Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Ingin Pergi Umroh? Simak Tips Persiapan Umroh Berikut Ini

Bagi yang belum pernah menjalankan umroh sebelumnya, tips persiapan umroh tentu akan sangat dibutuhkan. Hal itu demi kelancaran jamaah saat berada di tanah suci guna menjalankan serangkaian ibadah.
 
Selain harus memiliki fisik yang sehat, melakukan packing barang bawaan hingga urusan finansial juga harus selalu diperhatikan dengan baik. Jangan sampai kendala terjadi hanya karena persiapan yang kurang.
 
Jika Anda berencana untuk menjalani ibadah satu ini dalam beberapa waktu ke depan, maka informasi persiapan umroh di bawah bisa menjadi referensi. Berikut ulasan selengkapnya.
 

Berikut Ini Tips Persiapan Umroh

 
Persiapan ibadah ini biasanya sudah mulai dilakukan satu bulan sebelum keberangkatan. Agar perjalanan ibadah bisa sesuai dengan rencana, tentu diperlukan persiapan yang matang. Beberapa tips tersebut antara lain:
 
1. Persiapkan Fisik dan Kesehatan
 
Tips persiapan umroh yang pertama adalah dengan menjaga kesehatan fisik calon jamaah. Hal ini penting karena beberapa rukun memerlukan kondisi fisik yang prima seperti 
saat tawaf dan juga sa’i.
 
Silakan lakukan jalan pagi setiap hari agar terbiasa saat berada di tanah suci. Persiapan juga bisa dilakukan dengan rutin melakukan senam atau olah raga fisik lain yang tergolong ringan.
 
2. Pelajari tata Tertib di Arab Saudi
 
Perbedaan budaya dan juga kebiasaan sering menjadi kendala bagi para jamaah dari Indonesia. Untuk itu, pelajari berbagai hal tentang Arab Saudi, terutama perihal apa 
saja tata tertib yang ada di sana.
 
Dengan mengetahui tata tertib tersebut, kita bisa terhindar dari teguran atau sanksi yang bisa saja dilayangkan karena ketidaktahuan. Silakan sesuaikan perbedaan tersebut agar terbiasa saat berada di sana kelak.
 
3. Persiapkan Kebutuhan Pribadi
 
Kebutuhan akan barang-barang pribadi adalah salah satu hal yang krusial karena bisa berhubungan dengan obat-obatan pribadi. Jangan sampai kebutuhan tersebut justru lupa dibawa karena hal itu akan sangat merepotkan.
 
Silakan persiapkan barang-barang seperti obat, pakaian, produk perawatan tubuh, atau barang-barang lain yang Anda selalu butuhkan. Jika sampai tidak terbawa, kemungkinan Anda akan kesulitan mencari penggantinya di tanah suci.
 
4. Lakukan Manasik Haji/Umroh
 
Agar tidak bingung saat berada di Mekkah, Anda bisa mengikuti kegiatan manasik haji/umroh. Kegiatan ini biasanya diselenggarakan oleh pihak travel yang akan membawa kita ke tanah suci,
 
Manasik sendiri bertujuan untuk memperkenalkan kepada para calon jamaah tentang beberapa rukun yang akan dilaksanakan di tanah suci. Agar lebih memahami tata caranya, sebaiknya Anda mengikuti tips persiapan umroh ini.
 
5. Pelajari Kebiasaan Masyarakat di Arab Saudi
 
Entah banyak atau sedikit, kita akan terlibat dengan masyarakat Arab Saudi pada saat berada di tanah suci. Karena itulah tips persiapan umroh selanjutnya adalah dengan mempelajari kebiasaan masyarakat di sana.
 
Salah satu contohnya adalah kebiasaan masyarakat Arab untuk segera meninggalkan segala macam aktivitas pada saat azan dikumandangkan. Pastikan Anda mengetahuinya agar bisa menyesuaikan saat berada di Mekkah.
 
6. Memilih Jasa Travel Umroh Terbaik
 
Tips persiapan umroh selanjutnya adalah dengan memilih jasa travel terbaik untuk menemani serangkaian ibadah Anda di tanah suci. Pastikan pelayanannya maksimal agar memudahkan perjalanan menuju dan kembali dari Arab Saudi.
 
Saat ini, ada cukup banyak jasa travel haji dan umroh yang beredar. Pilihlah jasa dengan kualitas layanan terbaik mulai dari keberangkatan, penginapan, hingga pemulangan. Dengan pelayanan baik, Anda tentu bisa lebih fokus beribadah.

Rekomendasi Jasa Travel Umroh Terbaik

 
Agar pengalaman menjalani ibadah bisa berkesan dan lebih optimal, maka Anda bisa menggunakan jasa travel haji dan umroh terbaik. Kami sangat merekomendasikan biro travel Mabruk Tour.
 
Berdiri sejak tahun 2019 lalu, Mabruk Tour berhasil menjadi salah satu dari 10 Tour Leader Tersertifikasi Nasional. Hal itu membuat kualitas pelayanan dari biro travel ini tidak perlu diragukan lagi.
 
Di sini, Anda bisa memilih antara paket umroh VVIP atau Gold sesuai dengan kebutuhan. Di samping itu, Mabruk Tour juga menyediakan Paket Haji khusus Kemenag dan juga Paket Haji Furoda.
 
Menunaikan umroh merupakan salah satu ibadah dengan pahala tinggi, terlebih jika Anda mampu secara fisik dan finansial. Agar ibadah ini bisa berjalan lancar, Anda bisa mengikuti tips persiapan umroh di atas.