan travel umrah yang dapat menjamin keberlangsungan ibadah saat dikota suci.

Penipu bisa mengambil uang korban bernilai puluhan juta tanpa paksaan, namun dengan cara menipu korban dengan meng iming-imingi keuntungan jika menggunakan jasa travel umrah yang mereka janjikan.

Para agen bodong banyak menggunakan modus penipuan yang digunakan untuk mengelabui korban, maka dari itu jemaah harus pintar-pintar memilih perusahaan travel dengan cara memastikan keaslian agen travel. Mabruk Tour merupakan salah satu contoh agen travel umrah terpercaya yang sudah bersertifikat resmi dari Kementrian Agama RI.

 

Ciri-Ciri Agen Umrah Penipuan

Sebelum menentukan perusahaan umrah yang akan dipakai untuk perjalanan dan keperluan handling ibadah umroh Anda, kenali terlebih dahulu dan cari tau apakah agen tersebut memiliki izin usaha dan sertifikat resmi.

Selain itu pastikan juga perusahaan tersebut bukan agen bodong yang meniru agen resmi untuk mengelabui korban. Berikut kami jelaskan beberapa ciri untuk bisa Anda gunakan sebagai acuan.

1. Tidak Memiliki Sertifikat Resmi dan Izin Usaha

Pastikan perusahaan yang Anda pilih bukan agen umrah penipuanan, cara mengetahuinya dengan meminta menunjukkan sertifikat resmi dan isin usaha dari Kementian Agama RI. Anda dapat melakukan pengecekan perusahaan yang memiliki izin resmi melalui dirgen AHU secara online melewati website resminya yaitu ahu.co.id.

Cek semua yang berkaitan dengan agen travel supaya tidak terjadi penipuan, dan jangan berikan uang Anda terlalu cepat.

2. Tidak Memiliki Kantor dan Menggunakan Alamat Palsu

Jika ada yang menawarkan travel umrah segera tanyai alamat resmi kantor untuk bisa dikunjungi oleh Anda. Jika sudah diberi alamat lengkapnya, lakukan pengecekan apakah alamat tersebut merupakan alamat yang benar menunjukkan kantor dari perusahaan atau bukan.

Anda bisa melakukan pengecekan terhadap alamat kantor resmi melewati hp dengan mencarinya di google atau google maps. Anda juga dapat mengunjungi secara langsung jika alamat tidak jauh dari tempat tinggal Anda sekarang.

3. Tidak Memiliki Website Resmi

Ciri-ciri agen umrah penipuanan yaitu menggunakan website tiruan kepada website resmi. Dengan zaman serba canggih tentu setiap perusahaan memiliki website usaha untuk mempermudah pelanggan melakukan konsultasi.

Cek apakah domain yang digunakan agen adalah website benar atau website tipuan, karena penipu akan mendesain situs asli sedemikian rupa mirip agar korban tidak mengenalinya.

Beberapa Modus Penipuan Agen Umrah

Modus penipuan adalah segala cara yang digunakan oleh pelaku kejahatan agar berhasil memperdaya korbannya. Dalam kasusnya pelaku melakukan beberapa trik agar korban menyerahkan uangnya tanpa paksaan.

Perhatikan beberapa modus dari agen umrah penipuan yang kini marak beredar dimedia iklan, masa, maupun cetak, berikut kami rangkum modus terbarunya.

1. Menawarkan Harga Murah yang Tidak Wajar

Walaupun Anda menginginkan harga murah namun ketahuilah berapa harga wajar yang dikeluarkan untuk mendaftar pada agen umrah. Jangan tergiur tawaran murah dan dijanjikan berangkat umrah tepat waktu.

Untuk harga normal agen travel umrah yaitu berkisar kurang lebih antara 25 juta sampai dengan 30 juta tergantung paket yang Anda pilih. Pemilihan paket akan mempengaruhi fasilitas yang Anda dapatkan. Jadi jangan tergiur dengan harga travel perjalanan umrah murah seperti contoh harga dibawah 15 juta rupiah.

2. Membayar Uang di Awal dengan Menjanjikan Pemberangkatan dalam Jangka Waktu Tertentu

Perlu diketahui bahwa pemberangkatan umrah berbeda dengan pemberangkatan ibadah haji. Jika haji memerlukan puluhan tahun agar dapat berangkat ke tanah suci, umrah tidak perlu menunggu waktu tertentu.

Terkecuali memang pemberangkatan dari penipuan travel tersebut sedang menumpuk dan padat. Maka tinggal menunggu jadwal giliran pemberangkatan Anda. Jadi jika Anda mendapatkan agen yang menjanjikan pemberangkatan dalam jangka waktu tertentu atau bahkan tahunan maka agen tersebit bisa saja salah satu agen umrah penipuan.

3. Menggunakan MLM atau Pendaftaran Lewat Perantara

Pendaftaran melewati perantara bisa menjadi modus terbaru, uang yang Anda titipkan belum terjamin akan sampai kepada agen travel resmi yang Anda akan gunakan. Kementrian Agama RI juga sudah meninjau untuk jangan menggunakan agen yang menggunakan konsep MLM.

Jikalau Anda terdaftar juga nantinya akan ada biaya pihak ke 3 atau biaya untuk perantara. Jadi alangkah baiknya jika mendaftar langsung datang ke kantor resmi atau melewati website resmi yang dimiliki oleh perusahaan travel umrah.

Pilih saja agen travel Mabruk Tour yang tepercaya. Dengan kenali ciri-ciri agen umrah penipuan dengan cara melihat aspek perizinan yang dimiliki oleh perusahaan, selain itu juga hindari modus penipuan karena marak dilakukan di mana saja.