Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Ibadah Haji dan Umroh Aman, Kenali Ciri-ciri Travel Penipu

Pentingnya mengetahui ciri-ciri travel penipu bagi Anda yang hendak melakukan ibadah haji atau ibadah umroh. Sebab, sekarang ini banyak sekali kasus penipuan agen perjalanan di berbagai media sosial. Tentu saja pihak travel memang sengaja untuk meraih keuntungan.

Untuk antisipasi terdapat beberapa tanda yang dapat diwaspadai agar bisa terhindar dari penipuan dari agen travel. Sebagai contohnya adalah dengan cara tidak mudah tergiur dengan harga paket murah yang ditawarkan oleh pihak agen travel.

 

6 Ciri-ciri Travel Penipu yang Harus Diwaspadai

Melihat kesempatan tingginya minat traveling warga Indonesia hal ini menjadikan pihak-pihak yang bertanggung jawab memanfaatkan kesempatan tersebut. Agar tidak tertipu, berikut adalah hal-hal yang patut diwaspadai ketika memilih agen travel ibadah haji.

1. Menuntut Pembayaran Tunai

Ciri-ciri travel penipu yang pertama adalah pihak agen travel akan meminta para konsumennya untuk membayar secara tunai sebelum melakukan perjalanan. Umumnya para pihak agen travel yang berniat menipu akan menyarankan supaya konsumen melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit.

2. Tidak Terdapat Tindak Lanjut

Pada saat pihak agen travel sulit ketika dihubungi, maka Anda patut berhati-hati. Biasanya agen perjalanan yang tidak memiliki niat untuk menipu maka akan menindaklanjuti konsumennya. Para pihak agen perjalanan akan memberi informasi apa yang harus dilakukan selanjutnya bahkan sebelum bertanya.

Konsumen setelah melakukan pemesanan perjalanan, biasanya mereka akan melakukan tindak lanjut dengan mengingat dan untuk penerbang pertama kali. Biasanya mereka akan tiba di bandara. Layanan yang diberikan tidak hanya berhenti meninggalkan negara tersebut, namun mereka juga ingin mengetahui bagaimana perjalanan Anda.

Ciri-ciri travel penipu biasanya tidak akan peduli dengan semua yang berhubungan dengan konsumen. Bahkan selalu menjadi orang yang membantu mereka dan juga tidak pernah dapat dihubungi pada saat terjadi kesalahan.

3. Harga yang Tidak Wajar

Agen perjalanan yang berniat menipu memahami bagaimana caranya untuk memberikan penawaran yang menggiurkan kepada para wisatawan yang tidak menaruh rasa curiga. Umumnya para agen travel ini akan memberikan penawaran paket perjalanan yang memiliki harga jauh dari pasaran.

Hal tersebut pastinya sudah tidak masuk akal. Jadi, alangkah baiknya jika ciri-ciri travel penipu ini Anda perhatikan sebelum melakukan pemesanan perjalanan Anda.

4. Mengatasnamakan Pribadi

Biasanya sebuah agen perjalanan tidak mungkin berupa individu yang bekerja seorang diri. Sebab, secara umum agen perjalanan tersebut berupa CV, PT atau sejenisnya. Untuk mengetahui hal tersebut aka penting bagi Anda agar menghindari agen travel penipu yang mengatasnamakan pribadi.

5. Tidak Memiliki Website Resmi

Ciri-ciri travel penipu yang selanjutnya adalah perusahaan tersebut tidak memiliki akun website yang terdaftar secara resmi. Anda bisa mencari agen perjalanan tersebut memiliki website yang berisi daftar agen perjalanan dan operator tur, pemandu wisata dan kapal.

Biasanya situs di perusahaan travel umroh tersebut akan sangat bermanfaat bagi para wisatawan atau para jamaah untuk mencari tahu apakah agen perjalanan yang dihubungi telah terdaftar secara resmi atau belum.

6. Tidak Mau Bertemu Secara Langsung

Biasanya pihak agen perjalanan yang palsu lebih memilih untuk melakukan konsultasi melalui telepon daripada bertemu secara langsung. Anda bisa meminta secara langsung kepada pihak agen travel dan melihat bagaimana interaksi yang diberikan oleh pihak agen travel.

Apakah pihak agen perjalanan tersebut menolak atau bersedia. Selain itu apakah pihak agen travel bersedia ditemui namun bertemu di lokasi yang telah pihak agen travel tentukan? Jika jawabannya adalah iya maka Anda patut waspada.

Sebab tidak ada agen travel resmi yang akan menolak untuk bertemu secara langsung dna hanya menginginkan pembahasan atau percakapan secara langsung. Selain itu Anda juga hanya memiliki kemungkinan adanya percakapan di telepon sebagai sarana komunikasi.

Agar terhindar dari agen travel yang hanya mencari keuntungan tersendiri, maka Anda bisa mempercayakan perjalanan ibadah haji dan umroh Anda kepada kami Mabruk Tour yang sudah terbukti aman dan berkualitas. Jadi, pastikan agen travel yang Anda kunjungi tidak menunjukkan adanya ciri-ciri travel penipu seperti yang telah dijelaskan di atas tentunya hanya Mabruk Tour.