Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Estimasi Biaya Umrah 2023 Berikut Skema Pembayarannya

Estimasi biaya umrah menjadi hal penting yang perlu Anda persiapkan sebelum menjalani ibadah tersebut. Mengingat bisa jadi biayanya berubah setiap tahunnya. Bahkan bisa berbeda juga antar satu agen dan lainnya.
 
Belum lagi setiap orang dapat berbeda kesiapan dari segi pendanaan. Mungkin ada yang langsung melakukan pembayaran tunai, perlu menabung beberapa waktu dahulu, atau melakukan pembayaran secara cicilan.
 
Bagi Anda yang ingin mengetahui kisaran biayanya di 2023 ini, akan Kami jelaskan di artikel berikut. Kami akan jelaskan mengenai kisaran biaya umrah, plus tour, berikut skema pembayarannya.
 

Estimasi Biaya Umrah Plus Tour Tahun 2023 dan Fasilitasnya

 
Budget yang harus Anda keluarkan untuk ibadah ini sudah pasti berbeda tergantung agen, hingga fasilitasnya. Misal ingin hanya umrah, plus tour, atau memilih VVIP, berikut adalah perkiraannya.
 
1. Perkiraan Biaya untuk Umrah
 
Dana yang perlu disiapkan untuk umrah regular sendiri sudah ada standarnya menurut Kementerian Agama RI. Standarnya sendiri kisaran 28 juta rupiah hingga 30 juta rupiah.
 
Fasilitas paling umum yang didapatkan meliputi tiket pesawat, hotel bintang 4, bagasi, manasik, hingga makan. Termasuk juga perlengkapan dasar seperti koper, tas kabin, mukena, khimar, dan sebagainya.
 
2. Kisaran Biaya Umrah Plus Tour
 
Berikutnya adalah estimasi biaya umrah apabila Anda ingin sekalian melakukan tour di negara lain. Paling populer plus tour ke Turki, dimana kisaran dananya adalah 35 juta rupiah.
 
Fasilitas dasar yang diperoleh hampir sama dengan paket regular. Hanya saja akan mendapat tambahan tiket pesawat ke negara tujuan. Sedangkan untuk visa, jemaah diharuskan membayar sendiri.
 
3. Kisaran Biaya Ibadah Umrah VVIP
 
Terkadang terdapat juga agen yang menyediakan paket VVIP untuk calon jemaah. Kisaran biayanya tentu lebih tinggi dibandingkan paket regular, bahkan terkadang plus juga lebih murah.
 
Estimasi biaya umrah VVIP ini mencapai 50 juta rupiah. Fasilitas yang diperoleh tentu lebih eksklusif, contohnya mendapatkan penginapan hotel bintang 5 atau setara. Bahkan terkadang visa juga sudah termasuk didalamnya.
 
Fasilitas lain yang bisa Anda dapatkan berupa transportasi bus eksklusif asuransi perjalanan, handling serta manasik di Jakarta, dan sebagainya. Tentu setiap agen dapat berbeda fasilitasnya.
 

Skema Pembayaran Ibadah Umrah 2023

 
Setelah mengetahui estimasi biaya umrah, baik regular, plus tour, maupun VVIP, kini Kami jelaskan bagaimana skema pembayarannya. Dimana umumnya Anda harus menyiapkan down payment (DP) dahulu sebelum pelunasan.
 
DP yang harus Anda siapkan sendiri kisaran 3 sampai 5 juta rupiah untuk paket regular. Tentunya bisa lebih dari itu apabila jemaah memilih paket plus tour maupun VVIP.
 
Kemudian calon jemaah diharuskan melakukan pelunasan beberapa waktu sebelum keberangkatan. Kisarannya adalah 30 hingga 45 hari sebelum tanggal keberangkatannya. 
Tentunya ada skema lain yang kadang disediakan, contohnya dengan dicicil.
 
Estimasi biaya umrah dengan skema cicilan ini tentu sama totalnya, kisaran 28 juta rupiah. Hanya saja pembayaran dilakukan dalam beberapa kali pembayaran. Misalnya 
dalam 6 atau 12 kali angsuran.
 
Sama seperti skema pembayaran lain, Anda juga diharuskan memberikan DP terlebih dahulu. Kisarannya sama, umumnya minimal 20% dari total biayanya. Jadi DP umrah 2023 ini kisaran 5 juta rupiah.
 
Selanjutnya untuk cara pembayaran tentu tergantung masing-masing agen. Namun umumnya terdapat tiga cara, yaitu melalui transfer, setor bank, maupun pembayaran tunai ke agen ibadah haji dan umrah tersebut.
 
Apabila ingin melakukan pembatalan keberangkatan umrah, terdapat aturannya juga. Salah satunya harus dilakukan minimal beberapa minggu sebelum keberangkatan. Nantinya akan dikenai potongan beberapa persen apabila ada pembatalan.
 
Estimasi biaya umrah kalau dibatalkan sendiri kisaran 20% dari tiket pesawatnya. Biasanya semakin mendekati keberangkatan pembatalannya, potongan akan semakin besar sesuai kebijakan pembebanan biaya setiap agen.
 
Pada dasarnya kisaran dana yang perlu Anda siapkan untuk paket umrah regular adalah 28 juta rupiah. Sedangkan paket plus tour kisaran 35 juta rupiah, paket VVIP mencapai 50 juta rupiah. 
 
Kisaran tersebut sudah meliputi tiket pesawat PP, penginapan, transportasi, hingga makan 3 kali sehari. Skema pembayarannya sendiri perlu DP minimal 20%, kemudian dilakukan pelunasan beberapa minggu sebelum keberangkatan.
 
Kisaran dana tersebut tentunya belum termasuk beberapa hal. Anda juga perlu memperhitungkan estimasi biaya umrah ditambah dengan pembuatan visa, uang saku pribadi, hingga apabila melakukan pembatalan.