Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Hikmah Ibadah Haji yang Perlu Diketahui Umat Muslim

Sebagai rukun islam ke-5, hikmah ibadah haji memang sangat banyak bagi umat Islam yang menjalaninya. Pada dasarnya, yang bisa menjalankan ibadah haji itu bagi orang yang mampu, entah itu finansial atau fisiknya.
 
Meski begitu, setiap umat islam pasti memiliki keinginan besar untuk bisa melaksanakan rukum islam yang kelima itu. Karena merasakan atmosfer beribadah di Tanah Suci itu sangat berbeda.
 
Jika memang Anda memiliki kecukupan finansial dan kesehatan yang baik, wajib hukumnya menunaikan ibadah tersebut. Allah juga telah menjanjikan hikmah ibadah haji bagi setiap umatnya yang melakukan ibadah tersebut.
 

10 Hikmah Ibadah Haji yang Didapat Bila Menjalankannya

 
Dalam Quran surat Ali Imran, Alla SWT berfirman :
 
“Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu bagi orang-orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barang siapa mengingkari kewajiban haji, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya dari alam semesta.”
 
Allah secara terang-terangan telah menjanjikan banyak hikmah ibadah haji kepada orang menjalankannya. Jadi, jangan ragu untuk melaksanakannya jika sudah memenuhi semua syarat.
 
Tapi bagaimana bisa menunaikan ibadah haji, bila kondisi ekonomi tidak bagus? Allah itu maha segalanya. Mintalah kepada-Nya.
 
Tanah Suci merupakan rumah Allah, siapa saja yang diundang oleh-Nya, entah itu si miskin atau si kaya, ketika diundang Allah untuk berangkat ke Tanah Suci, pasti berangkat.
 
Pada intinya, jangan pernah menyerah. Selalu berusaha untuk bekerja dan berdoa kepada sang pemilik kehidupan. karena memang hikmah ibadah haji begitu besar, diantaranya adalah :
 
1. Haji Mabrur Akan Dibalas Surga
 
Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim bahwa “Haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga”
Jadist tersebut mengindikasikan bahwa orang yang hajinya Mabrur, maka nanti akan mendapat balasan surga oleh Allah SWT.
 
2. Menjawab Panggilan Allah SWT
 
Anda harus tahu, bila seseorang bisa berangkat haji, itu pertanda bahwa mereka menjawab panggilan Allah dan menjadi Tamu-Nya. Ini juga menjadi hikmah dari berhaji.
 
3. Salah Satu Amalan Terbaik
 
Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasai, dan Ibnu Majah, bahwa ibadah haji merupakan amalan yang paling baik. Bahkan sama saja seperti Anda seperti melaksanakan jihad di jalan Allah.
 
4. Bisa Menghapus Dosa
 
Hikmah ibadah haji selanjutnya adalah bisa menghapus dosa. Bahkan dalam hadist riwayat muslim dikatakan bahwa :
 
“Bukankah kamu mengetahui –wahai ‘Amru– bahwa (agama) Islam itu menghapus (dosa-dosa) di masa lalu? Dan bukankah hijrah itu (juga) menghapuskan (dosa-dosa) di masa lalu ? Dan bukankah haji itu (juga) menghapuskan (dosa-dosa) di masa lalu?.”
 
Jadi, sudah jelas, ketika Anda melakukan haji dan mengerjakan serangkaian ibadahnya dengan baik, maka mendapat hikmah dengan diampuni dosa-dosanya di masa laku.
 
5. Mampu Menghilangkan Kefakiran
 
Ada hadist yang menceritakan bahwa Rosululloh bersabda jika haji itu mampu menghilangkan kefakiran dalam diri kita.
 
Allah jika sudah berkendak, maka akan terjadi. Asalkan Anda bertobat sungguh-sungguh dan melakukan perbuatan baik setelah pulang haji, kefakiran akan hilang.
 
6. Mendapat Pahala Besar
 
Sudah jelas, hikmah ibadah haji adalah menambah pahala. Segala prosesi serangkaian ibadah itu bernilai pahala yang sangat besar.
 
Apalagi ibadah haji adalah panggilan Allah untuk Anda. Allah yang mengizinkan Anda menjadi tamu-Nya, tentu pahala yang didapat sangatlah besar.
 
7. Mendapat Tarbiah Langsung dari Allah
 
Tarbiah ini maksudnya mendapat tempaan dari Allah secara langsung atas apa yang Anda lakukan selama ini. Dengan begitu, orang-orang akan sadar akan kuasa Allah dan betapa kecil dirinya.
 
8. Menguatkan Iman
 
Dengan semua ujian yang didatangkan langsung saat berada di Tanah Suci, bisa menguatkan iman Anda untuk menjadi lebih baik.
 
9. Dapat Memetik Pelajaran dari Orang-Orang Saleh
 
Semua kejadian yang ada di tanah suci, akan dihadirkan secara langsung untuk orang-orang Saleh. Itu bisa Anda petik hikmahnya agar bisa memperbaiki diri.
 
10. Syiar Perpaduan Umat Islam
 
Ada banyak rangkaian ibadah dalam haji. Itulah kenapa disebut juga dengan syiar dari perpaduan umat islam.
 
Mau mengatakan belum mampu untuk berangkat karena uang belum cukup, diniatkan dulu. Allah bisa memberi jalan dari mana saja untuk memanggil umatnya ke Tanah Suci dan mendapatkan hikmah ibadah haji. Jadi, bersabar dan berusaha saja.