Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Jamaah Harus Tahu, Ini Dia 5 Persiapan Ibadah Umroh di Tahun 2023

Belakangan banyak orang yang menanyakan persiapan ibadah umroh di tahun 2023. Umrah adalah ibadah yang membutuhkan perencanaan yang matang di semua lini, termasuk tubuh, pikiran, dan keuangan.
 
Ibadah umrah, meski dianggap sebagai sunnah, memiliki beberapa manfaat bagi mereka yang mampu melaksanakannya.
 
Manfaat umrah antara lain menghapus dosa, terkabulnya doa-doa, mendapatkan ketenangan hati, dan mengembangkan keimanan dan ketakwaan. Alhasil, ada persiapan umrah yang perlu dilakukan jauh-jauh hari.
 

5 Persiapan Ibadah Umroh di Tahun 2023

 
Untuk itu, simak beberapa persiapan ibadah umroh yang akan kami jelaskan dibawah ini. Diantaranya adalah:
 
1. Menyiapkan Dokumen Administrasi
 
Ketika teman-teman ingin menunaikan ibadah umrah, mereka harus menyiapkan dokumen-dokumen penting seperti saat bepergian ke luar negeri. Kartu identitas, paspor, dan visa umrah adalah beberapa dokumen yang perlu disiapkan.
 
Biasanya travel perjalanan umroh bisa membantu Anda dalam pengurusan visa umrah di Kedutaan Besar Saudi. Visa umrah berfungsi sebagai otorisasi perjalanan ke Arab Saudi untuk tujuan menunaikan ibadah umrah.
 
Berikut beberapa dokumen penting persiapan ibadah umroh yang harus di bawah sebelum berangkat. Di antaranya adalah:
 
Paspor asli dan fotokopi.
 
Fotokopi kartu keluarga.
 
Fotokopi KTP.
 
Surat rekomendasi dari agen travel yang dipilih sebagai bukti bahwa Anda merupakan jamaah dari travel tersebut.
 
Buku nikah (bagi yang sudah menikah).
 
Akta lahir asli untuk jamaah yang berusia di bawah 17 tahun.
 
Surat keterangan mahram bagi perempuan berusia di bawah 40 tahun yang harus ditemani mahram.
 
Tiket pesawat pulang pergi.
 
2. Membawa Perlengkapan Pribadi
 
Perlengkapan pribadi yang dibutuhkan selama berada di Arab Saudi menjadi langkah selanjutnya dalam persiapan ibadah umrah. Adapun yang perlu dibawah seperti pakaian, obat-obatan pribadi, perlengkapan mandi, suplemen, pelembab, dan perlengkapan lainnya selama Umroh.
 
Anda bisa menyusun daftar barang-barang yang harus dibawa selama umroh untuk memudahkan pengepakan dan memastikan tidak ada barang yang terlupakan.
 
Sebaiknya membawa perlengkapan sendiri, dengan mempertimbangkan kebutuhan dan lamanya perjalanan umroh.
 
Agen perjalanan dapat membantu jamaah dengan persiapan umrah mereka, tetapi Anda tetap harus merencanakan kebutuhan Anda sendiri. Karena itu, persiapan umroh harus dipikirkan dan dilakukan jauh-jauh hari.
 
3. Menjaga Kesehatan
 
Menjaga kesehatan merupakan bagian yang krusial dalam persiapan ibadah umroh. Urutan manasik umrah dikategorikan sebagai ibadah yang membutuhkan stamina fisik; misalnya, tawaf (mengelilingi Ka'bah) yang melibatkan tujuh putaran.
 
Disini, Anda harus menempuh jarak sekitar 200 meter setiap kali kalian berkeliling, jadi tujuh putaran sama dengan 1.400 meter jalan kaki.
 
Selain tawaf, ibadah sa'i melibatkan lari dari Shafa ke Marwah tujuh kali, yang membutuhkan stamina fisik. Ada jarak sekitar 450 meter antara bukit Shafa dan Marwah. Sa'i sebanyak tujuh kali setara dengan menempuh jarak sekitar 3,15 kilometer.
 
Sebagian besar jemaah umrah juga melakukan ibadah di lokasi lain, seperti Jabal Nur dan Al Aqsa. Itu artinya, jaga kesehatan sebagai bagian dari persiapan umroh agar tidak kelelahan.
 
Anda bisa mempersiapkan umrah dengan berolahraga ringan dan mengonsumsi vitamin sejak kembali ke Indonesia.
 
4. Mencari Tahu Aturan Arab Saudi
 
Sebagai masyarakat yang tinggal di Tanah Suci, umumnya mereka menjunjung tinggi keyakinan agama Islam, yang tampak dalam aspek kehidupan sehari-hari. Misalnya cara Anda berpakaian atau tampil di tempat kerja.
 
Itu artinya, persiapan ibadah umroh selanjutnya adalah Anda harus mematuhi undang-undang yang ditetapkan oleh pemerintah. Disana ada Piagam Kesopanan Umum (Public Decorum Charter) yang memberikan ringkasan singkat mengenai berbagai peraturan kesopanan.
 
Setiap orang di Arab Saudi diharuskan untuk mematuhi kode pakaian sopan. Di tempat umum, masyarakat diharapkan menutupi bahu dan lututnya, terutama wanita. Kedua jenis kelamin dilarang bermesraan, menggunakan bahasa yang kasar, dan membuat gerak tubuh yang kasar.
 
Selain itu, minuman beralkohol juga tidak boleh dibawa, dibeli, atau dikonsumsi. Jika ditetapkan melanggar hukum kesusilaan, Anda diharuskan membayar denda mulai dari SAR50 hingga SAR6.000, atau setara dengan Rp 200.000 hingga Rp 24 juta, tergantung jenis pelanggarannya.
 
5. Manasik Haji
 
Manasik haji adalah persiapan umrah lainnya yang tidak boleh diabaikan. Setiap Muslim yang berencana untuk melakukan umrah atau haji disarankan untuk menyelesaikan manasik terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir, biasanya travel perjalanan umroh akan melakukan manasik haji.
 
Itu dia beberapa persiapan ibadah umroh yang bisa Anda terapkan bila ingin pergi ke tanah suci. Dengan begitu, harapannya ibadah dapat berjalan dengan lancar.