Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Hikmah Ibadah Haji yang Perlu Diketahui

Hikmah ibadah haji adalah pengaruh atau akibat yang timbul dalam diri manusia setelah melakukan atau meninggalkan sesuatu. Ini juga dapat diartikan sebagai manfaat atas sesuatu. 
 
Allah berjanji bahwa orang telah menunaikan haji akan menerima banyak hikmah dan manfaat. Karena haji merupakan salah satu kewajiban umat Islam yang tentunya berpahala.
 
Pelajaran dari haji ini yang diteliti oleh Harvard Edu menemukan bahwa orang telah berpartisipasi dalam ibadah tersebut meningkatkan ketaatan pada praktik Islam seperti shalat dan puasa di seluruh dunia. 
 
Ibadah haji juga menunjukkan meningkatnya keyakinan akan perdamaian, kesetaraan dan keharmonisan di antara pemeluk agama yang berbeda.
 

Inilah Hikmah Ibadah Haji dapat Menenangkan Hati

 
Haji merupakan ibadah kepada Allah bagi orang-orang yang sanggup. Berikut ini beberapa hikmah bisa Anda rasakan ketika melakukan ibadah haji.
 
1. Mabrur Dibalas Surga
 
Rasulullah SAW menjelaskan hikmah haji dan umroh dalam beberapa hadits, salah satunya adalah HR Bukhari dan Muslim. Hadits ini menjelaskan bahwa orang yang mabrur hajinya akan diganjar surga. 
 
Indikasi mabrur atau tidaknya seseorang adalah apakah dia telah memenuhi semua syarat dan rukun haji dengan baik dan memiliki kepribadian lebih baik ketika kembali ke tanah airnya.
 
2. Menjawab Panggilan Allah
 
Hikmah ibadah haji dengan menunaikan ibadah tersebut berarti seseorang telah memenuhi panggilan dari Allah SWT dan telah menjadi tamu di Tanah Suci. 
 
Ini juga bisa menjadi salah satu hikmah dari ibadah tersebut yang utama. Hal tersebut telah dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam Hadits Ibnu Majah.
 
3. Salah Satu Amalan Terbaik
 
HR Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah terkait haji mabrur, hadits ini menyatakan bahwa aktivitas tersebut adalah salah satu amalan paling baik. 
 
Bahkan, ini juga disamakan dengan Jihad di jalan Allah SWT, menjadikan hikmah haji sebagai salah satu amalan yang diridhai Allah SWT serta Rasul-Nya.
 
4. Dapat Menghapus Dosa
 
“Apakah kamu tidak mengetahui – wahai ‘Amru – bahwa Islam adalah agama dapat menghapus (dosa) di masa lalu? Dan bukankah hijrah (juga) menghapus (dosa-dosa) di masa lalu? Dan bukankah berhaji menghapus dosa di masa lalu?” (HR Muslim).
 
Begitu juga dalam ibadah umroh, maka dosa-dosa yang dilakukan diampuni oleh Allah SWT. Hal ini tentu saja merupakan sesuatu sangat luar biasa dan hikmah ibadah haji yang sangat baik.
 
5. Menghilangkan Kefakiran
 
Perumpamaan yang diperlihatkan Rasulullah SAW dalam Hadits Tirmidzi, Ibnu Khuzaimah, dan An-Nasa’i menggambarkan bahwa Allah SWT dapat dengan mudah mengubah suatu kaum jika mereka menginginkannya.
 
Melalui hal itu juga berusaha untuk mewujudkannya. Begitu juga jika seseorang ingin berhaji maka Allah akan melancarkannya serta memberi kemudahan bagi umat-Nya.
 
6. Mendapat Pahala yang Besar
 
Akan ada pahala sangat besar bagi mereka yang melakukannya dengan baik dalam semua amalan berhaji. Bahkan, hal ini akan dirasakan hingga orang tersebut kembali ke negaranya masing-masing.
 
7. Mendapat Tarbiah
 
Hikmah ibadah haji berikutnya adalah orang-orang yang pernah menunaikan ibadah haji mengatakan bahwa berhaji mengarah pada puncak ujian Allah SWT. 
 
Pasalnya, jumlah orang sama-sama melakukan ibadah tersebut terlalu besar untuk mencapai jumlah jutaan orang, tentunya menjadi tantangan tersendiri.
 
Makna Tarbiah adalah ditempa langsung oleh Allah SWT sesuai dengan apa yang dilakukan oleh para Nabi sebelumnya. Hal ini tentunya membutuhkan persiapan agar dapat memiliki akhlak seperti para nabi.
 
8. Memperkuat Iman
 
Berhaji secara tidak langsung telah mengumpulkan umat Islam dari seluruh penjuru dunia. Hikmah ibadah haji ini sepenuhnya terdiri dari berbagai bangsa, warna kulit dan bahasa tentunya. 
 
Hal ini tentunya menunjukkan kebenaran Al-Qur'an dimaksudkan untuk meningkatkan keimanan karena langsung melihat bukti-bukti dari Allah SWT.
 
9. Pelajaran dari Peristiwa Orang-orang Saleh
 
Mekkah menyimpan banyak peristiwa bersejarah termasuk kisah para nabi dan rasul serta para sahabatnya. Peristiwa yang terjadi seperti pertemuan Nabi Adam AS dan Siti Hawa di Padang Arafah.
 
Hikmah ibadah haji dari kisah Siti Hajar dan Nabi Ismail AS tertinggal di tengah perbukitan Safa dan Marwah. Pengorbanan Nabi Ibrahim AS membunuh Nabi Ismail AS karena menaati Allah SWT.
 
Nabi Ismail AS dengan Nabi Ibrahim AS mendirikan Ka'bah serta tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW. Medan perang Badar dan Uhud telah mengingatkan kita akan kegigihan Rasulullah SAW serta para sahabatnya.
 
10. Syiar Perpaduan Umat Islam 
 
Ini juga salah satu hikmah karena orang yang berhaji ke Tanah Suci tujuannya hanya satu, yaitu menunaikan perintah Allah SWT. Dalam eksekusi, orang melakukan perbuatan, pakaian, dan aturan juga sama.
 
Ini menunjukkan persatuan dan satu hati umat Islam. Dan gambaran ini harus dihayati dalam kehidupan sehari-hari umat Islam sebagai hikmah ibadah haji saat kembali ke negara asalnya masing-masing.