Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Destinasi Wisata Setelah Umroh yang Bisa Anda Kunjungi

Mengunjungi destinasi wisata setelah umroh merupakan salah satu paket tambahan yang banyak menjadi incaran para jamaah. Pilihan tempat wisatanya juga biasanya masih berkaitan dengan sejarah Islam dan sejenisnya.

Biasanya, pilihan tempat wisata ini juga menjadi paket pelengkap perjalanan umroh yang cukup menarik. Selain untuk beribadah, perjalanan ini juga nantinya bisa menjadi wisata religi yang menarik.

 

Pilihan Destinasi Wisata Setelah Umroh

Saat ini sendiri ada banyak pilihan yang menjadi tujuan untuk wisata setelah umroh. Beberapa tujuan ini biasanya terletak tidak jauh dari Kota Mekah atau Madinah. Berikut adalah beberapa pilihan destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan.

1. Jabal Rahmah

Salah satu destinasi wisata setelah umroh yang cukup populer adalah Jabal Rahmah. Tempat ini sendiri merupakan salah satu destinasi wisata religi yang memiliki nilai sejarah.

Bukit batu dengan tinggi sekitar 70 meter ini merupakan tempat bertemunya Nabi Adam AS dan Siti hawa untuk pertama kali setelah diusir dari Surga. Bukit ini sendiri terletak di Arafah, dekat dengan Masjid Namirah.

2. Gunung Uhud

Pilihan lainnya untuk destinasi wisata adalah Gunung Uhud. Gunung yang terletak di sebelah utara Kota Madinah ini merupakan salah satu tempat yang menjadi saksi sejarah yang cukup menarik.

Gunung megah dengan warna kecoklatan ini merupakan tempat terjadinya Perang Uhud. Tidak jauh dari Gunung Uhud, Anda juga bisa mengunjungi Masjid Al - Fash, ini merupakan makam para syuhada dan juga tempat di mana Nabi Muhammad SAW shalat setelah Perang Uhud.

3. Gua Hira

Destinasi wisata setelah umroh lainnya yang juga erat kaitannya dengan sejarah Islam adalah Gua Hira. Gua ini merupakan tempat di mana Nabi Muhammad SAW pertama kali 
menerima wahyu dari Allah.


Satu hal yang perlu diperhatikan jika Anda ingin mengunjungi gua ini adalah masalah isik. Gua ini memiliki tebing yang agak curam, sehingga pastikan fisik Anda prima jika ingin mengunjungi gua ini.

4. Masjid Quba

Pilihan destinasi wisata lainnya adalah Masjid Quba. Ini merupakan salah satu tempat bersejarah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Salah satu alasannya, karena Masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad SAW.

Tempat ibadah satu ini dibangun Nabi Muhammad SAW ketika sedang melakukan hijrah. Nabi membangun tempat ini untuk beribadah dan melakukan syiar agama ketika hijrah.

5. Kawah Al Wahba

Jika ingin mengunjungi destinasi wisata setelah umroh dengan tema alam, maka Kawah Al Wahba bisa menjadi salah satu pilihan. Letak tempat ini juga masih berada di Kota Mekkah.

Kawah ini sendiri terletak di gurun dengan luas sekitar 1 mil dan memiliki tebing setinggi 850 kaki. Kawah ini sendiri memiliki diameter sekitar 2 kilometer dan didominasi oleh warna putih yang berasal dari kristal natrium osat putih.

Menurut beberapa sumber, kawah ini sendiri tercipta dari aktivitas vulkanik. Jika dilihat dari atas, tempat ini sendiri tampak seperti bekas jatuhnya meteor.

6. Jabal Tsur

Pilihan lainnya yang juga bisa Anda kunjungi sebagai destinasi wisata setelah Umroh adalah Jabal Tsur. Letaknya berada di selatan Kota Mekkah, tepatnya berada di distrik Al-Misfalah.

Jabal Tsur sendiri merupakan sebuah gua kecil, di tempat inilah Nabi Muhammad SAW bersembunyi saat dikejar oleh orang Quraish. Letak tempat ini sedikit agak curam, jadi pastikan Anda memiliki fisik yang prima saat mengunjungi tempat ini.

7. Masjid Nabawi

Destinasi wisata setelah umroh lainnya adalah Masjid Nabawi. Masjid terbesar di Madinah ini bahkan bisa menampung jamaah sampai hampir 1 juta orang. Masjid ini sendiri merupakan pusat peribadatan bagi para jamaah selama berada di tanah suci.

Masjid dengan arsitektur sangat megah dan mewah ini terletak di pusat kota Madinah.Letak masjid ini sendiri berada persis di sebelah rumah Nabi Muhammad SAW.

Beberapa tempat tujuan wisata tersebut merupakan tempat yang memiliki nilai sejarah cukup tinggi. Mulai dari menjadi saksi perjuangan Nabi Muhammad SAW ketika menyebarkan agama Islam sampai menjadi tempat penyebaran agama Islam itu sendiri.

Tempat-tempat tersebut rasanya tidak mungkin dilewatkan ketika Anda berkunjung ke tanah suci. Selain itu, destinasi wisata setelah umroh ini juga letaknya tidak begitu berjauhan.