Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Hikmah dari Ibadah Haji yang Perlu Diketahui

Ada beberapa hikmah dari Ibadah Haji yang jarang diketahui umat muslim di dunia. Bisa dibilang, hal tersebut penting untuk diketahui umat Islam, agar dapat menambah semangat dalam beribadah.
 
Seperti diketahui, segala hal yang terjadi di dunia ini, pasti akan selalu ada hikmahnya. Termasuk juga dengan berhaji, ada banyak sekali hikmah yang bisa dipetik oleh seluruh umat Islam.
 
Yang sangat bermanfaat untuk dapat meningkatkan keimanan serta ketaqwaan seorang hamba kepada Allah SWT. Jadi, penting bagi calon jamaah untuk mengetahui hal tersebut, agar bisa menambah semangatnya dalam beribadah.
 

Beberapa Hikmah dari Ibadah Haji

 
Siapa mengira, bahwa ada beberapa hikmah di balik ibadah haji yang sangat bermanfaat bagi kehidupan umat Islam. Jadi, penting bagi semua muslim untuk mengetahuinya, hikmahnya antara lain seperti :
 
1. Meningkatkan kedisiplinan
 
Hikmah dari Ibadah Haji yang pertama adalah dapat meningkatkan kedisiplinan seorang muslim. Ketika berada di tanah suci Mekkah dan juga Madinah. Semua muslim yang ingin beribadah harus terbiasa untuk displin.
 
Disiplin dalam melaksanakan setiap ibadah, salah satunya seperti sholat. Jadi, seorang muslim diharapkan bisa menerapkan kedisiplinan tersebut meskipun nanti pelaksanaan Haji telah selesai dilaksanakan.
 
2. Dihapuskan dosa dan bisa memperoleh Surga
 
Seperti kita ketahui, tidak ada manusia yang luput dari dosa. Namun, segala perbuatan dosa itu bisa mendapatkan ampunan Allah lewat amal kebaikan yang dilakukan. Salah satunya melalui ibadah haji ini. 
 
Apabila seorang hamba memperoleh ampunan dari Allah SWT, maka Surga menjadi tempat kembalinya. Jadi, niatkan ibadah Anda semata-mata hanya karena Allah, jangan hanya karena demi mendapat gelar.
 
3. Dapat memunculkan sifat sabar 
 
Salah satu hikmah dari Ibadah Haji berikutnya adalah bisa memunculkan sifat sabar di dalam diri. Seperti kita ketahui, setiap kali melaksanakan ibadah, pasti akan ada godaan serta ujian yang muncul.
 
Salah satu contoh cobaan misalnya masalah fasilitas yang harus digunakan secara bersama dengan jamaah lain. Sebagai salah seorang jamaah, Anda harus rela mengantri untuk bisa menggunakan fasilitas umum tersebut.
 
Di sinilah sifat sabar tersebut harus dimunculkan, jadi Anda dituntut harus bisa bersabar. Karena, apabila Anda bersikap egois dan mementingkan diri sendiri, maka akan dapat mengurangi pahala ibadah Anda.
 
4. Meningkatkan taqwa dan iman
 
Hikmah dari Ibadah Haji berikutnya adalah bisa meningkatkan keimanan dan juga ketaqwaan kepada Allah SWT. Setelah umat Islam selesai menjalankan serangkaian ibadah Haji. Seharusnya mereka dapat mengambil pelajaran dari situ.
 
Serta bisa meningkatkan keimanan dan juga ketaqwaannya kepada Allah SWT. Contohnya saja saat melaksanakan lari-lari kecil sebanyak 7 kali atau Sa’i. Mulai dari bukit Safa menuju Marwah.
 
Hikmahnya yaitu sebagai pengingat terhadap perjuangan Siti Hajar. Ketika itu, ia berjuang mencari air untuk anaknya di sebuah padang pasir tandus. Dari kisah tersebut, seharusnya umat muslim bisa mengambil pelajaran.
 
Yang dapat meningkatkan ketaqwaan serta keimanan kepada Allah. Contoh lainnya bangunan Ka’bah yang dibangun susah payah oleh Nabi Ibrahim. Dari sini Anda harusnya paham bagaimana beratnya perjuangan Nabi jaman dulu.
 
5. Memahami peristiwa di jaman Nabi dan mengambil pelajaran
 
Hikmah dari Ibadah Haji selanjutnya adalah Anda jadi mengetahui serta memahami tentang peristiwa jaman Nabi. Anda juga bisa mengambil pelajaran dari situ, sebab setiap tempat di sana pasti menyimpan sejarah.
 
Beberapa tempat bersejarah di tanah suci, contohnya seperti bukit Safa Marwah, Ka’bah, Hajar Aswad dan lainnya. Semua tempat bersejarah tersebut memiliki hikmah yang bermanfaat untuk kehidupan manusia.
 
6. Menciptakan rasa kekeluargaan dan juga solidaritas 
 
Seperti kita ketahui, ibadah Haji tidak hanya dilakukan oleh orang Indonesia saja. Namun juga semua umat Islam di seluruh dunia. Dengan berkumpulnya mereka, tentu akan menciptakan rasa solidaritas dan kekeluargaan.
 
7. Terkabulnya doa
 
Hikmah dari Ibadah Haji berikutnya adalah terkabulnya doa. Siapa menyangka, bahwa Ibadah Haji dapat membuat segala macam terkabul. Asalkan doa yang dipanjatkan baik.
 
Sebab, ibadah haji serta umroh adalah salah satu waktu yang tepat untuk berdoa. Di sana terdapat banyak tempat mustajab yang bisa mengabulkan segala macam keinginan, asal niatnya hanya karena Allah.
 
Contoh tempat-tempat tersebut seperti Multazam, Hajar Aswad, Makam Ibrahim dan Hijir Ismail. Namun perlu diingat, ini hanya berlaku untuk doa baik dan niat karena Allah Ta’ala.
 
Dengan mengetahui beberapa hal tersebut, diharapkan bisa semakin menambah semangat para calon jamaah. Sebab, banyak hikmah dari Ibadah Haji yang dapat diambil dan dijadikan pelajaran.