Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Hikmah Haji dan Umroh untuk Umat Islam

Hikmah haji dan umroh ada begitu banyak yang bisa didapatkan dari dua kegiatan tersebut. Hikmah hanya dapat diperoleh manusia setelah memenuhi panggilan Allah SWT. Bahkan, hikmah telah menjadi sebuah objek penelitian oleh akademisi Harvard Edu.
 
Dalam penelitian Harvard Edu, hikmah dari haji dan umroh bisa meningkatkan ketaatan orang-orang dalam ibadah secara global. Selain itu, juga bisa meningkatkan kepercayaan pada perdamaian, kesetaraan, serta keharmonisan antar pemeluk agama yang berbeda. 
 
Namun, sebelum menjadi penelitian sendiri, salah satu dari ibadah ini sudah termasuk dalam rangkaian rukun Islam. Sehingga para muslim sudah pasti mengenalnya dengan baik.
 
Berikut Ini Hikmah Haji dan Umroh
 
Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas lebih jauh mengenai hikmah dari haji dan umroh.
 
1. Akan Diberikan Ganjaran Surga
 
Salah satu sabda Rasulullah SAW mengenai hikmah haji dan umroh adalah ganjaran surga. Beliau pernah berkata, bahwa haji mabrur tidak ada balasan yang pantas selain 
surga (HR Bukhari Muslim).
 
Dalam hadis di atas, seseorang yang telah mabrur ibadah hajinya maka akan diganjar dengan surga. Namun, indikasi mabrur atau tidaknya ibadah terletak pada seluruh syarat dan rukun haji yang dilakukan dengan baik. 
 
2. Menjawab Panggilan Allah
 
Ketika menjalankan ibadah haji dan umroh, artinya Anda memenuhi panggilan Allah SWT, juga menjadi tamu di tanah suci. Sehingga mendapatkan hikmah haji dan umroh paling utama. Hal itu telah dijelaskan dalam hadis riwayat Ibnu Majah.
 
3. Dapat Menghapuskan Dosa
 
Hikmah haji dan umroh selanjutnya adalah dapat menghapuskan dosa. Apabila Anda melaksanakan haji dan umroh, maka dosa-dosa Anda sebelumnya dapat diampuni oleh Allah SWT. Hal ini sangat luar biasa, juga menjadi hikmah ibadah terbaik bagi manusia.
 
Hal ini juga telah dijelaskan dalam hadis riwayat Bukhari Muslim mengenai kedua ibadah itu sebagai penebus dosa.
 
4. Mendapatkan Pahala yang Besar
 
Ketika Anda bisa menjalankan seluruh amalan ibadah haji dengan baik, maka Anda akan mendapatkan pahala besar. Hal ini akan sangat terasa bahkan sampai Anda pulang ke tanah air. Hikmah ini sendiri telah dijanjikan oleh Allah SWT.
 
Rasulullah SAW sendiri telah bersabda, bahwa siapa saja berhaji ke Ka’bah dan tidak berkata-kata kasar atau berbuat fasik. Maka, orang tersebut bisa pulang ke negara asal seperti dilahirkan oleh ibunya. Hadis ini tercatat dalam Hadis riwayat Bukhari.
 
5. Dapat Menguatkan Iman
 
Lalu, ada juga Hikmah haji dan umroh yang bisa didapatkan secara tidak langsung, yaitu mengumpulkan umat Islam dari seluruh pelosok dunia. Sehingga Anda dapat bertemu dengan berbagai bangsa, warna kulit, juga bahasa. 
 
Adanya berbagai macam bangsa ini telah dijelaskan dalam surat Al-Hujurat ayat 13. Penjelasannya berupa alasan Allah SWT menciptakan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar saling mengenal. 
 
Oleh karena itu, hikmah ibadah ini dapat memperkuat iman umat muslim karena telah membuktikan salah satu pernyataan Allah SWT.
 
6. Amalan yang Paling Baik
 
Dahulu kala, Rasulullah SAW pernah ditanya, amal apakah yang paling utama? Selanjutnya beliau menjawab, yaitu iman kepada Allah dan Rasul-Nya. Kemudian, ditanyakan lagi kelanjutannya dan dijawab, jihad di jalan Allah. Lalu, orang itu bertanya lagi dan dijawab, haji yang mabrur.
 
Kisah tersebut telah tercatat dalam hadis riwayat Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasai, dan Ibnu Majah.
 
Dalam hadis terlihat jelas, bahwa haji merupakan salah satu amalan yang paling baik. Bahkan, amalannya telah disetarakan dengan berjihad di jalan Allah SWT. Sehingga mampu menjadi sebuah amalan yang disukai oleh Allah SWT.
 
7. Bisa Mendapatkan Tarbiah Langsung dari Allah SWT
 
Bagi orang yang telah mengerjakan ibadah ini, maka ia telah mencapai puncak ujian dari Allah SWT. Karena jumlah orang yang telah mengerjakan ibadah sangat banyak, juga tanah suci akan selalu ramai. Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk menjangkau angka jutaan orang tersebut.
 
Tantangan tersebut juga telah dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam hadis Bukhari Muslim. Dalam hadis dijelaskan, bahwa Anda mendapatkan tempaan langsung dari Allah SWT seperti para nabi sebelumnya. Sehingga persiapan yang baik agar setelahnya bisa memiliki karakter seperti para nabi.
 
Ada begitu banyak hikmah yang bisa Anda dapatkan di tanah suci. Maka dari itu, sebaiknya Anda bisa menyiapkan diri agar perjalanan ibadah tersebut mendapatkan hikmah haji dan umroh.