Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Kenali Jenis Macam Macam Umrah Berdasarkan Perbedaannya

Kenali macam macam umrah agar pelaksanaan ibadah yang Anda lakukan sesuai dengan kaidah aturan benar dan baik. Secara umum perbedaan tersebit dibagi menjadi beberapa jenis yaitu berdasarkan waktu dan berdasarkan pelaksanaanya sendiri.

Umrah sering disebut dengan istilah haji kecil karena ibadahnya hampir sama. Pelaksanaan haji sudah pasti melaksanakan umrah juga, sedangkan saat melaksanakan umrah belum tentu melaksanakan haji.

Pelaksanaan ibadah ini hanya mempunyai waktu kurang lebih 10 hari dan bisa dilalukan tanpa penetapan hari tertentu. Itu beberapa alasan kenapa kuota tidak dibatasi setiap tahunnya berbeda dengan kuota ibadah haji.

Dalam kaidah agama umrah berarti menjalankan serangkaian ibadah di kota suci Mekkah, khususnya di masjidil haram. Serangkaian kegiatan yang dilakukan pada saat ibadah seperti melakukan tawaf di ka'bah dan sa'i diantara bukit shofa dan marwah dengan menggunakan pakaian ihram diambil dari miqat.

Kenali setiap jenis macam macam umrah agar ibadah yang Anda jalani dapat sesuai aturan dan menjadikan jemaah mabrur dan pahala diterima oleh Allah SWT.

 

Umrah yang Tidak Dikaitkan dengan Ibadah Haji

Umrah dilakukan semata-mata karena ingin beribadah di kota suci menjadi macam macam umrah yang pertama berdasarkan waktunya. Ibadah ini bisa menjadi pilihan Anda yang sudah secara logika tidak mampu untuk mengantri ibadah haji maupun kurang mampu untuk membayar biayanya.

Umrah yang tidak ada kaitannya dengan ibadah haji dapat dilakukan sewaktu-waktu atau biasa disebut dengan umrah mufradah, yang dapat dilaksanakan selama sepanjang tahun. Bahkan pelaksanaan ibadah ini bisa dilakukan ketika musim haji namun tidak dikaitkan dengan ibadah itu sendiri

Kuota untuk pemberangkatan jemaah Indonesia ke tanah suci Mekkah dibuka pada bulan shafar sampai syawal. Dengan mendaftarnya jemaah bisa menentukan waktu yang cocok dan pas sesuai keinginan mereka. 

Untuk jemaah dari Indonesia masih favorit dengan waktu ketika bulan ramadhan. Itu dikarenakan suasana bulan puasa akan menambah kehikmatan beribadah dan pahala yang bisa diperoleh, dapat setara dengan ibadah haji.

Maka dari itu jika Anda menginginkan kuota pada bulan ramadhan maka percepat pendaftaran dan pilihlah jadwal yang sesuai keinginan Anda. Dengan mempercepat pendaftaran maka kemungkinan kuota kosong bagi jamaah akan semakin besar, dan kemungkinan berangkat pada keinginan waktu tertentu dapat terlaksana.

Macam Macam Umrah Umrah yang Berkaitan dengan Ibadah Haji

Kegiatan ibadah yang berkaitan dengan ibadah haji yaitu umrah dilakukan ketika jemaah melaksanakan ibadah haji. Pelaksanaanya berpengaruh terhadap jenis yang akan dilakoni oleh jemaah, dan berpengaruh juga terhadap dam atau biaya yang harus dikeluarkan ketika menjalani ibadah haji. Berikut beberapa macam macam umrah pada saat pelaksanaan haji.

1. Pelaksanaan umrah dilakukan terlebih dahulu dibandingkan pelaksanaan ibadah haji, jenis ini ada dalam jenis tamattu. Untuk jenis tamattu jemaah melaksanakannya diwajibkan membayar dam menyembelih satu ekor domba atau berpuasa 10 hari (3 hari di mekkah dan 7 hari di tanah air).

2. Pelaksanaan umrah yang membarengi pelaksanaan ibadah haji, jenis ini disebut dengan qiran. Karena pelaksanaannya berbarengan maka pelafadzan niat juga dilakukan secara bersamaan ketika ihram dari miqat. Untuk jenis qiran jemaah juga diperkenankan membayar dam sama seperti haji tamattu.

3. Pelaksanaan umrah yang dilakukan diakhir ibadah setelah selesainya ibadah haji, jenis ini ada dalam ifrad. Namun ifrad juga ada satu jenis lainnya yaitu melakukan haji tanpa melakukan ibadah umrah. Jemaah haji yang melakukan umrah setelah haji atau ifrad tidak dikenai membayar dam.

Berikut Ini Apa Hukum Umrah?

Hukum umrah adalah sunnah muakkad atau lebih dianjurkan untuk dilakukan. Namun ada juga beberapa pendapat dari mazhab menyatakan bahwa ibadah ini wajib. Itu tergantung dengan keyakinan dan mahzab yang Anda ikuti saat ini.

Namun jika dilihat secara pengertian umum macam macam umrah dapat didasarkan arti pada sunnah dan wajibnya. Penggolongan jenis sunnah dan wajib dilakukkan pada 2 hal diatas yaitu berdasarkan waktu pelaksanaanya.

Umrah sunnah bisa dikaitkan dengan hal yang dilakukan sewaktu waktu atau diluar ibadah haji dan pelaksanaannya yaitu dengan berziarah ke baitullah dengan tata cara yang ditentukan berurutan atau manasik. Sedangkan bagi hukum wajib adalah umrah yang dilakukan dan berkaitan menjadi satu kedatuan dengan ibadah haji.

Jika Anda mampu maka jangan berfikir terlalu lama untuk melakukan ibadah haji ataupun umrah segera daftarkan diri Anda, maka mulailah menabung agar uang segera terkumpul. Secara garis besar jenis macam macam umrah dibagi menjadi 2 yaitu dikaitkan dengan haji dan yang tidak dikaitkan dengan haji.