Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Daftar Buah Tangan Haji untuk Dibagikan di Tanah Air

Ada beberapa daftar buah tangan haji untuk dibagikan di tanah air yang pastinya sudah menjadi kewajiban bagi para jamaah haji untuk membawanya pulang.
 
Terdapat banyak pasar yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk membeli berbagai buah tangan tersebut baik di Makkah, Madinah, ataupun di Jeddah. 
 
Bahkan di tempat tersebut terdapat pusat oleh-oleh terkenal dan populer yang banyak dikunjungi para jamaah haji seluruh dunia. Seperti di Madinah ada pasar kurma Souq Al Tumor, di Thaif ada pasar tradisional Souq Okaz, di Makkah ada pasar Jaafaria dan lainnya.
 

Daftar Buah Tangan Haji untuk Dibagikan di Tanah Air

 
Berikut ini daftar buah tangan haji untuk dibagikan di tanah air yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk dibawa pulang dan dibagikan kepada keluarga atau kerabat.
 
1. Air Zam-Zam
 
Air zam-zam merupakan air yang istimewa bagi umat islam dan diyakini mampu memberikan kesembuhan serta memperkokoh kekuatan jasmani dan rohani. Namun tentunya sebelum meminum air ini terdapat aturan serta doa yang harus dibacakan.
 
Zam-zam merupakan sumber air yang sangat diberkahi oleh Allah karena airnya yang tidak pernah kering dan terus mengalir meskipun sudah banyak diambil oleh seluruh negara di dunia.
 
2. Kurma
 
Kurma menjadi salah satu buah tangan yang paling banyak disukai. Untuk bisa mendapatkan kurma dengan kualitas terbaik datanglah ke Kebun Kurma di Madinah. 
 
Terdapat banyak sekali jenis kurma yang dapat dipilih di sini seperti Kurma Barhi, Kurma Sokari, Kurma Sekki, Kurma Silaj, Kurma Khidri, Kurma Monief, Kurma Majol, serta Kurma Ajwa. 
 
3. Kacang Arab
 
Daftar buah tangan haji untuk dibagikan di tanah air selanjutnya adalah kacang Arab. Biasanya kacang ini sudah dibuat satu paket dengan air zam-zam serta kurma. 
 
Selain memiliki rasa yang khas, terdapat berbagai kandungan di dalamnya yang tentunya bermanfaat untuk kesehatan.
 
Misalnya, memiliki kandungan protein yang cocok dikonsumsi oleh vegetarian dan dapat dijadikan sebagai pengganti protein hewani, seratnya juga dapat dijadikan sebagai menu diet, serta terdapat zat besi yang dapat memperbaiki metabolisme tubuh.
 
4. Kismis
 
Kismis Arab memiliki ciri khas dengan bentuknya yang kisut berwarna oranye kekuningan. Buah tangan ini merupakan hasil dari proses pengeringan anggur yang terkadang dapat dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan makanan.
 
Setiap butir kismis memiliki zat antioksidan, serat, vitamin B kompleks, zat besi, serta kandungan mineral lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan. 
 
Selain itu asam oleanolis yang ada di dalamnya dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut serta menjaga kesehatan gigi.
 
5. Kacang Almond
 
Jenis kacang lainnya yang dapat masuk ke dalam daftar buah tangan haji untuk dibagikan di tanah air adalah kacang almond. Dimana sebenarnya kacang tersebut merupakan buah yang memiliki biji dengan kulit yang keras. 
 
Terdapat dua jenis almond yang dapat dipilih yaitu yang belum dikupas dan sudah dikupas. Selain dapat dijadikan sebagai makanan ringan, juga dapat digunakan sebagai campuran kue atau isian cokelat.
 
6. Kosmetik Arab
 
Kosmetik Arab juga dapat dijadikan sebagai buah tangan terutama bagi kaum perempuan. Kosmetik ini sangat unik dan layak untuk dijadikan sebagai koleksi seperti parfum, celak mata, lipstik, hare, kutek, dan masih banyak lagi. 
 
Untuk bisa mendapatkan kosmetik Arab dengan harga yang murah dan berkualitas dapat membelinya di Pasar Al-Balad di Toko Ali Murah. 
 
Toko ini selalu ramai dikunjungi serta menjadi salah satu tujuan jamaah Indonesia karena selain namanya yang menggunakan bahasa Indonesia, pembayarannya juga menggunakan rupiah.
 
7. Tasbih
 
Tasbih termasuk ke dalam daftar buah tangan haji untuk dibagikan di tanah air yang simple dan menarik. Manik-manik tasbih yang banyak dijual di Arab sangatlah beragam yang dapat dipilih sesuai selera dan budget yang dimiliki.
 
Bahkan manik-manik tasbih tersebut dapat dijadikan sebagai pertanda kekayaan seseorang. Seperti tasbih buatan cina atau dengan manik-maniknya yang terbuat dari batu permata dengan harga yang cukup fantastik.
 
8. Sajadah
 
Sebagai salah satu peralatan sholat, sajadah cocok dijadikan sebagai buah tangan haji yang dapat diberikan kepada keluarga atau sanak-saudara. 
 
Dengan motifnya yang bernuansa islami serta warnanya yang beragam dengan ukurannya yang berbeda-beda dapat dipilih sesuai selera. 
 
9. Peci atau Kopiah
 
Salah satu peralatan sholat yang banyak digunakan oleh kaum pria adalah kopiah. Pilihlah kopiah dengan bahan dari benang kait supaya lebih nyaman digunakan. Dan tentunya pastikan pula ukurannya sesuai. 
 
Sudah menjadi kebiasaan bagi para jamaah haji untuk memberikan oleh-oleh ketika pulang ke tanah air. Daftar buah tangan haji untuk dibagikan di tanah air yang telah dicantumkan di atas dapat dijadikan sebagai rekomendasi.