Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Inilah Fakta Menarik Haji Umrah yang Perlu Anda Ketahui

Ternyata ada fakta menarik haji umrah yang tidak boleh terlewatkan. Mengingat betapa pentingnya ibadah satu ini. Ibadah berikut termasuk rukun islam ke 5, diwajibkan bagi umat yang mampu dari segi finansial, jasmani, serta rohani.

Untuk keutamaan umrah itu sendiri, menurut kebanyakan ulama Hanafiyah menyatakan kalau hukumnya adalah Sunnah muakkad. Maksud dari Sunnah muakkad itu sendiri adalah sangat dianjurkan ibadah tersebut, setidaknya sekali dalam seumur hidup.

Masing-masing ibadah haji maupun umrah memiliki keutamaannya tersendiri. Meskipun melaksanakan haji lebih diutamakan daripada umrah, tidak ada salahnya juga mempunyai target umrah. Berikut fakta menarik haji umrah akan kami kupas di sini.

 

4 Fakta Menarik Haji Umrah Berikut 

Sudah sangat jelas mengenai betapa pentingnya kita melaksanakan haji dan umrah. Pada dasarnya ketika kita melakukan suatu ibadah lantas tidak mengetahui ilmu tentang mengapa ibadah tersebut harus dilakukan, kita tidak mendapatkan kebaikannya.

1. Haji Ibadah Terafdhol dan Umrah ibarat Jihad

Fakta menarik haji umrah pertama yakni haji merupakan ibadah paling afdhol sedangkan umrah diibaratkan seperti jihad. Tentunya perumpamaan ini sudah bisa menggambarkan betapa agungnya ibadah satu ini.

Dalam HR Bukhari No.1519 dijelaskan bahwa pernah ada seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam tentang amalan paling afdhol. Kemudian Rasulullah menjawab tiga hal yaitu beriman, jihad, serta haji mabrur.

Dalam HR Ibnu Majah No. 2901 dikatakan bahwa ada seorang sahabat bertanya mengenai hukum jihad bagi wanita. Rasulullah lantas menjawab bahwa seorang wanita tetap wajib berjihad tetapi tanpa peperangan melainkan dengan melaksanakan haji serta umrah.

Islam itu indah juga mudah jika kita paham dengan ajaranNya. Mendapatkan keutamaan jihad tidak hanya dengan turun berperang, tapi ternyata dengan melaksanakan ibadah haji atau umrah juga bisa disamakan dengan jihad (tanpa mengurangi keutamaan turun berjihad itu sendiri) 

2. Menghapus Kesalahan dan Masuk Jannah

Fakta menarik haji umrah berikut melaksanakan haji atau umrah tidak diiringi perilaku syirik dan maksiat, maka tidak cukup jika orang tersebut hanya dihapuskan 
dosanya. Bahkan dikatakan orang tersebut pantas untuk mendapatkan syurga. Dijelaskan dalam Shahih Muslim, 9/119.

Sedangkan terkhusus untuk umrah, di mana antara umrah satu dengan umrah lainnya terdapat pengampunan diantaranya. Untuk haji mabrur itu balasannya hanya surga yang paling pantas untuknya. Dijelaskan dalam Hr. Bukhari 1773

Tidak ada lagi pencapaian yang paling didambakan oleh umat manusia selain memiliki akhir hidup baik. Tentunya semua umat manusia mengharapkan syurga / Jannah sebagai tempat abadinya setelah waktu hidup di dunia telah berakhir.

3. Menghapus Dosa Serta Menghilangkan Kefakiran

Fakta menarik haji umrah ketiga yaitu baik umrah maupun haji sama – sama menghapuskan dosa serta menghilangkan kefakiran. Keutamaan ini diperoleh dengan catatan melaksanakan ibadah dengan sebaik mungkin serta tidak melakukan dosa syirik atau maksiat.

Dalam HR An Nasai No. 2631 Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam pernah berkata untuk ikutkan umrah serta haji, sebab keduanya akan menghapus dosa dan kefakiran. Diumpamakan seperti pembakaran guna menghilangkan karat besi, karat emas, serta karat perak.

Kefakiran itu sendiri memiliki makna kemiskinan. Melakukan ibadah tidak akan membuat miskin, malah sebaliknya. Rajin beribadah akan membuat diri kita semakin kaya iman, serta selalu merasa dicukupkan oleh Allah. 

Merasa cukup tentunya suatu hal terpenting dalam hidup ini. Betapa banyak orang dengan harta melimpah tetapi selalu saja merasa kekurangan, memiliki banyak hutang, sehingga selalu merasa gelisah dan tidak tenang dalam menjalani hidup.

4. Merupakan Tamu Allah Subhanahu Wa Ta’ala
Fakta menarik haji umrah berikutnya ialah dengan melaksanakan ibadah ini, kita diumpamakan sebagai tamu Allah. Tentunya dengan perumpamaan tersebut semakin memberikan gambaran betapa sakralnya ibadah ini.

Dalam HR Ibnu Majah No. 2693 dikatakan bahwa tamu Allah itu ada tiga. Pertama adalah orang yang turun berperang di jalan Allah, orang berhaji dan umrah. Hadist berikut dihasankan oleh Syaikh Al Albani.

Begitu luar biasanya amalan ini jika Anda mampu untuk melaksanakannya. Semoga Allah mudahkan kita untuk melaksanakan ibadah ini. Sebelum itu alangkah baiknya kita paham tentang fakta menarik haji umrah agar bisa lebih khusyuk dalam ibadahnya.