Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Ciri Travel Haji Berkualitas, Pahami Sebelum Memilih

Terdapat beberapa ciri travel Haji berkualitas yang perlu diketahui para calon Jama’ah Haji. Saat ini banyak sekali beredar biro travel haji dan umroh, tapi tidak semua jasa memiliki kualitas baik.
 
Bahkan tidak jarang saat ini beredar biro jasa palsu yang perlu diwaspadai. Maka dari itu penting bagi Anda calon jama’ah untuk mengetahui apa saja ciri-ciri biro jasa yang benar-benar berkualitas.
 
Agar tidak salah pilih dan ibadah bisa menjadi lebih nyaman serta aman. Apalagi susah bagi orang awam untuk mengetahui mana biro palsu dan mana biro berkualitas. Itulah pentingnya mengetahui ciri-cirinya.
 

Beberapa Ciri Travel Haji Berkualitas

 
Saat ini banyak beredar biro jasa palsu yang perlu diwaspadai sebelum memilih. Agar tidak terkecoh, berikut ini beberapa ciri dari biro travel berkualitas yang layak dijadikan pilihan, antara lain :
 
1. Tidak ada sistem MLM
 
Ciri travel Haji berkualitas pertama adalah tidak menerapkan sistem MLM di dalam pelayanannya. Sistem MLM akan memberikan bonus atau potongan harga kepada para Jama’ah apabila berhasil menarik orang untuk bergabung.
 
Namun, untuk bisa mendapatkan bonus atau potongan harga, ada target yang perlu dicapai. Bonus akan semakin besar, apabila orang yang diajak tadi bisa mengajak orang baru begitu seterusnya.
 
2. Kantornya jelas
 
Sebuah travel Haji berkualitas pasti memiliki sebuah kantor yang jelas alamat serta keberadaannya, dapat ditelusuri dengan mudah. Maka, sebagai calon Jama’ah, penting untuk mencari tau di mana kantor utamanya.
 
Sebelum mendaftar di kantor cabang, periksa bagaimana surat perizinan badan usahanya. Untuk mengantisipasi jika terjadi masalah di kemudian hari. Jadi, Anda dapat mendatangi kantor utama untuk mengatasi masalah tersebut.
 
3. Terdaftar di Kementerian Agama
 
Semua perusahaan biro haji dan umroh wajib untuk mendaftarkan bironya ke Kementerian Agama, agar dapat memperoleh surat izin resmi. Setiap 3 tahun sekali surat ijin 
itu harus diperpanjang.
 
Anda tidak perlu bingung mencari tau mana biro jasa yang sudah terdaftar resmi di Kementerian Agama. Anda cukup memeriksa lewat websitenya atau bisa juga datang langsung ke kantor daerah Kemenag.
 
4. Memiliki reputasi baik
 
Sebuah travel Haji berkualitas tidak akan memiliki rekam jejak buruk. Lewat rekam jejak, akan terlihat bagaimana kualitas dari pelayanannya serta bagaimana tingkat kepuasan dari pelanggan.
 
Anda wajib untuk memilih biro travel yang memang benar-benar mempunyai reputasi baik. Di mana perusahaan tersebut tidak pernah mendapat keluhan dari pelanggan atau masalah dengan pihak lain.
 
Di mana pihak travel tersebut tidak pernah mendapat keluhan pelanggan. Atau bahkan masalah dengan pihak ke lain.
 
5. Cek keaslian VISA
 
Salah satu cara mengetahui apakah biro tersebut benar-benar berkualitas adalah dengan mengecek keaslian status VISA. Sebab, hal tersebut adalah bentuk kelegalitasan Anda dalam menjalankan ibadah haji. 
 
Keaslian VISA dapat dikonfirmasikan ke pihak PPUI. Hal tersebut berkaitan dengan kejelasan status yang akan diperoleh dari pemerintah Arab Saudi. Sebab Anda akan batal berhaji apabila VISA tidak sesuai.
 
6. Transparansi biaya paket
 
Ciri berikutnya adalah berani memberi kepastian tentang biaya keseluruhan yang akan ditanggung oleh para calon jama’ah. Sudah ada perhitungan yang sangat jelas di awal terkait segala biaya.
 
Mulai dari biaya keberangkatan, kepulangan, konsumsi, penginapan dan sebagainya. Artinya telah ada standar harga dari perusahaan biro tersebut, jadi tidak sampai ada tambahan harga lagi nantinya.
 
7. Menyediakan fasilitas terbaik
 
Travel Haji berkualitas tentunya akan menyediakan segala fasilitas yang berkualitas pula. Pastikan, bahwa harga yang ditawarkan sesuai dengan fasilitas yang diberikan oleh pihak travel tersebut. 
 
Perlu diingat, jangan mudah tergiur dengan penawaran palsu yang menggiurkan. Seperti misalnya tawaran harga murah dengan fasilitas bintang lima. Padahal, harga haruslah sesuai dengan fasilitasnya.
 
8. Harganya masuk akal
 
Tidak jauh berbeda dengan pembahasan sebelumnya, travel Haji berkualitas pastilah menawarkan harga yang masuk akal. Maksudnya masuk akal di sini, tidak terlalu jauh dari batas yang ditetapkan Kemenag RI.
 
Apabila harga yang ditawarkan mahal, tentu harus sesuai juga dengan fasilitasnya. Tidak masalah apabila biro tersebut menawarkan harga di bawah batas. Asal tidak terlalu jauh, masih tidak masalah.
 
Dengan mengetahui beberapa ciri di atas, akan membantu Anda terhindar dari biro travel palsu. Kini, Anda tidak perlu bingung mencari biro travel berkualitas, Anda bisa gunakan biro travel kami, Mabruk.
 
Mabruk merupakan biro travel berkualitas dan juga terpercaya. Telah berpengalaman memberangkatkan puluhan Jama’ah haji. Jadi, bila Anda mencari biro travel Haji berkualitas, Mabruk adalah pilihan tepat dengan mengunjungi https://www.mabruk.co.id .