Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Fakta Penting Ibadah Haji, Umat Muslim Wajib Tahu

Ada beberapa fakta penting Ibadah Haji yang jarang diketahui sebagian besar umat muslim di dunia. Siapa mengira bahwa ada banyak sekali fakta menarik yang tersembunyi di balik Ibadah Haji.
 
Seperti kita ketahui, Ibadah Haji merupakan salah satu rukun Islam. Memiliki kesempatan untuk bisa berhaji sudah pasti merupakan cita-cita seluruh umat Islam di dunia ini. 
 
Sembari mempersiapkan mental dan juga finansial, tidak ada salahnya untuk mencari tahu segala seluk-beluk tentang haji. Salah satunya seperti fakta-fakta tentang berhaji yang jarang diketahui umat muslim.
 

Beberapa Fakta Penting Ibadah Haji 

 
Selain mempersiapkan mental dan juga finansial, tidak ada salahnya mencari tau tentang Ibadah Haji. Salah satunya tentang beberapa fakta tersembunyi dibaliknya, antara lain sebagai berikut :
 
1. Isi dalam Ka’bah
 
Fakta penting Ibadah Haji pertama terkait isi di dalam Ka’bah. Pertama, atap pada bagian dalam Ka’bah dipenuhi ukiran mengagumkan dan lampu-lampu indah dari emas murni serta beberapa perhiasan indah lainnya.
 
Sementara untuk lantainya terbuat dari pualam putih. Untuk dinding bagian dalam dibalut pualam warna-warni dan dihias ukiran bergaya Arab. Serta terdapat 7 papan menempel pada dinding.
 
Papan tersebut bertuliskan nama-nama orang yang pernah menambah sesuatu atau merenovasi Ka’bah. Tidak hanya itu, di sana juga digantung beberapa lembar kain sutra kemerahan yang bertuliskan kalimat syahadat.
 
2. Kain penutup Ka’bah
 
Jika tadi tentang isi dalam Ka’bah, fakta penting Ibadah Haji berikutnya terkait kain penutup Ka’bah. Seperti kita ketahui, Ka’bah adalah salah satu bangunan suci bagi seluruh muslim di dunia ini.
 
Penutup Ka’bah adalah kain sutra berwarna hitam yang memiliki berat mencapai 650 kilogram. Dihias dengan 20 kilogram benang perak dan juga 120 kilogram benang emas.
 
3. Bagian dalam Ka’bah
 
Fakta penting Ibadah Haji berikutnya yang jarang diketahui umat muslim terkait bagian dalam Ka’bah. Pada bagian dalam Ka’bah tepatnya di tengah-tengah, terdapat 3 pilar dari kayu gaharu berkualitas tinggi.
 
Panjang 1 pilar kira-kira 1/2 hingga 1/4 meter berwarna campuran merah dan kuning. Ketiga pilar tersebut berjajar lurus mulai dari utara hingga ke selatan. Pada bagian bawah dikelilingi kayu melingkar.
 
4. Pencurian Hajar Aswad
 
Siapa yang menyangka bahwa Hajar Aswad sebelumnya pernah dicuri. Hajar Aswad sendiri ialah bongkahan batu berwarna hitam yang dipercaya sudah ada sejak masa Nabi Adam dan Siti Hawa. 
 
Namun karena berbagai peristiwa percobaan menghancurkan Hajr Aswad dan pencurian. Relik suci ini sekarang hanya tinggal pecahan batu yang diletakkan pada salah satu sisi Ka’bah.
 
5. Proses Sa’i
 
Fakta penting Ibadah Haji selanjutnya adalah tentang proses Sa’i. Mungkin umat muslim jarang ada yang mengetahui, bahwa sebenarnya proses Sa’I dilakukan di dalam terowongan berpendingin ruangan. 
 
Apabila dahulu proses ini dilakukan di bukit Safa Marwah, kini sudah dilakukan dalam terowongan berpendingin. Hal tersebut agar jamaah berusia lanjut nyaman beribadah, ada pula jalur khusus untuk kursi roda.
 
6. Mina atau kota dengan 1000 tenda
 
Mungkin masih banyak umat muslim yang belum mengetahui, bahwa kota Mina seringkali disebut sebagai kota 1000 tenda. Seperti kita ketahui, Mina merupakan tempat melempar jumrah sebagai symbol perlawanan kepada setan.
 
Mina mendapat julukan demikian, karena di sana terdapat 1000 tenda dengan pendingin ruangan. Digunakan untuk menampung 3 juta jamaah sebelum berangkat ke Arafah. Tenda-tenda dibiarkan kosong di luar musim haji.
 
7. Jama’ah asal Indonesia tidak ada yang berangkat di tahun 2020
 
Mungkin tidak banyak yang mengetahui salah satu fakta penting Ibadah Haji ini. Pada tahun 2020, para jama’ah asal Indonesia tidak ada yang berangkat. Penyelenggaraan ibadah terpaksa harus dibatasi akibat corona.
 
Sehingga para jama’ah haji asal Indonesia gagal diberangkatkan. Pihak Arab Suadi mengatakan bahwa prosesi haji berlangsung sangat ketat, diberlakukan penjara fisik dan jama’ah dilarang mencium atau menyentuh Hajar Aswad. 
 
8. Miniatur Padang Mahsyar
 
Bagi yang belum tau, Padang Arafah sering disebut minatur Padang Mahsyar. Bukit Arafah dipercaya sebagai tempat bertemunya Adam dan Hawa. Puncak prosesi dilakukan saat wukuf di Arafah tanggal 9 Zulhijah.
 
9. Dilarang Selfi
 
Aturan ini seperti sangat penting untuk diketahui semua orang. Karena di jaman sekarang, selfi bisa dikatakan sudah menjadi kegiatan wajib hampir sebagian besar orang bila berkunjung ke suatu tempat.
 
Peraturan larang selfi ini berlaku di Masjidil Nabawi dan juga Masjidil Haram. Sebab dikhawatirkan akan membuat jamaah tidak dapat fokus dalam beribadah. Apabila ketahuan ada yang mengambil gambar, akan disita.
 
Sebelum berangkat haji, penting untuk mengetahui segala seluk beluk tentang Ibadah Haji. Termasuk juga di antaranya beberapa fakta penting Ibadah Haji yang jarang diketahui sebagian besar umat muslim.