Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Ini Dia Perbedaan Haji Furoda dan Plus dari Harga Hingga Fasilitas

Belakangan banyak orang yang menanyakan perbedaan haji furoda dan haji plus. Seperti yang kita tahu, umat Islam diwajibkan untuk menunaikan ibadah haji, yang merupakan rukun Islam kelima, dengan kemampuan untuk melakukannya sebagai syarat utama.
 
Jangan menunggu untuk mendaftar haji sesuai dengan kemampuan, jika saat ini Anda berada dalam kategori mampu baik dari segi fisik maupun materi. Variasi harga dan fasilitas antara Haji Furoda dan Haji Plus tercantum di bawah ini.
 
Di Indonesia, ada banyak sekali kelas atau paket keberangkatan haji. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata “haji furoda” dan “haji plus”, apalagi jika ada kerabat yang sudah pernah melakukan perjalanan tersebut. Lantas, apa perbedaan harga dan fasilitas antara Haji Furoda dan Haji Plus?
 
Perbedaan Haji Furoda dan Haji Plus
 
Sebelumnya sudah disinggung soal haji furoda dan haji plus yang merupakan dua dari tiga program haji resmi di Indonesia. Untuk membantu Anda memahami lebih baik, berikut adalah perbedaan haji furoda dan haji plus:
 
1. Haji Furoda
 
Pelaksanaan ibadah haji yang merupakan undangan langsung dari Kerajaan Arab Saudi ini dikenal dengan Haji Furoda. Tanpa antre, jemaah haji furoda berangkat menggunakan visa mujamalah yang disediakan oleh kedutaan masing-masing negara.
 
Kementerian Agama tidak mengawasi calon jemaah haji dengan visa mujamalah sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah.
 
Ini agar pemerintah Arab Saudi dapat mengundang mitra haji furoda sebagai hadiah, untuk mengakui bantuan diplomatik, dan alasan lainnya.
 
Haji Furoda dilakukan pada tahun yang sama ia memperoleh visa dari otoritas Arab Saudi. Saat menunaikan ibadah haji furoda, warga negara Indonesia harus berangkat 
melalui Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) atau tour operator yang telah mendapat izin dari Kementerian Agama RI.
 
Tindakan ini diambil untuk memungkinkan pihak berwenang melacak jemaah haji Indonesia.
 
Namun Haji Furoda tidak terkait dan bukan menjadi tanggung jawab pemerintah Indonesia, melainkan tanggung jawab perusahaan yang bertindak sebagai Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).
 
2. Haji Plus
 
Perbedaan haji furoda dan haji plus sebagai salah satu rencana haji resmi di Indonesia adalah Paket Haji Plus yang dicakup oleh kuota pemerintah melalui Kementerian Agama.
 
Namun, kuota Haji Plus seringkali lebih rendah dari batas standar haji. Alhasil, rombongan haji akan lebih adaptif dalam mengoptimalkan layanan bagi calon jemaah haji.
 
Haji Plus masih memiliki waktu tunggu sekitar 5 hingga 9 tahun, berbeda dengan Haji Furoda yang tidak memerlukan antrian. Setelah pendaftaran di Kementerian Agama selesai, calon jemaah yang mendaftar nantinya akan mendapatkan porsi haji.
 
Adapun waktu pemberangkatan Haji Plus ditetapkan setelah semua orang berangkat menunaikan ibadah haji reguler. Tentu saja biaya Haji Plus jelas lebih mahal dari program regular, karena biaya ini telah disesuaikan dengan waktu tunggu dan fasilitas yang ditawarkan.
 

Harga Haji Furoda dan Haji Plus

 
Setelah memahami perbedaan haji furoda dan haji plus, selanjutnya kami akan membahas mengenai harganya. Adapun biaya Haji Furoda dan Haji Plus tercantum di bawah ini:
 
1. Harga Haji Furoda
 
Haji termahal adalah haji furoda. Kini biaya haji furoda berkisar USD 15.500 atau setara dengan Rp 231 juta. Ini dilatarbelakangi karena tidak ada antrian untuk menunggu, juga setara dengan fasilitas yang ada.
 
2. Harga Haji Plus
 
Harga haji plus kini berkisar $11.000, setara dengan Rp 164 juta. Namun, Anda harus memiliki kesabaran untuk mengantri hingga 5 sampai 9 tahun.
 
Perbedaan Haji Furoda dan Haji Plus dari Segi Fasilitas
 
Selisih harga antara Haji Furoda dan Haji Plus mendekati Rp 70 juta. Lantas, apa perbedaan fasilitas kedua program haji tersebut? Diantaranya:
 
1. Fasilitas Haji Furoda
 
Terdaftar di e-Hajj online Arab Saudi
 
Visa Haji Furoda/Mujamalah (Resmi)
 
Paket Haji Furoda 2023 menurut Masyair
 
Tenda ber-AC tersedia di Arafah dan Mina
 
Qatar Airways mendaratkan pesawat di Jeddah
 
Maktab VIP 111-112/Maktab Haji Furoda (Jarak dekat ke Jamarat tempat lontar jumrah)
 
Konsumsi makanan Indonesia tiga kali sehari
 
Wisata kota ke Mekkah, Madinah, dan Jeddah
 
Hotel/Apartemen Transit sesuai Masyair
 
Air Zamzam (5 liter)
 
Bagasi (masing-masing 23 kg untuk dua orang)
 
Bus AC selama perjalanan
 
Upacara haji sesuai sunnah
 
Tahallul Gratis
 
25-27 hari (termasuk 2 hari perjalanan)
 
2. Fasilitas Haji Plus
 
Kuota Penyelenggara Negara Haji ONH Plus
 
Penasihat bersertifikat Kementerian Agama RI
 
Maksimal dua minggu setelah pendaftaran sebelum menerima nomor porsi keberangkatan yang dapat diverifikasi secara online
 
Masa tunggu 7-9 tahun
 
Maktab 111/112
 
Penerbangan dari Saudia Langsung ke Jeddah
 
Hotel Bintang 5 (Swissotel Al Maqam atau setara di Makkah; Frontel Al Harithia atau setara di Madinah)
 
Hotel/Apartemen Transit dari paket Masyair
 
25–30 hari
 
Terlepas dari hal itu, pilihlah travel haji resmi seperti Mabruk Tour yang terdaftar di kemenag dan memiliki ragam paket didalamnya. Dengan begitu, ibadah dapat berjalan lancar, aman dan nyaman. Demikian perbedaan haji furoda dan haji plus yang harus Anda tahu.