Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Ini Dia 5 Tips Memilih Travel Umroh Amanah dan Terpercaya

Belakangan banyak orang yang menanyakan cara memilih travel umroh amanah dan terpercaya. Kabar baiknya, ada banyak travel umroh yang menawarkan berbagai layanan dan paket untuk ibadah sekaligus liburan, tentunya dengan harga dan bundel yang berbeda.
 
Seperti yang kita tahu, biasanya perjalanan umroh menawarkan berbagai paket, tergantung fasilitas dan harga yang ditawarkan. 
 
Berikut beberapa hal yang umumnya mencangkup travel umroh amanah adalah jangka waktu perjalanan umroh, jadwal kegiatan ibadah haji/umroh dan ziarah, harga tiket pulang pergi, harga penginapan yang sudah termasuk biaya makan, informasi tambahan jika mengunjungi negara terdekat seperti Turki, dan informasi tambahan lain yang tercakup dalam kebijakan masing-masing travel umroh.
 
Tersedianya travel umrah tentunya bisa memudahkan Anda untuk berangkat umroh. Namun, Anda tetap harus lebih berhati-hati dalam memilih travel tersebut karena saat ini banyak oknum yang ceroboh dan melakukan penipuan.
 

Tips Memilih Travel Umroh Amanah dan Terpercaya 2023

 
Berangkat dari hal ini, kami akan memberikan tips untuk memilih travel umroh yang amanah dan bertanggung jawab. Diantaranya adalah:
 
1. Pastikan Izin Travel Umroh
 
Ada banyak agen perjalanan umrah yang tersedia saat ini yang menyediakan berbagai layanan dengan harga terjangkau. Meski begitu, jangan terlena dengan harga yang tidak wajar, karena banyak travel umroh yang melakukan segala cara untuk menipu.
 
Dengan menggunakan situs resmi simpu.kemenag.go.id, Kementerian Agama RI telah memudahkan Anda untuk mengecek surat izin travel umroh amanah.
 
Anda bisa meminta izin kepada PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) dan mengajukan komplain jika travel umroh dinilai merugikan. Dengan teknik ini, Anda bisa membedakan mana biro perjalanan haji yang bereputasi baik dan mana yang tidak.
 
2. Pastikan Jadwal Keberangkatan Jelas
 
Tips selanjutnya adalah mengkonfirmasi waktu keberangkatan setelah melakukan riset dan melihat izin perjalanan umroh tersebut.
 
Anda harus mengetahui rencana perjalanan di Tanah Suci serta tanggal dan waktu keberangkatan pada jadwal ini. Travel umroh amanah pasti akan melakukannya. Jika terjadi keterlambatan lebih dari satu bulan dan rencana perjalanan berubah, Anda harus berhati-hati.
 
3. Pastikan Maskapainya
 
Anda harus mengetahui penyebab dan kendala terkait jika keberangkatan Anda dari rombongan perjalanan umrah tertunda. Jika ingin menghindari keterlambatan, Anda harus memastikan bahwa tiket pesawat yang diminta pihak travel umroh sudah dibeli.
 
Anda juga harus mengetahui maskapai mana yang digunakan dan apakah sesuai dengan paket atau program yang disediakan oleh pihak travel umroh amanah.
 
Jika ada pergantian maskapai, Anda harus memastikan bahwa pesawat baru tersebut sebanding dengan yang lama. Hal ini penting dilakukan untuk mengurangi risiko kerugian akibat pemindahan ke fasilitas yang lebih buruk.
 
4. Pastikan Hotel di Tanah Suci
 
Langkah selanjutnya adalah memilih hotel tempat Anda akan menginap selama mengunjungi Tanah Suci. Biasanya, hotel dengan minimal bintang tiga menjadi pilihan terbaik untuk menginap selama ibadah umroh.
 
Ketika Anda memilih paket umroh, biasanya pihak travel akan menampilkan nama hotel tersebut. Jika ada perubahan hotel sebaiknya mendapatkan pengganti yang setara atau lebih baik dari hotel aslinya.
 
Intinya, jika pihak travel umrah menawarkan berbagai paket umroh dan haji, Anda harus mengetahui nama hotelnya.
 
5. Pastikan Visa dan Persyaratan Lainnya
 
Dokumen penting untuk memasuki Arab Saudi, selain paspor, adalah visa. Kalaupun sudah memiliki tiket pesawat, jelas tidak bisa berangkat umrah jika belum memiliki visa umroh.
 
Karena itu, jika ternyata sebelum waktu keberangkatan visa belum diberikan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi atau ada persoalan lain, pihak travel umrah amanah harus memberitahu calon jemaah.
 
6. Cek Cara Pembayaran
 
Pada umumnya, Travel Umroh Resmi selalu melakukan pembayaran menggunakan layanan perbankan. Pastikan perjalanan umrah yang dipilih memiliki rekening atas nama usaha dan bukan rekening pribadi.
 
Maka dari itu berhati-hatilah jika menjumpai travel umrah yang meminta uang ditransfer ke rekening pribadinya.
 
Perjalanan umrah yang baik tentunya akan transparan mengenai fasilitas yang akan diterima dan yang harus dibayar oleh jamaah secara terpisah karena bukan merupakan bagian dari fasilitas yang ditawarkan oleh travel umrah.
 
Itu dia beberapa tips memilih travel umroh amanah dan terpercaya. Salah satunya seperti Mabruk Tour yang sudah memberangkatkan para jamaah haji dari tahun ke tahun. Dilengkapi dengan fasilitas didalamnya, keberangkatan pun akan berjalan lancar.