Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Kelebihan Umroh di Bulan Ramadhan, Anda Perlu Tahu

Umroh di bulan Ramadhan banyak dipilih peserta dari Indonesia karena banyaknya keutamaan. Setiap jasa travel pasti menyediakan paket yang dibedakan berdasarkan waktu pelaksanaan. Seperti yang disediakan oleh Mabruk Tour dengan berbagai fasilitas menyesuaikan kondisi.
 
Bulan Ramadhan memiliki tantangan tersendiri untuk pelaksanaan ibadah umroh. Mengingat adanya perbedaan cuaca dan iklim dengan Indonesia yang menyebabkan para jamaah perlu mempersiapkan diri lebih dari bulan-bulan lainnya sepanjang tahun.
 
Anda tidak perlu khawatir apabila berencana ingin umroh pada bulan Ramadhan. Mabruk Tour sudah menyiapkan semua fasilitas memadai yang akan menjamin kenyamanan dan fokus ibadah Anda.
 
Kelebihan Umroh di Bulan Ramadhan
 
Bulan Ramadhan sangat istimewa bagi umat muslim. Masing-masing berlomba untuk memperbanyak amal dan ibadah. Termasuk memilih waktu dan tempat terbaik untuk melakukannya, salah satunya umroh dengan segala kelebihannya di bulan Ramadhan. 
 
1. Setara dengan Haji
 
Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Bahwa “bila Ramadhan tiba, segera umrah karena sama dengan haji”. Ini menjadi salah satu motivasi bagi sebagian besar umar muslim.
 
2. Pahala berlipat
 
Kelebihan lainnya umroh di bulan Ramadhan adalah pahala yang dilipat gandakan. Ramadhan di negeri sendiri saja setiap ibadah dan perbuatan baik dilipatkan pahalanya, apalagi dilakukan di tanah suci.
 
3. Doa-doa terkabul
 
Ramadhan merupakan waktu terbaik berdoa karena keberkahan dan jaminan terkabul. Terlebih menjadi tamu Allah, doa memohon ampunan dan hajat jadi lebih mudah dikabulkan. 
 
4. Lebih khusyu’ beribadah
 
Lebih khusyu’ beribadah baik sholat wajib, puasa, membaca kitab dan sebagainya. Sebab atmosfer berbeda dengan iklim tropis Indonesia yang berpengaruh langsung pada sisi psikologis. Mendorong orang untuk mengikuti aktifitas positif yang selalu ditunjukkan orang-orang sekitar.
 
5. Suasana lebih berkesan
 
Umroh di bulan Ramadhan adalah kesempatan bagi Anda untuk mencicipi kuliner khas yang berbeda dari tanah air. Suasana buka puasa bersama dengan peserta dari berbagai penjuru dunia, hingga sholat tarawih yang tentunya lebih berkesan.
 

Tips Umroh di Bulan Ramadhan

 
Cuaca selama menjalankan ibadah di tanah suci bisa sangat ekstrim. Perbedaan cuaca sangat berpengaruh terhadap stamina. Supaya beribadah tetap lancar tanpa kendala, maka Anda perlu mengikuti beberapa tips sederhana berikut ini. 
 
1. Manfaatkan siang hari untuk istirahat
 
Suhu siang bisa sangat panas, Anda bisa memanfaatkannya untuk istirahat bisa di hotel maupun dalam masjid. Upayakan untuk mengurangi kegiatan luar ruangan apabila tidak penting.
 
Jika terpaksa melakukan rutinitas luar ruangan untuk jangka waktu lama, jangan lupa mengenakan kaca mata anti UV dan pelindung lainnya. Serta tidak berlama-lama berada di bawah terik matahari langsung.
 
2. Perbanyak minum air putih atau zam-zam
 
Manfaatkan air zam-zam yang disediakan oleh masjid, usahakan memperbanyak minum untuk mengurangi resiko dehidrasi selama puasa esok hari dan ibadah lainnya. Selain berhemat karena tidak perlu membeli, minum air zam-zam juga lebih sehat.
 
3. Ikuti Sholat Tarawih
 
Menunggu berbuka bisa dilakukan di dalam masjid, hingga selesai sholat tarawih. Ini akan menghemat tenaga Anda karena tidak perlu bolak-balik hotel masjid. Tidak perlu khawatir dengan kebutuhan berbuka, karena sudah disediakan oleh masjid maupun oleh Mabruk Tour sebagai partner yang Anda pilih.
 
4. Kurangi kegiatan traveling
 
Umroh di bulan Ramadhan sangat istimewa apalagi diperbanyak aktifitas di sekitar masjid dan lokasi terkait kegiatan umroh. Selain itu sebaiknya dikurangi seperti berbelanja di pasar, jalan-jalan menyusuri kota dan sebagainya seperti yang dilakukan saat traveling.
 
5. Atur waktu makan sahur
 
Waktu sahur dan sholat subuh di masjid harus diatur supaya efektif. Sebab perlu dipertimbangkan jarak antara hotel dengan masjid serta alokasi waktu makan sahur. Untuk hal ini Mabruk Tour sudah menyediakan jadwal yang paling efisien dari segi waktu dan tenaga. 
 
6. Ikuti kegiatan masjid
 
Setiap ada kegiatan misalnya ceramah, usahakan untuk mengikutinya. Selain memanfaatkan waktu untuk memperbanyak ibadah, ini lebih positif dibanding berburu spot foto. Anda juga hemat tenaga sehingga puasa dan umroh tetap lancar.
 
Keperluan lain yang berkaitan dengan aktifitas umroh sekaligus puasa bisa Anda konsultasikan langsung dengan Mabruk Tour. Kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi selengkapnya terkait paket umroh di bulan Ramadhan.