Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Dokumen Haji dan Umroh yang Harus Dipersiapkan Sejak Awal

Dokumen haji dan umroh wajib untuk Anda persiapkan sejak awal. Tujuannya agar ibadah yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun. Ketika dokumen Haji atau umroh ini tidak dipenuhi dengan baik, Anda berisiko mengalami gagal berangkat.. 
 
Tentunya semua jemaah tidak mau mengalami hal seperti ini. Jika Anda memilih jasa travel haji dan umroh yang berkualitas, semua dokumentasi sudah dipersiapkan sejak awal oleh penyedia jasa. Jadi Anda hanya perlu menyiapkannya saja dari rumah masing-masing.
 
Tidak perlu khawatir akan persyaratan Haji atau umroh ini karena dokumen yang diperlukan juga tidak terlalu ribet. Penyedia jasa travel biasanya akan memberi list dokumen yang harus Anda siapkan sejak awal.Jauh sebelum keberangkatan dilakukan.
 

Dokumen Haji dan Umroh yang Harus Dipersiapkan Sejak Awal

 
Sebenarnya persyaratan dokumentasi haji dan umroh sama sekali tidak ribet untuk dipersiapkan sejak awal. Dokumen haji dan umroh ini pasti sudah Anda miliki di rumah masing-masing, terlebih untuk Anda yang sudah pernah bepergian ke luar negeri sebelumnya.
 
Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tuntas dokumen apa saja yang diperlukan dalam proses pengajuan ibadah haji dan umroh kepada layanan jasa travel. Langsung saja simak panduan selengkapnya di bawah ini :
 
1. Persyaratan Dokumen Haji
 
Untuk kelancaran ibadah haji, ada 5 syarat dokumen haji dan umroh yang harus Anda serahkan kepada penyedia jasa travel. Syarat ini akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran pengajuan perjalanan haji itu sendiri. Berikut ini 5 syarat utama tersebut :
 
Fotokopi ktp sebanyak 3 lembar
 
Fotokopi Kartu keluarga sebanyak 3 lembar,
 
Fotokopi Paspor 48 halaman lengkap dengan 3 suku kata sebanyak 3 lembar (jika ada)
 
Fotokopi buku nikah/akte lahir/ijazah terakhir masing masing 3 lembar
 
Foto warna ukuran 4 x 6 = 10 lembar background putih
 
Foto warna ukuran 3 x 4 = 40 lembar background putih
 
Untuk foto ini ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi. Di antaranya adalah foto harus memuat wajah close up dengan persentase 80%. Ini berlaku baik untuk pria dan wanita. Untuk wanita wajib mengenakan jilbab saat difoto.
 
2. Persyaratan Dokumen Umroh
 
Jika poin di atas adalah syarat untuk melakukan haji, maka syarat dokumen ketika hendak melakukan ibadah umroh akan sedikit berbeda. Berikut ini beberapa persyaratan Dokumen Haji dan Umroh yang harus Anda bawa ke layanan jasa travel sejak awal.
 
Passport asli (48 halaman) dengan lampiran nama 3 suku kata. Passpor ini harus masih aktif dan berlaku minimal 8 bulan sebelum keberangkatan dilakukan.
 
Melampirkan Fotokopi kartu keluarga sebanyak 3 lembar
 
Melampirkan surat nikah asli bagi pasangan suami istri yang berangkat bersama. Dan istrinya berusia di bawah 45 tahun pada saat pengajuan dilakukan.
 
Melampirkan Akte kelahiran bagi anak wanita berusia di bawah 45 tahun dan berangkat bersama ayahnya.
 
Melampirkan akte kelahiran bagi anak laki-laki di bawah 18 tahun dan berangkat bersama ayahnya
 
Melampirkan akte kelahiran bagi wanita berusia di bawah 45 tahun dan berangkat bersama saudara laki-laki yang berusia di atas 21 tahun.
 
Melampirkan foto close up berwarna dengan persentase 80% ukuran 4 x 6 sebanyak 5 lembar, sedangkan ukuran 3 x 4 sebanyak 10 lembar. Foto wajib menggunakan background putih.
 
Melampirkan kartu kuning bukti vaksinasi meningitis asli yang dibuat di kantor kesehatan bandara sambil membawa FC paspor.
 
Jamaah yang berada dalam keadaan sakit atau berusia di atas 60 tahun harus berangkat bersama pendamping (mahram)
 
Melampirkan surat mahram bagi wanita yang hendak pergi sendiri.
 
Penting untuk dipahami kalau Dokumen haji dan umroh yang sudah kami jelaskan di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Tentu saja pihak penyedia jasa akan menginformasikan hal ini lebih lanjut jika memang ada persyaratan yang berubah.
 
Untuk perjalanan haji dan umroh yang jauh lebih lancar, Anda bisa mempercayakannya hanya kepada Mabruk Tour. Perusahaan kami ini merupakan jasa travel haji dan umroh terpercaya yang sudah melayani jemaah haji di berbagai wilayah negeri. 
 
Selain memastikan Anda untuk mendapatkan perjalanan haji yang berkualitas, kami juga menjamin kalau pelaksanaan haji dan umroh ini dibimbing langsung oleh ulama berpengalaman sesuai syariat Islam. Tentu saja kami juga akan membantu penyiapan dokumen haji dan umroh yang harus Anda siapkan di atas.