Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Haji dan Umroh Perbedaannya yang Penting Diketahui

Bagi yang belum mengetahui Haji dan umroh perbedaannya dan rukun serta syarat ulasan kali ini akan membahas hal tersebut. Diantara keduanya memang tidak lah sama, tetapi walaupun demikian keduanya memiliki kemiripan.
 
Kedua ibadah tersebut masuk kedalam kategori ibadah yang mulia dan hanya bisa dilakukan ditempat tertentu, dalam hal ini adalah tanah suci. Haji dan serta perbedaannya juga terletak pada waktu pelaksanaan. 
 
Walaupun sama-sama memiliki rukun yang hampir mirip, tetapi ibadah haji merupakan salah satu rukun islam atau syarat sahnya seorang sebagai muslim. Namun, rukun tersebut hanya dikenakan pada orang dengan kategori mampu. Dalam arti sehat secara fisik, mental dan juga finansial.
 
Apabila Anda belum mempunyai kesanggupan dan kemampuan dalam melaksanakan ibadah haji maka tidak sekaligus membatalkan keislaman. Jadi, jika telah mempunyai kesanggupan baik mental, fisik dan harta jangan lupa untuk mempersiapkan keberangkatan ke tanah suci.
 

Ibadah Haji dan Umroh Perbedaannya yang Paling Mendasar 

 
Haji dan umroh perbedaannya dapat diketahui dari waktu, hukum dan rukun. Lalu, apa saja perbedaannya? Simak ulasan dibawah ini.
 
1. Perbedaan Waktu Pelaksanaan
 
Haji dan umroh perbedaannya dapat terlihat jelas dari waktu pelaksanaan ini. Jika Umroh dapat dilaksanakan setiap waktu tetapi Haji tidak demikian. Ibadah ini telah ditentukan waktu pelaksanaannya yaitu pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.
 
Selain itu kuota haji saat ini sudah semakin banyak dan jadwal keberangkatannya harus menunggu beberapa tahun, jadi sebaiknya Anda mempersiapkan dari sekarang ya.
 
2. Hukum Umroh dan Haji
 
Haji merupakan salah satu rukun islam wajib yang harus dijalankan bagi setiap muslim, kecuali yang tidak mampu. Sedangkan umroh bukan merupakan rukun islam tetapi ibadah sunnah yang sangat di tekankan atau di anjurkan.
 
3. Rukun yang berbeda
 
Rukun haji dimulai dari niat, bermalam di arafah, tawaf, sai dan memotong rambut. Sedangkan umroh diantaranya ialah niat, tawaf, sai dan memotong rambut tanpa melaksanakan wukuf atau bermalam di padang arafah. Jadi itulah haji dan umroh perbedaannya.
 
4. Tempat pelaksanaan
 
Untuk tempat pelaksanaan sebenarnya tidak terdapat perbedaan, keduanya sama-sama dimulai dari miqat, menggunakan pakaian ihram dan berakhir saat memotong rambut. Jadi, keduanya tetap dilaksanakan di tanah suci makkah ya.
 
5. Makna yang berbeda
 
Haji secara istilah merupakan mengunjungi atau menyengaja untuk mengunjungi sesuatu yang agung. Hal ini merujuk pada kunjungan secara fisik dan jiwa ke Baitullah. Sedangkan Umroh ialah mengunjungi dan berziarah ke Baitullah.
 

Tips Mempersiapkan Umroh dan Haji

 
Setelah membahas haji dan umroh perbedaannya yang paling penting selain hal tersebut ialah mempersiapkan ibadah tersebut. ini dia tips untuk mempersiapkannya. Jika Anda hendak melaksanakan ibadah umroh hal yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:
 
1. Persiapan Ilmu
 
Agama islam mengedepankan keilmuan yang baik dalam setiap ibadah yang dilakukan. Karena jika syarat dan rukun dari suatu ibadah tidak lengkap maka Allah tidak akan menerima ibadah tersebut. 
 
Jadi, sebaiknya Anda mempersiapkan pengetahuan atau ilmu fiqh yang berkaitan dengan ibadah haji dan umroh terlebih dahulu sebelum berangkat. Jadi bisa mengetahui haji dan umroh perbedaannya.
 
2. Finansial yang baik
 
Sehat secara finansial merupakan salah satu syarat keberangkatan dalam kedua ibadah ini. Karena biaya perjalanan yang tidak sedikit dan juga untuk melakukan ibadah ini hendaknya terhindar dari hutang dan riba. 
 
Anda dapat melakukan perencanaan sejak jauh hari untuk mempersiapkan biayanya. Mulai dari menyisihkan pendapatan setiap bulan dan menentukan target keberangkatan. Dengan demikian maka tidak perlu berhutang untuk berangkat haji dan umroh.
 
3. Fisik yang sehat
 
Rutin berolahraga dan memakan makanan yang bergizi seimbang dapat membantu Anda untuk mempersiapkan ibadah ini. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan apalagi Anda tidak mau kan apabila jatuh sakit saat jadwal keberangkatan.
 
4. Persiapan mental dan spiritual
 
Persiapan mental dan spiritual merupakan aspek yang paling penting dalam ibadah ini. Hendaknya sebelum berangkat Anda melalukan banyak ibadah untuk mendekatkan diri pada Allah. Baik dengan ibadah wajib dan ibadah sunnah.
 
Kedua ibadah tersebut memiliki sedikitnya 5 perbedaan seperti waktu, hukum, rukun, tempat dan makna. Penting bagi seorang muslim mengetahui dasar ilmu terlebih dahulu sebelum melaksanakan ibadah tersebut salah satunya Haji dan umroh perbedaannya.