Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Ini Dia 5 Tips Cepat Berangkat Haji 2023 Wajib Tahu

Impian terbesar umat Islam adalah berangkat haji 2023 ke tanah suci. Bahkan Anda dapat melakukannya di usia dini. Itu artinya, jika Anda aman secara finansial dan sehat secara fisik, mengapa tidak langsung berangkat?
 
Perencanaan utama ibadah haji adalah keuangan. Ini karena biaya haji membutuhkan biaya puluhan juta rupiah. Biaya haji reguler saja sekitar Rp 30 juta ke atas. Meski begitu, Anda tetap biasa menunaikan ibadah haji meski menunggu lama.
 

5 Tips Berangkat Haji 2023

 
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa tips untuk bisa berangkat haji. Diantaranya adalah:
 
1. Buka Tabungan Khusus Haji
 
Tips berangkat haji 2023 yang pertama adalah dengan membuka tabungan. Kementerian Agama telah menunjuk sejumlah bank yang menerima simpanan haji.
 
Adapun lembaga tersebut adalah Bank Syariah Mandiri, Bank BRI Syariah, Bank BTN Syariah, Bank BNI Syariah, Bank Mualamat, CIMB Niaga Syariah, dan lain-lain.
 
Membuka tabungan haji itu sederhana. Cukup menunjukkan identitas diri, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) ke pihak bank terkait.
 
Ada beberapa alternatif setoran awal. Beberapa bank memiliki minimal Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu. Selanjutnya, nilai setoran bebas tergantung kemampuan finansial Anda.
 
2. Menabung Secara Disiplin
 
Jika Anda berkomitmen berangkat haji 2023, Anda harus berlatih menabung secara disiplin. Setiap hari, seminggu sekali, atau sebulan sekali. Sisihkan 10 hingga 20 persen dari penghasilan Anda.
 
Perlu diketahui bahwa setiap jamaah harus membayar Rp 25 juta sebagai setoran standar pendaftaran haji ke Kementerian Agama. Misalnya, gaji bulanan Rp 5 juta, bebas dari pembayaran utang. Artinya, Anda harus menganggarkan Rp. 1 juta, atau 20% dari gaji Anda.
 
Namun, jika Anda memiliki cicilan pinjaman yang harus dibayar, cukup sisihkan 10%, atau Rp 500.000. Itu artinya, Anda harus terus menabung selama 50 bulan lagi, atau empat tahun lagi untuk mengumpulkan Rp 25 juta.
 
Jika Anda ingin menabung harian, maka Anda harus menyisihkan Rp. 20.000 setiap hari. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan Rp 600.000 per bulan. Dalam situasi ini, tentu akan memakan waktu 3 tahun lebih.
 
3. Mendaftar Haji ke Kemenag
 
Setelah tabungan 25 juta sudah terkumpul, bank akan langsung memberikan kesempatan kepada nasabah untuk mendaftar haji ke Kementerian.
 
4. Menunggu Antrean Keberangkatan Dengan Berinvestasi
 
Misalnya, jika seseorang mendaftar haji di Jakarta pada 2022, perkiraan tanggal keberangkatannya adalah 2040.
 
Oleh karena itu, Anda harus menunggu 18 tahun sebelum menunaikan haji. Diprediksi jika Anda mendaftar pada usia 25 tahun, Anda akan menunaikan haji pada usia tersebut 43 tahun.
 
Jangan sia-siakan waktu penantian selama 18 tahun. Sisihkan saja Rp. 500 ribu setiap bulan. Sekitar Rp 108 juta akan terkumpul dari tabungan rutin selama 18 tahun (belum termasuk bagi hasil dari menabung di bank syariah).
 
Atau, Anda dapat berinvestasi selama masa tunggu tersebut. Anda bisa melakukan investasi yang menghasilkan keuntungan besar seperti emas, reksa dana, atau fintech peer to peer lending.
 
5. Cari Pekerjaan Sampingan
 
Jika setoran atau pembayaran awal membutuhkan lebih banyak uang daripada yang Anda miliki, Anda dapat meningkatkan penghasilan dengan mencari pekerjaan sampingan. Tentu saja ini dilakukan agar berangkat haji 2023 bisa segera terwujud.
 
Manfaatkan waktu senggang, semisal pulang kantor atau sabtu minggu untuk freelancer, jualan online, driver taksi atau ojek online, atau usaha lainnya. Terlepas dari hal itu, jangan sampai mengganggu pekerjaan utama Anda.
 
6. Jaga Kesehatan Agar Badan Tetap Prima
 
Dibutuhkan kondisi fisik yang prima untuk mencari dan mengumpulkan dana berangkat haji 2023. Jadi, jaga kesehatan Anda dengan berolahraga secara rutin.
 
Kesehatan adalah hal yang paling utama. Kesempatan untuk berhaji mungkin tidak akan terwujud jika Anda sakit, apalagi dalam jangka waktu yang lama. Uang yang terkumpul 
akhirnya sia-sia. Jadi mulai sekarang terapkan gaya hidup sehat.
 
7. Bekerja di Biro atau Travel Haji
 
Bekerja di biro perjalanan merupakan salah satu cara cepat untuk menunaikan ibadah haji meski dengan penghasilan pas-pasan. Biasanya travel umroh akan menetapkan kuota untuk pekerja mereka
 
Tentu saja ada syarat yang harus dipenuhi oleh seorang karyawan, seperti hafalan ayat-ayat tertentu dari Al-Qur'an, sikap positif terhadap pekerjaannya, dan lain sebagainya.
 
Terlepas dari hal itu, jangan lupa sertakan doa dalam setiap usaha. Semoga Allah memberikan umur panjang dan kesempatan untuk kita berangkat haji 2023 dengan cepat.